Sponsors Link

20 Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Peran ginjal memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi dalam sistem ekskresi manusia. Darah yang ada di dalam tubuh Anda, akan disaring oleh ginjal Anda. Hasil dari penyaringan tersebut akan berdampak pada kualitas kesehatan Anda. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan ginjal Anda untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang baik pula. Tahukah Anda adalah sangat berbahaya apabila ginjal Anda tidak berfungsi secara maksimal? Saat ini, mungkin Anda adalah seseorang yang sangat berkarir. Karir yang sedang Anda jalani sekarang membuat Anda menjadi sosok yang super sibuk, hingga Anda kurang memperhatikan pola hidup Anda.

ads

Banyak kebiasaan Anda yang sudah tidak terkendali lagi, karena pekerjaan Anda yang menuntut waktu lebih untuk Anda bekerja. Akan tetapi, sadarkah Anda bahwa hal demikian sangat berakibat fatal bagi kesehatan Anda apabila terus-menerus dilakukan? Beberapa Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal, yakni :

1. Malas Minum

Malas minum kerap terjadi pada  masyarakat zaman sekarang. Hal ini sangat berbahaya bagi mereka yang bekerja setiap hari dan terlalu memporsir tenaga dan kemampuan mereka dalam bekerja. Bukan hanya itu, banyak juga orang-orang yang lebih menyukai minuman beralkohol daripada air mineral. Perlu untuk Anda ketahui bahwa ginjal Anda lebih membutuhkan air mineral daripada minuman beralkohol Anda yang mahal itu.

2. Terlalu Sering Mengkonsumsi Kopi

Selain bekerja aktif dalam penyaringan darah, ginjal juga sangat berperan dalam penentuan tekanan darah. Sebisa mungkin ginjal bekerja untuk menyeimbangkan tekanan darah Anda untuk menghindari rasa sakit atau efek kesehatan lainnya yang mungkin Anda alami. Terlalu mengkonsumsi kopi dapat meperberat kinerja ginjal terkait dengan kadar kafein yang terdapat pada secangkir kopi Anda tersebut.

3. Begadang

Begadang dapat mengganggu konsentrasi Anda. Hal ini dapat dibuktikan dengan kasus yang ditemukan oleh ahli pada beberapa orang. Ditemukan bahwa orang yang sering begadang akan memiliki performansi kerja yang lebih rendah daripada yang tidur dengan teratur. Apapun alasannya, sebaiknya Anda tidur tepat waktu dengan kualitas tidur yang baik pula untuk membantu organ di dalam tubuh Anda, termasuk ginjal untuk bekerja dengan maksimal.

4. Suka Makan Makanan Asin

Rasa asin dapat diperoleh dari garam. Garam dipercaya sebagai bumbu masakan yang dapat menjadikan makanan Anda lebih nikmat lagi. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa mengkonsumsi garam dalam kadar yang berlebih justru akan membahayakan kesehatan Anda? Hal ini terkait penyakit hipertensi yang akan dengan mudahnya menyerang Anda. Oleh sebab itu, perhatikanlah kadar garam yang seharusnya Anda konsumsi dalam sehari.

5. Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal, Sebagai salah satu alat pada sistem ekskresi manusia, sejatinya ginjal berupaya untuk tidak membiarkan adanya protein di dalam urin. Hal tersebut karena protein masuk dalam asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat manis, juga dapat meningkatkan resiko kerusakan ginjal karena protein yang dihasilkan dari makanan dan minuman tersebut dapat memperberat kinerja ginjal Anda.

6. Menahan Pipis

Apabila memang sudah waktunya untuk mengosongkan kantung kemih, seharusnya Anda harus segera ke toilet untuk mengeluarkannya. Apabila Anda masuk dalam kategori orang yang sering menahan urin di dalam kantung kemih Anda, segeralah ubah kebiasaan Anda tersebut. Urin diketahui mengandung banyak garam sehingga apabila terus ditahan dan dibiarkan maka akan membentuk endapan hingga akhirnya merusak kinerja ginjal.

Sponsors Link

7. Malas Mengkonsumsi Makanan Ber-vitamin dan Mineral

Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal, Vitamin dan mineral memang sudah diketahui secara umum bahwa sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjalankan sistem dengan baik. Akan tetapi, perlu untuk Anda ketahui bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral dapat membantu tubuh terutama ginjal dalam mengurangi resiko terkena batu ginjal.Oleh sebab itu, mulailah untuk mengkonsumsi vitamin dan mineral. Akan tetapi perlu untuk Anda perhatikan juga kadarnyaa agar tidak menimbulkan permasalahan baru.

Baca jufa :

8. Sering Minum Obat

Hal ini kerap terjadi pada orang yang terlalu panik ataupun pada orang yang tidak begitu peduli. Biasanya orang-orang mempercayai obat-obatan untuk dikonsumsi sebagai alternative penyembuhan. Padahal mereka hanya menderita sakit yang terbilang kecil atau hanyaa nyeri. Ketahuilah bahwa obat-obatan tersebut malah akan memperberat tugas ginjal dan akhirnya merusaknya. Oleh karenanya jangan dengan mudahnya untuk mengkonsumsi obat-obatan kecuali memang sudah anjuran dokter karena adanya penyakit darurat yang harus segera mendapat sentuhan obat.

ads

9. Suka Minum Minuman Bersoda

Pada era modern ini, minuman bersoda memang sudah tidak sulit lagi ditemukan. Bahkan pada jajanan anak-anak di sekolahan pun juga sangat mudah untuk ditemukan. Akan tetapi tahukah Anda bahwa minuman bersoda itu sangat berbahaya pada kesehatan jantung? Hal ini terbukti pada hasil urin orang yang suka mengkonsumsi minuman bersoda, dimana di dalam urinnya ditemukan protein. Ditemukannya protein pada urin dapat menajdi sinyal atau suatu tanda-tanda kerusakan pada orang tersebut. Oleh karena itu, waspadalah dan segeralah untuk menghentikan kebiasaan Anda itu.

10. Malas Berolahraga

Sejak masa Sekolah Dasar, manusia juga sudah diperkenalkan dengan mata pelajaran olahraga. Hal ini dapat menjadi pertanda bahwa olahraga adalah salah satu kebutuhan penting tubuh kita. Dengan berolahraga dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Terlebih lagi ginjal yang fungsinya mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Racun tersebut dikeluarkan dari dalam tubuh melalui kulit dalam bentuk keringat.

11. Malas Makan Sayur

Perlu juga Anda ketahui bahwa sayur merupakan salah satu komponen yang sangat diperlukan oleh tubuh. Terutama kandungan magnesium yang terdapat di dalamnya. Magnesium sangat dibutuhkan dalam mengatur kadar kalium di dalam tubuh. Sayur juga sangat berfungsi dengan baik pada kualitas kulit Anda. Oleh sebab itu, perlu untuk Anda ajari pada anak-anak Anda untuk suka mengkonsumsi sayur.

12. Tidur yang Buruk

Kualitas tidur yang buruk juga salah satu kebiasaan yang dapat merusak ginjal Anda. Sebenarnya tidur dengan kualitas yang baik selama 4 jam akan lebih baaik daripada tidur sepanjang hari. Hal ini membuktikan bahwa lamanya waktu tidur tidak menjamin bahwa kualitas tidur seseorang adalah baik. Tidurlah dengan cukup dengan kualitas tidur tanpa adanya gangguan.

13. Mengkonsumsi Daging dalam Kadar yang Tinggi

Kita mengetahui bahwa daging juga menjadi sumber protein yang baik. Akan tetapi perlu diketahu agar Anda mengkonsumsinya dengan kadar yang tepat. Jika tidak, malah akan mengancam kesehatan Anda. Daging dengan kadar protein yang tinggi dapat membahayakan kesehatan Anda, terutama ginjal yang Anda miliki.

14. Sering Menkonsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan memang sangat tidak direkomendasikan pada Anda. Tingginya kandungan fosfor maupun yodium juga dapat membahayakan kondisi ginjal Anda. Oleh karena itu, perhatikanlah pola makan Anda.

15. Merokok

Hal ini menjadi salah satu peringatan bagi Anda perokok pemula maupun perokok berat. Merokok dapat mengakibatkan kerusakan pada paru-paru ddan ginjal Anda. Selain itu, merokok juga dapat mengakibatkan ditemukannya kandungan protein pada urin Anda. Hal ini dapat menjadi peringatan untuk Anda agar semakin menjaga kesehatan dan kondisi ginjal Anda.

16. Tidak Segera Menangani Infeksi

Apabila Anda mengalami infeksi, yang biasanya sering terjadi di masyarakat, seperti flu, segaralah untuk memberikan penanganan yang tepat. Ketika penanganan tersebut lama dilakukan, maka dapat menyebabkan penyakit, atau bisa juga menjangkit ginjal. Oleh karenanya, jangan anggap enteng akan penyakit apapun itu.

Baca juga :

17. Tidak Berpikir Jernih

Tidak berpikir jernih akan mengakibatkan melesetnya perkiraan maupun dapat membuat Anda malah mendapatkan kerugian. Biasanya hal ini diderita oleh orang yang kekurangan tidur. Hal inidapat membuat kerusakan pada ginjal Anda terkait adanya hubungan hipertensi.

18. Mengkonsumsi Makanan Berkolesterol Tinggi

Mengkonsumsi makanan yang berkolesterol bukanlah menjadi permasalahan apabila Anda mengkonsumsinya dengan kadar yang tepat. Kolesterol dipercaya dapat memperberat kinerja ginjal dalam mencegah hipertensi.

19. Membayar Tidur Seharian

Apakah Anda salah satu yang sering membayar jatah tidur Anda pada suatu waktu? Hal demikian biasanya kerap terjadi pada orang yang super sibuk. Merelakan tidak tidur seharian kemudian membayarnya dengan tidur seharian justru dapat membahayakan kondisi kesehatan Anda, terlebih lagi ginjal Anda.

Sponsors Link

20. Berada di Lingkungan Berpolusi

Tubuh membutuhkan oksigen yang berkualitas baik untuk melakukan kerja. Sebaiknya, Anda jangan terlalu lama berada di lokasi yang berpolusi dengaan tidak dilengkapi pencegahan. Oksigen juga ditemukan di dalam darah yang disaring oleh ginjal. Oleh sebab itu, perhatikan kondisi lingkungan Anda untuk pencegahan kerusakan ginjal.

Baca juga :

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga kesehatan ginjal kerap menjadi pertanyaan bagi orang-orang yang memiliki kebiasaan yang telah disebutkan di atas. Pola hidup yang sehat menjadi salah satu jawabannya. Pola hidup yang sehat juga meliputi asupan gizi yang Anda konsumsi.

Rajinlah mengkonsumsi makanan dan minuman yang memang dibutuhkan oleh tubuh seperti rajin minum air putih dengan diikuti dengan mengurangi mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol. Selain itu, lengkapi juga dengan olahraga yang cukup. Perhatikan juga kadar kolesterol, gula, garam dan protein pada tubuh Anda. Karena ke empat komponen itulah yang sangat berpengaruh pada kesehatan ginjal Anda.

Selain itu, isilah waktu Anda dengan kegiatan dan aktivitas yang positif. Jangan merokok karena merokok sangat membahayakan kesehatan Anda. Lengkapi juga dengan istirahat dan tidur yang cukup pada malam hari. Tentunya dengan kualitas tidur yang baik pula.

Demikian artikel yang berisi informasi mengenai kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak ginjal. Mungkin, Anda adalah salah satu yang memiliki kebiasaan di atas. Oleh karena itu, wasapadalah dan perhatikanlah kondisi ginjal Anda. Hal tersebut dapat ditempuh dengan melakukan tips yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermaanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup