Sponsors Link

3 Penyebab Kedutan di Kandung Kemih (Perut Bawah)

Sponsors Link

Kandung kemih merupakan salah satu organ di saluran kemih yang berfungsi untuk menampung sementara urine sebelum dibuang ke luar tubuh. Kandung kemih berada di perut bagian bawah dan dekat dengan kemaluan. Mungkin ada beberapa orang yang mengeluhkan kedutan di kandung kemih atau kandung kemih berdenyut-denyut. Dan bisa jadi itu adalah salah satu Ciri Ciri Kandung Kemih Bermasalah. Lalu apa yang menyebabkan hal tersebut? Berikut beberapa penjelasannya.

ads

Penyebab Perut Bawah Berdenyut

Perlu diketahui bahwa organ kandung kemih memang berada di area perut bagian bawah. Akan tetapi, di area tersebut, ada organ lainnya juga yang menempati ruangan sekitarnya. Misalnya usus, rahim, dan sebagainya. Sehingga, jika muncul gejala kedutan di kandung kemih, bisa jadi kemungkinan penyebabnya bukan pada kandung kemihnya, melainkan bisa terjadi pada organ lain di sekitar kandung kemih, seperti beberapa di bawah ini.

  1. Pergerakan usus

Salah satu organ yang ada di perut bawah dan dekat dengan Anatomi Kandung Kemih adalah usus. Usus ini bisa saja mengalami pergerakan di beberapa waktu. Dan pergerakan usus inilah yang bisa menyebabkan seseorang merasa seperti kandung kemihnya berdenyut atau kedutan. Padahal bukan kandung kemih yang berdenyut, melainkan usus.

Pegerakan usus ini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya jika seseorang memiliki masalah sembelit atau diare. Selain itu jika usus mengalami iritasi, bisa juga menyebabkan pegerakan usus.

  1. Menjelang menstruasi

Jika Anda adalah wanita dan mengalami sensasi seperti kedutan di kandung kemih, maka bisa jadi penyebabnya bukan pada kandung kemih, melainkan pada organ rahim yang berada di dekat kandung kemih. Rahim memang bisa jadi mengalami perggerakan seperti bredenyut-denyut. Misalnya ketika masa-masa menjelang menstruasi, atau masa-masa sat menstruasi.

Sebagian wanita juga mengalami rasa sakit saat menjelang menstruasi dan saat menstruasi. Biasanya rasa sakit itu khas. Namun banyak juga wanita yang tidak bisa membedakan nyeri haid dengan nyeri yang terjadi di usus sebagai saluran pencernaan.

  1. Masalah pada aorta abdominalis

Selain rahim dan usus, organ tubuh lain yang berada di sekitar kandung kemih adalah aorta abdominalis. Aorta ini adalah pembuluh darah besar yang berasal dari jantung dan posisinya melintasi rongga perut. Aorta ini bisa terkena masalah atau gangguan dan masalah ini akan menciptakan sensasi seperti kedutan di perut bawah dekat kandung kemih.

Sponsors Link

Salah satu masalah yang muncul adalah Aneurisma Aorta Abdominalis atau disingkat AAA. Gangguan AAA sering dijumpai pada orang lanjut usia. Penyebabnya adalah melemahnya pembuluh darah aorta andominalis sehingga pembuluh darah akan menggembung. Gangguan ini cukup berbahaya karena penggembungan aorta bisa berisiko pecah, sehingga bisa menciptakan risiko yang berbahaya. Maka dari itu harap waspada jika muncul gejala Kandung Kemih Ditekan Sakit atau Kandung Kemih Ada Benjolan karena bisa jadi penyebabnya adalah penyakit AAA.

Demikianlah beberapa penyebab kedutan di kandung kemih atau perut bawah yang perlu diketahui. Segera lakukan pemeriksaan jika muncul gejala yang tidak wajar. Ketahui juga beberapa Cara Mengencangkan Otot Kandung Kemih. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,