Sponsors Link

Kelainan Ginjal pada Manusia, Bayi dan Janin

Sponsors Link

Ginjal sebagai alat yang berfungsi untuk menyaring darah perlu dijaga kesehatannya agar dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Penyakit yang terjadi didalam ginjal juga memungkinkan untuk menyebabkan penyakit lain pada tubuh, begitu sebaliknya terdapat berbagai penyakit pada tubuh yang menyebabkan kelainan pada ginjal manusia.

ads

Ginjal bentuknya menyerupai kacang dan berjumlah 2 buah organ. Ginjal terdapat di bagian belakang atas kanan dan kiri tubuh, tepatnya dibawah tulang rusuk. Ukuran ginjal sebesar kepalan tangan orang dewasa. ( Baca juga : ciri ciri ginjal bocor )

Sehingga di bawah ini akan di jelaskan secara terperinci dan juga akan di jelaskan sesuai dengan pembahasan mulai dari manusia, bayi dan janin karena tidak semua kelainan memiliki ciri ciri yang sama sehingga untuk mempermudah nya disini akan di bahas secara masing masing dengan menjelaskan gejala, ciri ciri kemudian cara menagatasimya.

Kelainan ginjal pada manusia

Pada manusia ginjal tidak hanya berfungsi sebagai alat penyaring darah tapi lebih dari itu ginjal mempunyai berbagai peranan penting pada tubuh manusia seperti menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral yang ada dalam tubuh manusia,menghasilkan renin dan mengatur kadar senyawa kimia yang dapat membantu jantung dan otot otot berfungsi.

Dengan fungsi fungsi yang penting tersebut kesehatan ginjal sangat penting untuk dijaga. Karena ketika kelainan terjadi pada ginjal maka proses proses yang ada dalam tubuh dapat terganggu dan menyebabkan berbagai penyakit hingga menyebabkan kematian. Kelainan pada ginjal berupa penyakit seperti gagal ginjal, batu ginjal, nefritis hingga kanker ginjal.

Ciri ciri kelainan ginjal pada manusia

Terdapat berbagai ciri ciri yang dapat diamati ketika seseorang mengalami kelainan pada ginjalnya.

  1. Mual Mual dan muntah muntah.
  2. Urine berdarah.
  3. Urine berbusa.
  4. Warna urin berkeruh.
  5. Pembengkakan di beberapa bagian tubuh dan wajah.
  6. Demam tinggi.
  7. Mengalami rasa sakit pada perut.
  8. Seringnya buang air kecil
  9. Jarang buang air kecil.
  10. Sakit ketika buang air kecil

Baca juga : tanda awal gagal ginjal

Penyebab Kelainan Ginjal pada Manusia

  1. Adanya infeksi pada ginjal

Ginjal dapat terinfeksi bakteri dan virus. Bakteri dan virus ini menyerang bagian terpenting ginjal dan menyebabkan penurunan fungsi ginjal. Bahayanya adalah ketika bakteri dan virus ini menyerang ke dalam tubuh yang lain sehingga menyebabkan penyakit lain dan menjadi penyakit kompilasi. (Baca juga : penyebab radang ginjal )

Sponsors Link

  1. Penyumbatan ginjal oleh batu ginjal

Batu ginjal merupakan kumpalan zat zat mineral yang ada didalam tubuh sehingga menjadi kumpalan dengan ukuran yang besar. Batu ginjal yang besar ini yang menjadi penghambat sehingga urin tidak dapat dikeluarkan sehingga urine tertumpuk didalam ginjal dan menyebabkan beberapa bagian tubuh menjadi bengkak.

Baca juga :

Cara Mengatasi Kelainan Ginjal pada Manusia

  1. Pengangkatan batu ginjal

Untuk mengangkat dan menghilangkan batu ginjal salah satu metode yang dapat digunakan ialah Ureterorenoskopi, yaitu pengangkatan batu ginjal yang terdapat dalam tubuh menggunakan ureteroskop. ( Baca juga : ciri ciri ginjal sehat )

  1. Cuci darah

Pada penyakit gagal ginjal penanganan yang dilakukan ialah cuci darah yaitu proses untuk membuang zat zat sisa metabolism yang menumpuk di dalam tubuh.

Kelainan Ginjal pada Bayi

ads
Penyakit dan kelainan ginjal ternyata tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Namun,penyakit dan kelainan  ginjal juga dapat menyerang anak anak bahkan bayi. Pada bayi kelainan ginjal kemungkinan terjadi karena adanya faktor keturunan. Menurut para ahli kelainan ginjal bawaan dibagi menjadi 2 jenis yaitu

  1. Nefropati Kongenital, yaitu kelainan dari salurah kemih bagian atas hingga ginjal. Contohnya adalah ukuran ginjal yang kecil, pembengkakan ginjal, pertumbuhan ginjal yang tidak sempurna serta hanya 1 ginjal yang berfungsi secara normal.
  2. Uropati Kongenital, yaitu kelainan yang menyerang saluran saluran yang terdapat diantara saluran kemih dan kandung kemih

Baca juga : macam macam penyakit ginjal tanda awal gagal ginjal

Ciri ciri kelainan ginjal pada bayi

Ciri ciri yang dialami oleh penderita kelainan ginjal pada bayi pada umumnya sama seperti orang dewasa, meskipun tidak terlalu nampak. Ciri ciri tersebut diantaranya

  1. Demam tinggi : Demam ini terjadi disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada ginjal dan saluran uretra.
  1. Pembengkakan pada tubuh bayi : Sama seperti orang dewasa pembengkakan pada tubuh bayi diakibatkan oleh adanya penumpukan cairan pada ginjal.
  1. Tekanan darah yang tinggi : Bayi yang terkena penyakit ginjal memiliki tekanan darah yang tinggi. Ada alat khusus untuk mengukur tekanan darah sang bayi
  1. Berat tubuh yang tidak normal : Berat badan yang kurang dari rata rata berat bayi pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri.
  1. Muka pucat dan muntah muntah : Pada bayi apabila mereka sakit mereka sering muntah muntah dan membuat tubuhnya semakin lemah dan mukanya pucat.

Gejala gejala yang memicu terjadinya kelainan ginjal pada bayi diantaranya.

  1. Genetik : Kelainan ginjal yang terjadi pada bayi bisa disebabkan oleh faktor  keturunan. Misalnya, dalam silsilah keluarga ayah,kakek,nenek memiliki kelainan ginjal bisa menurunkan penyakit ginjal ke keturunan mereka. Jenis penyakit dan kelainan ginjal misalnya pembengkakan ginjal, tidak perkembangnya ginjal dan hanya hanya memilki satu ginjal.
  1. Ibu Hamil di usia rawan : Usia rawan bagi ibu hamil adalah diatas 40 tahun atau kurang dari 21 tahun ketika sistem produksi belum terlalu matang. Kehamilan di usia usia rawan ini memungkinkan janin mengalami pertumbuhan yang lamban selama di kandungan.
  1. Radiasi : Radiasi yang berbahaya apabila ibu hamil terkena paparan sinar X-Ray.
  1. Obat Obatan : Konsumsi Obat yang berlebihan ketika hamil memberikan efek yang buruk kepada bayi. Maka dari itu penggunaan obat obatan ketika hamil harus dengan konsultasi dokter.

Cara Mengatasi

Dalam kasus kelainan ginjal pada bayi, penanganannya dilakukan secara bertahap. Hal pertama yang dilakukan adalah menangani penyakit penyakit lain yang ada di dalam tubuh bayi. Setelah itu dilakukan penanganan khusus mengenai penyakit tersebut. Misalkan penyakit yang terjadi pada bayi ialah adanya infeksi pada saluran kemih. Setelah itu penanganan yang dilakukan ialah menghilangkan sumbatan pada kandung kemih atau hal lain yang menyebabkan adanya penyakit pada kandung kemih. Penanganan kelainan ginjal pada bayi harus dilakukan dengan cepat dan tepat untuk menghindari penyebaran penyakit ke anggota tubuh lain.

Kelainan ginjal pada janin

Selama berada dalam kandungan janin harus mendapatkan banyak perhatian dan gizi yang cukup. Oleh sebab itu sang ibu harus menjaga asupannya agar dapat memberikan nutrisi yang baik untuk janin. Kesehatan pada janin harus diperhatikan karena bukan berarti janin didalam kandungan kesehatan janin akan aman aman saja. Banyak penyakit yang sudah menyerang janin ketika masih dalam kandungan termasuk kelainan ginjal pada janin.

Ciri ciri kelainan ginjal pada janin

Selama dalam kandungan tidak banyak yang dapat dilakukan untuk mengetahui ciri ciri apa saja yang menggambarkan kelainan ginjal yang diderita oleh janin. Pemeriksaan dilakukan melalui USG sehingga dokter mengetahui perkembangan janin hingga bayi nantinya dilahirkan. Namun pemeriksaan ketika janin masih berusia muda sangat sulit dilakukan untuk memeriksa organ yang kecil. Pemeriksaan dapat dilakukan ketika umur janin sudah cukup. Pada kasus ginjal pada janin yang langka seperti Lower Urinary Tract Obstruction atau kerusakan pada saluran kencing harapan hidup bayi berasio 1:15 jumlah kelahiran.

Penyebab kelainan ginjal pada janin

Kelainan ginjal yang sudah diderita ketika masih dalam kandungan di perkirakan terjadi oleh beberapa faktor ini diantaranya.

1. Terdapat masalah dalam proses pembentukan embrio

Dalam masa pembentukan embrio terjadi permasalahan yang menyebabkan ketidaksempurnaan organ organ seperti ginjal. Ketidaksempurnaan proses ini menyebabkan kelainan pada ginjal dan juga organ organ penting lainnya pada janin

2. Radiasi

Radiasi sangat berbahaya bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Radiasi tersebut bisa dari radiasi kemoterapi atau bisa juga karena terlalu sering bermain gadget sehingga terlalu sering terpapar radiasi.

Sponsors Link

3. Penggunaan kosmetik

Penggunaan kosmetik pada ibu yang sedang hamil harus diperhatikan. Ada banyak kosmetik yang mengandung bahan kimia yang dapat meresap ke dalam kulit dan nantinya juga kemungkinan akan mengenai janin. Maka dari itu untuk ibu ibu hamil yang tetap ingin menggunakan kosmetik ketika sedang hamil harus diperhatikan kandungan dari kosmetik itu sendiri dan lakukan konsultasi kepada dokter kosmetik apa saja yang aman untuk digunakan. Hindari pemakaian kosmetik yang mengandung terinol dan asam salisilat.

Cara Mengatasi kelainan ginjal pada janin

Ketika dalam masa janin tidak banyak yang dilakukan oleh dokter. Namun dokter akan terus melakukan pemeriksaan mengenai perkembangan janin dan kelainan pada ginjal. Sehingga ketika janin ini nanti lahir dokter akan segera melakukan penanganan untuk memperlambat penyakit ginjal ini agar tidak menyadi penyakit kompilasi.

Seperti diketahui dari penjabaran diatas kelainan ginjal dapat terjadi pada manusia dewasa, bayi bahkan ketika masih dalam bentuk janin dikandungan. Penyebabnya pun berbeda beda bagi kelainan pada bayi dan janin faktor terbesar yang mempengaruhi adanya kelainan pada ginjal ialah faktor keturunan. Dan pada orang dewasa ialah infeksi dan juga pengaruh penyakit lain dalam tubuh. Oleh sebab itu penting sekali bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal agar fungsinya dapat berjalan dengan baik. Baca juga :penyebab gunjal mengecil

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :