Sponsors Link

Seberapa Banyak Kebutuhan Air Penderita Ginjal Kronis?

Sponsors Link

Bagi orang yang memiliki kondisi tubuh sehat, maka minum air putih memang disarankan untuk meningkatkan kesehatan organ ginjal akan tetapi berbeda untuk orang yang menderita salah satu dari macam macam penyakit ginjal. Penderita penyakit ginjal tidak disarankan untuk minum terlalu banyak air putih karena banyak hal yang bisa ditimbulkan ketika terlalu banyak air putih yang dikonsumsi penderita penyakit ginjal. Dalam ulasan kali ini, kami akan menjelaskan seberapa banyak kebutuhan air penderita ginjal kronis dan bagaimana seharusnya mengatur asupan air putih tersebut.

ads

Hubungan Ginjal dan Air

Dalam tubuh manusia terdiri dari 60% air dimana air tersebut berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan terlibat dalam banyak proses lain seperti pencernaan, sirkulasi nutrisi, penyerapan, penghasil air liur dan juga menjaga suhu tubuh.

Lewat kelenjar pituitari posterior yang kelenjar yang akan memberi arahan organ lain untuk bekerja, otak nantinya akan memberi perintah ginjal agar bisa memproses sekaligus membagi jumlah air yakni untuk disimpan sebagai cadangan dan dikeluarkan dalam bentuk urine.

Air yang dikeluarkan dari dalam tubuh yakni urine akan membawa serta produk limbah dalam tubuh. Kadar air dalam tubuh akan membantu kinerja ginjal untuk membersihkan racun di dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan air, maka tentunya gangguan ginjal akan terjadi dan meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Kebutuhan Air Penderita Ginjal Kronis

Bagi orang sehat, minum banyak air putih memang disarankan namun tidak disarankan untuk penderita dengan ciri ciri ginjal rusak. Penderita harus bisa menjaga asupan air ke dalam tubuh sebab ginjal sudah tidak dapat berfungsi dengan normal. Jika terlalu banyak air yang masuk ke dalam tubuh, maka kerja ginjal akan semakin berat untuk mengatur kebutuhan air dan air juga tidak dikeluarkan dari tubuh sehingga akan semakin menumpuk.

Untuk penderita penyakit gagal ginjal kronis, menumpuknya air akan sering terjadi dan menyebabkan edema atau pembengkakan, perubahan tekanan darah dan kemampuan tubuh menghasilkan sel darah merah juga berkurang dan akhirnya penderita gagal ginjal bisa mengalami komplikasi seperti diabetes, darah tinggi, penyumbatan urine dan juga penyakit jantung. Inilah yang menjadi alasan dokter membatasi asupan air dalam tubuh penderita agar tidak memperburuk kondisi ginjal. 

Sponsors Link

Supaya kebutuhan air dalam tubuh bisa diketahui, maka penderita diharuskan menjalani dialisis yang berguna untuk mengukur kemampuan ginjal dalam menyaring air dan mengeluarkannya menjadi urine dan dokter juga akan mengukur berat badan penderita. Asupan air masing masing penderita masalah ginjal juga berbeda beda tergantung dari kondisi.

Sebagai contoh, jika fungsi ginjal terbatas maka dokter akan menyarankan untuk minum 1.2 liter air setiap hari yang juga harus disesuaikan dengan jenis buah atau sayur yang bisa dikonsumsi sebab air tidak hanya berasal dari minuman namun juga dari buah dan sayuran.

Cara Menjaga Asupan Air

Penderita masalah ginjal nantinya akan mendapatkan rekomendasi seberapa banyak kebutuhan air penderita dengan ciri ciri ginjal bermasalah kronis yang bisa dikonsumsi tergantung dari kondisi. Air bisa ditempatkan dalam wadah dengan takaran sesuai rekomendasi dokter dan kemudian akan dituang ke dalam gelas setiap kali akan diminum. Untuk itu, yang perlu diperhatikan adalah takaran air per hari yang bisa dikonsumsi. Dari wadah air tersebut, pasien bisa memperkirakan seberapa banyak air yang bisa diminum setiap waktu. 

Sponsors Link

Tidak hanya asupan air, namun pasien masalah ginjal juga harus membatasi asupan garam mereka. Mengkonsumsi terlalu banyak garam bisa membuat penderita ginjal lebih cepat merasa haus serta kembung sekaligus memperparah ciri ciri penyakit ginjal. Selain itu, garam juga bisa menyebabkan urine yang dikeluarkan dari dalam tubuh jumlahnya lebih sedikit dari biasanya sehingga harus lebih diperhatikan dan dikurangi.

Dari ulasan diatas bisa dilihat jika tidak selamanya banyak minum air putih baik untuk dilakukan sebab untuk penderita masalah ginjal tertentu sebenarnya justru tidak diperbolehkan untuk minum banyak air.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup