Sponsors Link

Risiko Kehamilan Dengan Satu Ginjal

Sponsors Link

Mungkin anda tidak pernah membayangkan hidup hanya dengan satu ginjal saja. Tentunya, ada ketakutan tersendiri pada saat anda mengalaminya. Namun jangan khawatir sebab sebetulnya banyak orang yang bisa hidup dengan kondisi tersebut dan tidak mengalami banyak keluhan serta tetap memiliki angka harapan hidup yang sama seperti orang pada umumnya. Meski begitu, anda yang sedang merencanakan kehamilan mungkin juga harus mempertimbangkan persiapan yang lebih matang dan dalam ulasan ini akan kami berikan penjelasan tentang kehamilan dengan satu ginjal selengkapnya.

Risiko Kehamilan Dengan Satu Ginjal Bermasalah

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai program kehamilan dengan satu ginjal adalah berkonsultasi dengan dokter. Anda harus berdiskusi tentang berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan ginjal yang bisa berpengaruh pada kehamilan seperti keparahan penyakit ginjal, penyebab adanya protein dalam urine, tekanan darah dan juga masalah lain yang menjadi bahan pertimbangan anda. Berikut adalah 3 kondisi berhubungan dengan fungsi ginjal yang harus dipertimbangkan oleh calon ibu hamil.

1. Tekanan Darah Tinggi

Meski tidak hidup dengan satu ginjal yang bermasalah, akan tetapi tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol bisa berujung pada preeklampsia eklampsia yang berbahaya untuk kehamilan. Keduanya bisa menyebabkan gangguan perkembangan janin dan bahkan menyebabkan kelahiran prematur.

2. Penyakit ginjal Ringan

Penyakit ginjal ringan umumnya tidak akan menyebabkan dampak apapun pada kehamilan. Begitu juga ketika anda memiliki tekanan darah yang normal dan hanya ada sedikit urine mengandung protein. Akan tetapi anda tidak sepenuhnya bebas dari risiko gangguan kesehatan lainnya. Untuk itu, tetap konsultasikan dengan dokter sebelum anda memulai kehamilan.

3. Penurunan Fungsi Ginjal

Jika anda mengalami penurunan fungsi ginjal kurang dari 50% dengan jumlah kreatinin 150 mirkomol per liter, maka kehamilan anda masih bisa berjalan dengan baik. Namun anda harus berhati hati ketika mengalami gangguan fungsi ginjal yang lebih parah. Sebab, risiko mengalami tekanan darah tinggi serta kelahiran prematur juga akan semakin meningkat.

Kehamilan sebaiknya dimulai ketika penyakit ginjal belu masuk ke stadium yang kronis. Jika memang anda sudah mengalami gagal ginjal atau harus melakukan dialisis, maka kehamilan sebaiknya kehamilan ditunda hingga anda bisa memperoleh donor ginjal yang tepat.

Hamil Dengan Satu Ginjal

Anda harus mempertimbangkan dengan sangat matang sebelum memutuskan untuk memulai kehamilan dengan satu ginjal. Jika dibandingkan dengan orang yang memiliki 2 bagian organ ginjal, maka wanita yang hidup dengan satu ginjal lebih berisiko mengalami masalah pada kehamilan dan juga perkembangan janin berhubungan dengan hipertensi gestasional, preeklampsia dan juga eklampsia. Temua ini sudah dimuat pada sebuah penelitian tentang kehamilan pada pasien dengan satu ginjal di tahun 2017.

Dalam penelitian tersebut dikatakan jika selama masa kehamilan, aliran darah menuju ginjal dan juga laju penyaringan darah akan meningkat. Hal ini memang tidak berdampak pada wanita dengan fungsi ginjal yang normal. Akan tetapi beban kerja ginjal bisa menjadi lebih berat pada wanita yang hanya memiliki satu ginjal saja sehingga bisa menurunkan fungsinya.

Di sisi lain, penelitian yang dilakukan sejumlah pendonor ginjal menemukan jika kehamilan dengan satu ginjal relatif aman meski risiko preeklampsia masih tetap ada. Proses persalinannya juga bisa berjalan secara normal jika memang tidak ada kondisi yang mengkhawatirkan dan efek samping ginjal sebelah tidak terjadi.

Inilah sebabnya, mengapa proses konsultasi dan diskusi dengan dokter kandungan menjadi sangat penting bagi wanita yang hidup dengan satu ginjal. Bersama dengan pengawasan yang menyeluruh pada kesehatan calon ibu, kehamilan bisa menjadi proses yang aman sekaligus menenangkan untuk dijalani. Selain itu, terapkan juga cara hidup sehat dengan satu ginjal yang sangat membantu agar anda bisa menjalani proses kehamilan dengan aman dan nyaman.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips