Sponsors Link

Kemoterapi Ginjal – Prosedur, Manfaat, Efek Samping dan Perawatan

Sponsors Link

Menjaga agar ginjal tetap sehat adalah keharusan bagi setiap orang. Siapa yang ingin ginjalnya terkena penyakit? Ginjal yang bermasalah akan sulit disembuhkan dan sudah pasti mengganggu kerja sistem organ secara keseluruhan. Bagaimana tidak, hal ini disebabkan ginjal adalah salah satu organ yang punya peran penting yaitu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urine. Jika ginjal tidak bisa bekerja dengan baik, maka dipastikan proses penyaringan racun akan terganggu dan terjadi penumpukan racun di dalam tubuh.

ads

Jenis penyakit yang bisa menyerang ginjal memang banyak macam, jenis, dan penyebabnya. Di antara penyakit yang bisa menyerang ginjal adalah gagal ginjal kronis, kista ginjal, dan ginjal bengkak. Saat ginjal sudah terlanjur terkena penyakit, maka tidak ada pilihan lain selain mengobatinya.

Pengobatan penyakit ginjal memang bisa dilakukan dengan beragam cara, tergantung pada penyakit apa yang diderita seseorang. Salah satu dari sekian banyak metode tersebut adalah kemoterapi ginjal. Istilah ini mungkin sedikit asing, karena metode perawatan untuk ginjal yang lebih terkenal adalah cuci darah dan operasi ginjal. Sekarang, Anda harus mengetahui lebih lanjut tentang kemoterapi ginjal.

Pengertian

Kemoterapi atau singkatnya disebut kemo adalah metode pengobatan medis yang bertujuan untuk membunuh sel kanker yang berkembang dalam tubuh. Kemoterapi dinilai efektif untuk pengobatan kanker. Cara kerja kemoterapi adalah menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker yang sangat cepat. Metodenya tergantung pada sudah seberapa parah kanker menyerang dan pada stadium berapa pasien berada.

Seperti namanya, kemoterapi ginjal bertujuan untuk menyembuhkan penyakit kanker ginjal. Ada banyak hal yang menjadi penyebab kanker ginjal salah satunya adalah komplikasi dari penyakit ginjal yang lain seperti infeksi ginjal. Tidak hanya kanker ginjal, kemoterapi juga bisa mengobati kanker kandung kemih. Agar kanker tidak semakin parah dan bisa disembuhkan di stadium awal, kenali ciri ciri kanker ginjal sejak dini.

Prosedur

Prosedur pengobatan kemoterapi ginjal tentunya disesuaikan dengan tingkat keparahan kanker dan kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan. Ini dia cara pengobatan kemoterapi untuk kanker ginjal:

  • Topikal. Yaitu dengan cara mengoleskan krim khusus yang bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker. Krim ini dioleskan langsung ke organ yang bermasalah.
  • Oral. Yaitu kemoterapi dengan cara memberikan obat minum seperti pil, kapsul, tablet, atau cairan khusus.
  • Suntik. Yaitu obat dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan yang dilakukan pada otot atau lapisan lemak yang ada di lengan, paha, dan perut.
  • Intraperitoneal (IP). Adalah kemoterapi langsung dengan operasi atau memasukkan selang khusus pada rongga perut dimana di dalamnya terdapat organ hati, usus, dan lambung.
  • Intraarteri (IA). Yaitu kemoterapi dengan memasukkan obat ke dalam arteri yang langsung menuju ke sel kanker.
  • Intravena (IV). Adalah kemoterapi dengan menyuntikkan obat langsung ke pembuluh darah vena.
Sponsors Link

Siapa yang Harus Menjalankan

Kemoterapi ginjal adalah prosedur pengobatan yang diperuntukkan bagi siapa saja yang menderita kanker ginjal. Menjalani kemoterapi tentu harus dibawah pengawasan dokter dan ahli di bidangnya. Seorang pasien kanker ginjal harus mendapatkan rekomendasi dokter untuk melakukan kemoterapi.

Manfaat

  • Meringankan gejala. Kemoterapi mempunyai manfaat untuk menurunkan resiko gejala ginjal rusak karena kanker. Selain itu metode ini juga bisa memperkecil tumor yang tumbuh dalam ginjal dan meredakan rasa sakitnya.
  • Mengendalikan. Yaitu untuk mencegah penyebaran sel kanker, memperlambat pertumbuhannya, serta menghancurkan sel kanker yang mungkin telah menyebar ke bagian tubuh yang lain.
  • Menyembuhkan. Kemoterapi dilakukan untuk menghancurkan dan membunuh semua sel kanker hingga tidak bersisa. Perawatan ini juga bertujuan untuk mencegah sel kanker tumbuh lagi dalam tubuh. Tidak heran kemoterapi menjadi obat kanker ginjal stadium 4 yang disarankan.

Efek Samping

  • Rambut rontok.
  • Kehilangan nafsu makan, mual, dan muntah.
  • Sesak napas dan anemia.
  • Nyeri di seluruh tubuh.
  • Pendarahan seperti mimisan dan memar.
  • Mudah infeksi.
  • Susah tidur.
  • Depresi, stress, dan cemas berlebihan.
  • Gairah seksual menurun.
  • Lemas dan mudah lelah.
  • Diare dan sariawan.
Sponsors Link

Perawatan Setelah Kemoterapi

  • Hindari Minuman Keras. Setelah dan selama menjalani kemoterapi, hindari minuman keras yang mengandung alkohol. Minuman ini sangat tidak baik untuk ginjal karena termasuk minuman penyebab gagal ginjal yang paling berbahaya. Salah satu bahaya alkohol bagi ginjal adalah zat tersebut mampu merusaknya secara permanen.
  • Konsultasi dengan Dokter. Meskipun pasien telah dinyatakan sembuh setelah menjalani kemoterapi selama beebrapa waktu, jangan berhenti untuk memeriksakan diri ke dokter. Lakukan check up rutin secara berkala untuk mendeteksi apakah masih ada sel kanker yang tersisa, atau kanker telah benar benar sembuh karena kemoterapi.

Itulah segala sesuatu mengenai kemoterapi ginjal yang harus dipahami setiap orang. Semakin banyak mengerti dan mengetahui metode penyembuhan penyakit ginjal maka akan semakin baik. Namun tentu saja tidak ada yang ingin ginjalnya sampai sakit. Untuk mencegahnya, lakukan segala cara merawat ginjal yang bisa dilakukan yaitu dengan menerapkan hidup sehat, rajin berolahraga, menjauhi rokok dan minuman keras yang bisa merusak ginjal. Yang tidak kalah pentingnya adalah mengonsumsi makanan sehat untuk ginjal agar kesehatan ginjal senantiasa terjaga.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan