Sponsors Link

30 Kebiasaan Penyebab Gagal Ginjal dan Pencegahannya

Sponsors Link

kebiasaan penyebab gagal ginjal

ads

Ginjal merupakan salah satu organ yang kerap sekali bermasalah. Bagaimana tidak? Setiap harinya kedua ginjal yang Anda miliki itu menyaring darah Anda. Penyaringan dimaksudkan untuk mengedarkan zat-zat nutrisi di seleuruh tubuh dan membuang zat-zat sisa.

Kita semua tahu bahwa sisa-sisa metabolisme tubuh sudah selayaknya untuk dibuang apabila memang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Apabila dibiarkan untuk tetap tinggal di dalam tubuh maka dikhawatirkan dapat mengganggu keselamatan orang tersebut bahkan kematian.

Sama halnya dengan ginjal bocor, gagal ginjal kerap menjadi perbincangan orang-orang saat ini. Apalagi di kalangan orang-orang yang memiliki pola hidup tidak sehat. Pola hidup tidak sehat juga didukung oleh pola makan dan minum yang tidak sehat pula. Bukan hanya itu.

Selain pola makan dan minum yang buruk, juga dapat disebabkan karena kebiasaan yang memicu terjadinya permasalahan kesehatan. Mulailah untuk memperhatikan kesehatan ginjal Anda melalui berhenti melakukan kebiaaan buruk yang dapat merusaknya. Mungkin saja secara tidak sadar, Anda melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Oleh sebab itu, melalui artikel ini akan diberikan kepada Anda pengetahuan mengenai kebiasaan buruk itu sehingga Anda dapat lebih dini untuk menghindari gagal ginjal.

1. Sering Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Alkohol biasanya ditemukan di minuman-minuman keras. Minuman beralkohol tidak sulit lagi ditemukan di lingkungan Anda karena supermarket pun sudah menyediakan untuk Anda. Akan tetapi perlu untuk Anda ketahui bahwa kebiasaan ini dapat merusak fungsi ginjal Anda. Bukan hanya itu, juga dapat menyebabkan penyakit komplikasi lainnya, bahkan gagal ginjal.

2. Malas Minum Air Putih

Memang, harus diakui bahwa masih banyak orang yang masih malas mengkonsumsi air putih. Air putih adalah asupan yang paling dibutuhkan oleh ginjal Anda selain vitamin dan asupan gizi lainnya. Apalagi apabila Anda melakukan kerja yang berat. Mulailah untuk memperhatikan kadar cairan di dalam tubuh Anda untuk membantu ginjal menyaring darah.

3. Sering Mengkonsumsi Protein Hewani

Seperti namanya, protein hewani adalah protein yang diperoleh dari hewan, seperti daging. Perlu untuk Anda  ketahui bahwa bahwa ginjal juga bertanggung jawab akan ada tidaknya ditemukan protein poada urin. Oleh sebab itu, konsumsilah protein hewan secukupnya untuk membantu meringankan kinerja ginjal Anda.

Baca juga :

4. Sering Mengkonsumsi Makanan Asin

Mengkonsumsi makanan yang terlalu asin juga menjadi salah satu kebiasaan yang menyebabkan gagal ginjal. Selain protein yang berlebih, kadar garam yang berlebih juga memberatkan fungsi ginjal. Seperti yang kita ketahui bahwa ginjal juga berperan dalam mengatur takanan darah. Oleh sebab itu, jaga asupan garam Anda.

5. Sering Mengkonsumsi Obat Nyeri

Hal ini biasanya terjadi pada orang yang terlalu panik. Selain itu, juga terjadi pada orang dewasa. Ketahuilah bahwa kebiasaan ini sangat salah. Terlalu sering mengkonsumsi obat juga dapat menyebabkan gagal ginjal.

6. Malas Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin

Vitamin dan mineral memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain berfungsi dalam proses metabolisme, juga erat kaitannya dengan sistem ekskresi yang dimiliki oleh manusia. Dengan mengikuti aturan main, konsumsilah vitamin dan mineral dengan cukup sesuai kebutuhan tubuh Anda.

Sponsors Link

7. Sering Menahan Urin

Ketika Anda merasakan bahwa Anda ingin kencing, segeraalah untuk kencing. Urin yang ditahan terlalu lama di kandung kemih dapat membahayakan kesehatan Anda. Karena sudah seharusnya sampah harus segera dibuang. Sibuk mungkin menjadi salah satu alasan penyebabnya. Akan tetapi mulailah untuk memperhatikan kesehatan Anda.

8. Mengkonsumsi Kopi Terlalu Banyak

Kopi memang memiliki rasa yang nikmat. Oleh karenya sangat banyak peminatnya bahkan rela untuk mengeluarkan biaya lebih untuk sekedar ngopi di tempat yang bagus dengan kualitas kopi yang bagus pula. Selain itu, kopi juag dapat membantu Anda untuk memperlambat rasa kantuk sehingga Anda seakan memiliki waktu lebih untuk bekerja tanpa merasa ngantuk. Akan tetapi hal ini sangat berbahaya bagi Anda dan dapat menyebabkan gagal ginjal apabila terus dibiarkan.

9. Mengkonsumsi Teh Terlalu Banyak

Selain kopi, teh juga memiliki dampak yang sama yaitu gagal ginjal. Kafein yang terdapat di secangkir teh sangat tidak baik apabila terlalu sering dilakukan. Organ ginjal dapat lambat laun berkurang fungsinya karena terlalu kelelahan bekerja dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

ads

10. Kurang tidur

Biasanya hal ini kerap teradi pada orang yang sibuk, entah itu mengerjakan tugas sekolah maupun tugas pekerjaan. Hal ini sangat tidak baik bagi ginjal dan dapat menyebabkan gagal ginjal. Bayangkan saja, ginjal yang seharusnya melakukan perbaikan malah dipaksa seperti bekerja pada waktu aktif bekerja.

11. Mengkonsumsi Gula Terlalu Banyak

Perlu diketahui bahwa penyakit yang menyerang ginjal pada umumnya disebabkan karena diabetes. Seperti yang sudah kita ketahui, diabetes disebabkan oleh kadar gyula yang berlebihan. Gula memang kerap dijumpai di lingkungan Anda. Baik itu di dalam minuman Anda bahkan nasi yang Anda makan setiap harinya. Selain itu, minuman yang manis juga mengandung tinggi protein dan sudah dipastikan dapat mengganggu fungsi ginjal.

12. Terlalu Mengabaikan Penyakit Umum

Penyakit umum biasanya berupa infeksi. Infeksi yang kerap terjadi di kalangan masyarakat biasanya adalah serangan flu dan radang pada tenggorokan. Biasannya memang orang menganggap sepele penyakit ini. Akan tetapi bila terus dibiarkan maka dapat memperberat kerja tubuh termasuk gagal ginjal.

13. Mengkonsumsi Obat Obat Kimia

Hal ini kerap terjadi pada orang-orang yang tidak begitu suka pergi ke dokter untuk pengobatan. Memang banyak penjual yang mengklaim bahwa produk mereka terbuat dari 100% bahan alami. Akan tetapi bisa saja itu merupakan obat-obatan yang sangat ber-kimia.

14. Kurang Berolahraga

Olahraga memang dapat membantu kinerja ginjal dengan melakukan ekskresi melalui kulit. Oleh karena itu, mulailah secara rutin untuk berolahraga untuk membantu kerja ginjal Anda dan mencegah gagal ginjal.

Baca juga :

15. Merokok

Untuk Anda yang sedang kecanduan rokok, mulailah untuk berhentu merokok. Permasalahan karena merokok bukan hanya terjadi pada paru-paru Anda tetapi juga pada ginjal. Merokok dapat mengakibatkan pengerasan pembuluh darah sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu peredaran darah juga.

16. Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Mengkonsumsi minuman bersoda dengan kadar yang sangat tinggi juga akan mengakibatkan gagal ginjal. Tugas ginjal dalam menyerap gizi dan menyaring darah akan terganggu. Sehingga, konsumsilah minuman bersoda sesuai dengan takarannya.

17. Tidak Rutin dalam Mengkonsumsi Obat

Hal ini terjadi pada seseorang yang sudah terlanjur terkena penyakit. Biasanya penyakit yang menyerang adalah diabetes dan hipertensi. Ketika Anda tidak rutin mengkonsumsi obat tersebut maka dapat membahayakan ginjal Anda dan mengakibatkan gagal ginjal.

18. Malas Memeriksa Tekanan Darah

Memang semestinya kita memeriksa tekanan darah kita dengan rutin untuk mengetahui kondisi tubuh kita yang sebenarnya. Akan tetapi perlu juga untuk Anda ketahui bahwa tekanan darah yang bermasalah juga dapat menjadi penyebab gagal ginjal

19. Kurang Mengkonsumsi Makanan Magnesium

Magnesium memang menjadi kebutuhan tubuh manusia. Mineral yang satu ini dapat Anda peroleh dari makanan biji-bijian ataupun sayuran serta kacang-kacangan.Selain itu, Anda juga dapat memperolehnya melalui mengkonsumsi buah alpukat dengan teratur.

20. Tidur Tidak Berkualitas

Selain kurang tidur, tidur yang tidak berkualitas juga merupakan penyebab gagal ginjal. Berkualitas tidak berarti tidur dengan waktu yang sangat lama. Berkualitas adalah tidur yang lelap,

21. Mengabaikan Hipovolemia

Hipovolemia adalah berkurangnya jumlah darah yang biasanya disebabkan oleh pendarahan hebat. Hipovolemia menjadi salah satu penyebab gagal ginjal yang sangat membahayakan.

22. Makan Tidak Sehat

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga masuk dalam daftar kebiasaan yang menyebabkan gagal ginjal. Makanan yang tidak sehat dan disertai dengan’tidak higenis’ juga dapat menjadi penyebabnya Karena bisa saja makanan jenis ini dapat mengakibatkan keracunan.

23. Mengabaikan Pukulan Keras

Pukulan yang keras juga dapat mengganggu kesehatan ginjal dimana pukulan tersebut sangat beresiko apabila tepat berada pada lokasi ginjal. Sistem yang ada juga menjadi terganggu dan mengakibatkan gagal ginjal.

24. Sering Mengkonsumsi Minuman Energi

Selain minuman yang dapat mengurangi rasa kantuk, minuman bernergi juga dapat mengganggu kierja ginjal. Apabila tidak segera dihentikan maka akan menyebabkan gagal ginjal.

25. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Kolesterol

Mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan gagal ginjal. Hal ini berkaitan dengan hipertensi dimana hipertensi juga nantinya dapat mengganggu fungsi ginjal.

26. Menyepelekan Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu tahap dalam gagal ginjal. Batu ginjak dapat membuat gagal ginjal karena dapat mengganggu sistem kerja ginjal sehingga tidak dapat bekerja dengan maksimal.

27. Menyepelekan Glukosa pada Penderita Diabetes

Kadar glukosa merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes. Perlu Anda ketahui apabila glukosa pada tubuh Anda tidak diperhatikan maka dapat mengakibatkan gagal ginjal.

28. Sering Mengkonsumsi Penyedap Rasa

Penyedap rasa yang populer dengan nama mecin ini adalah salah satu alternative yang dapat memberikan rasa lebih pada makanan. Penyedap rasa tersebut dapat mengakibatkan aadanya kista di dalam tubuh. Kista tersebut dapat mengganggu kinerja ginjal hingga mengakibatkan gagal ginjal.

Sponsors Link

29. Keras dalam Bekerja

Kita mengetahui bahwa tubuh membutuhkan energi untuk dapat bekerja. Akan tetapi, terlalu keras dalam bekerja juga dapat mengakibatkan gagal ginjal karena tubuh dipaksa bekerja lebih keras juga untuk menghasilkan energi yang lebih.

30. Mengabaikan Virus dalam Tubuh

Serangan virus dapat juga menyebabkan gagal ginjal. Hal ini terjadi karena virus tersbeut mengganggu sistem imun kita sehingga mengganggu kinerja ginjal.

Cara Mencegah Kebiasaan Buruk

Cara menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan gagal ginjal, dapat dilakukan dari dalam diri sendiri. Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat. Berhentilah mengkonsumsi obat-obatan yang tidak diperlukan. Jangan terlalu khawatir dengan kondisi kesehatan Anda selagi belum ada arahan dari dokter. Kemudian, cobalah untuk berhenti merokok dan mulailah berolahraga untuk membantu kinerja ginjal Anda.

Gantilah asupan mecin dengan garam dan makanlah di rumah bukan di lingkungan luar. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kadar gula dan garam Anda. Terakhir, lakukanlah semua hal positif, termasuk istirahat yang cukup.

Baca juga :

Demikian informasi mengenai Kebiasaan Penyebab Gagal Ginjal yang sering terjadi pada orang yang suka mengabaikan dengan kesehatan tubuhnya. Dengan anda membaca dan memperhatikan hal apa saja yang membuat gagal ginjal maka di jamin ginjal anda akan sehat dan bisa berfungsi dengan semestinya. Semoga beermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup