Sponsors Link

Kelainan Ginjal pada Bayi Baru Lahir

Sponsors Link

Saat ini penyakit ginjal di masyarakat Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya. Kasus-kasus yang terjadi saat ini adalah kasus ginjal pada anak. Biasanya kasus anak ini disebabkan olh beberapa faktor.

ads

Faktor pada anak yang sangat mebuat resiko tinggi terkena penyakit ginjal merupakan faktor bawaan sejak lahir atau yang biasa disebut dengan kelainan ginjal pada bayi baru lahir.Apabila kondisi ini tidak diketahui sejak awal maka akan berakibat fatal pada bayi. Berikut megenai penjelasan kelainan ginjal pada bayi baru lahir.

Kelainan Ginjal pada Bayi Baru Lahir

Ginjal merupakan salah satu organ yang terpenting pada manusia.Karena mempunyai beberapa fungsi yang berpengaruh pada organ lainnya.Fungsi Ginjal sendiri antara lain membuang zat sisa dari tubuh melalui urin ,mengatur tekanan darah dan kadar zat kimia yang berada pada darah, mengatur ph darah , membantu proses metabolisme dalam tubuh.Maka dapat disimpulkan bahwa kegunaan ginjal sangat kompleks. Sehingga apabila ginjal ini terdapat gangguan, kerusakan ataupun kelainan maka secara otomatis fungsi terhambat. Kondisi tersebut akan mengakibatkan fungsi organ lainnya seperti jantung,paru-paru , lambung serta hati juga akan terganggu. Kerusakan pada ginjal bisa disebabkan adanya penyakit pada ginjal.

Beberapa jenis penyakit ginjal pada anak dan bayi antara lain gagal ginjal akut anak , batu ginjal pada anak , radang ginjal padda anak , serta penyakit kelainan ginjal pada bayi baru lahir.

Pengertian dari Kelainan Bawaan ( Bawaan Lahir ) merupakan keadaan suatu penyakit yang diderita sejak lahir.Pada dasarnya kondisi tersebut sudah terdapat gen atau kelainan saat didalam kandungan. Kelainan ginjal sejak ahir sepertiini tidak dapat di cegah. Kondisi tersebut dapat mmengakibatkan bayi yang baru lahir mengalami kecacatan hingga kematian. Selain itu pada bayi yang memeiliki kelainan bawaan ccenderung beresiko berumur pendek.

Karena pada dasarnya bayi baru lahir pada fungsi tubuh ataupun organ tubuhnya belum bekerja secara maksimal dan masih cenderung lemah. Kelainan ginjal sejak lahir juga akan mengakibatkan gangguan pada tahapan perkembangan bayi baru lahir tersebut.

Penyebab Kelainan Ginjal pada Bayi Baru Lahir

Penyebab penyakit ginjal perlu kitaketahui , setiap penyakit ginjal yang diderita berbeda-beda tergantun pada jenis penyakit ginjal itu sendiri. Kelaianan ginjal pada bayi baru lahir disebabkan oleh beberapa faktor . Faktor tersebut dapat disebabkan dari faktor internal maupun eksternal.Berikut mengenai penyebab kelainan ginjal bawaan :

  • Terjadi Kecacatan Utama pada Jaringan Ginjal

Salah satu penyebab ginjal bawaan yaitu adanya atau ditemukannya kecacatan pada ginjal itu sendiri. Pada situasi ini kelaina ginjal oleh penyebab ini dikaitkan dengan kategori pada displasia ginjal. Kondisi ini terlihat normala saat dilihat dari sinar-X akan tetapi sebenernaya terdapat gangguan pada tingkatan mikroskopis. Biasanya pda bayi yang mempunyai kondidi displasia sangat bergantung perawatan medis hingga usia dewasa.

  • Gangguan genetik pada Saluran Urin

Salah satu penyebab yang kedua adalah gangguan pada saluran uri, kondisi ini biasanya adalah hidronefrosis dimana adanya pembengkakan ginjal akibat menumpuknya urin yang dapat terjadi pada salah satu sisi ginjal ataupun kdua ginjal. Hidronefrosisi bawaan bisa disertai ataupun tidak disertai penyumbatan pada sisitem ginjal. Apabila tidak teradi penyumbatan dapat disimpulkan bahwa kemungkinan besar penyebab dari kondisi ini adalah ginjal janin yang tidak mampu mengentalkan urin yang akan berakibat pada jumlah urin yang mengalir ke ureter. Hidronefrosis juga dapat menyerang orang dewasa.

  • Pembentukan Ginjal yang Tidak Sempurna

Penyebab ini sangat berpengaruh pada kelainan genetik ginjal. Pada pembentukan ginjal yang tidak disempurna terdapat beberapa kategori atau jenis seperti ektopik yaitu karena ginjal tidak terletak pada tempatnya , malrotasi yang berarti ginjal berada posisi yang selah, horseshoe kidney yaitu kedua hinjal menjadi satu atau bersatu, agenesis ginjal yaitu ginjal tidak terbentuk, sindroma potter yang berarti kedua ginjal tidak terbentuk , dan yang terakhir ginjal polikistik karena ginjal mengandung banyak kista.

  • Genetik

Genetik merupakan faktor utama pada bayi yang mempunayai penyakit ginjal tertentu. Pada dasarnya orang tua akan menurunkan gen yang sama kepada anaknya. Maka dapat disimpulkan orang tua yang mempunyai kelainan ginjal akan menurunkannya kepada bayinya.

  • Konsumsi Obat-obatan

Saat ibu sedang hamil dan mengkonsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan oleh dokter maka akan membuat aninnya terkena resiko padda proses perkembangannya yang akan berdampak buruk di berbagai hal. Seperti struktur fungsi tubuh dan lain sebagainya.

  • Hamil di Usia Tua / Terlalu muda

Kasusu hamil pada usia lanjut maupun di bawah umur akan meningkatkan resiko yang berdampak negatif bagi ibu dan bayi. Resiko yang paling berbahaya yaitu resiko kematian. Pada kasusu tersebut biasanya anak ang di lahirkan dari ibu lanju usis ataupun di bawah umur akan mendapat beberapa kelainan organ tertentu terutama kelaianan bawaan pada ginjal.

  • Radiasi

Radiasi ini akan berdampak negatif pada ibu hamil serta jabang bayinya.Karena radiasi dapat mengakibatkan rusaknyasel oak sehingga janin tidak terbentuk secara sempurna. Seperti bentuk tubuh , kelengkapan organ dalam. Radiasi juga dapat menyebabkan anak mendapati masalah yang serius seperti kondisi microchepali, gbs, CP dan lai sebagainya.

Tanda dan Gejala Kelainan Ginjal pada Bayi Baru Lahir

Gejala penyakit ginjal dan pengobatannya tergantung dari jenis penyakit ginjal yang dideritanya. Ada beberapa tanda dan gejala yang perlu kita ketahui untuk mengetahui adanya kelainan ginjal pada bayi baru lahir. Tanda dan gejala ini akan menentukan pengobatan yang sesuai , berikut mengenai tanda dan gejalanya :

  • Terlihat Tidak Sehat
  • Tidak Nafsu Makan
  • Kurus
  • Menangis atau rewel
  • Demam
  • Sulit bernafas
  • Terjadi pembengkakan pada tubuh
  • warna urin berubah
  • perkembangan tidak normal

Cara Pengobatan atau Cara mengatasinya

Ginjal Rusak yangterjadi pada bayi lahir dapat diatasi dengan berbagai hal.Pada daasarnya apabila bayi baru lahir mempunai kelainan ginjal maka mmemerlukan perawatan yang intensif , seperti perawatan khusus di rumah sakit (rawat inap ). Nantinya akan diberikan tindak lanjut oleh dokter apabila bayi memiliki kelainan tersebut. Pada dasarnya cara mengatasi kelaianan ini yaitu dengan cara mengurangi tanda dan gejala pada bayi yang memiliki kelainan ginjal saat lahir. Apabila melakuakan pengobatan yang sesuai dengan anjuran dokter maka kemungkinan besar kondisi bayi tersebut akan membaik meskipun tidak 100% kelainan itu hilang , akan tetapi tanda dan gejala pun akan turun.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa kelaianan ginjal pada bayi baru lahir sangat berbahaya sekali jika tidak segera ditangani lebih lanjut.

 

 

 

 

 

Sponsors Link
>
, ,