Sponsors Link

12 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Ginjal manusia merupakan salah satu organ manusia yang sangat tak ternilai harganya. Jika ginjal manusia tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka tubuh manusia akan dipenuhi dengan banyak zat-zat beracun yang tidak diperlukan oleh tubuh. Akan muncul berbagai penyakit jika hal ini terjadi, diantaranya adalah penyakit batu ginjal. Batu ginjal bukanlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Cara menyembuhkan penyakit batu ginjal yang paling alami adalah dengan mengkonsumsi buah buahan penghancur batu ginjal. Sedangkan cara yang paling cepat dan praktis adalah dengan jalan operasi.

ads

Terdapat beberapa jenis operasi batu ginjal yang dapat dijalani oleh pasien penyakit batu ginjal tergantung pada ukuran batu ginjal dan tingkat keparahannya. Namun tetap ada resiko operasi batu ginjal yang perlu dipertimbangkan oleh pasien sebelum menjalani operasi. Pantangan makanan setelah operasi batu ginjal pun ada bermacam-macam. Penyebab batu ginjal pada pria dan wanita yang paling umum biasanya karena mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat dan dehidrasi. Selain itu batu ginjal dan penyakit kerusakan ginjal lainnya juga bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh penderita penyakit ginjal. Berikut adalah kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal yang perlu diketahui setiap orang.

1. Kebiasaan Minum Minuman Bersoda

Berdasarkan penelitian dari universitas Osaka di Jepang, dikatakan bahwa karyawan yang meminum minuman bersoda sebanyak dua gelas atau lebih dalam sehari lebih beresiko terkena penyakit ginjal dibanding orang-orang yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda dalam jumlah tersebut. Sebanyak 12.000 orang karyawan mengkonsumsi minuman bersoda lebih dari dua gelas dan hasilnya ditemukan protein di dalam urin mereka. Penemuan protein ini merupakan tanda awal penyakit ginjal.

2. Merokok

Merokok seringkali dihubungkan dengan arthrosclerosis yaitu penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke organ-organ vital seperti ginjal terhambat. Dalam Clinical Journal of the American Society of Nephrology juga banyak dikutip studi-studi mengenai merokok yang dapat menurunkan fungsi ginjal.

3. Malas Berolah Raga

Olah raga merupakan salah satu cara dalam menjaga kesehatan ginjal. Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of the American Society of Nephrology dikatakan bahwa 30% wanita yang telah melewati masa menopause yang sering berolah raga memiliki resiko yang kecil terkena penyakit batu ginjal. Umumnya, menjaga berat badan juga dapat mencegah penyakit batu ginjal.

4. Kurang Tidur

Kita semua butuh tidur, begitu juga ginjal kita. Kurangnya waktu tidur terutama di malam hari dapat menyebabkan peningkatan resiko terkena penyakit ginjal. Jaringan-jaringan yang ada di ginjal beregenarasi pada malam hari. Jika tidur terganggu, tentu akan menyebabkan gangguan juga terhadap ginjal.

5. Kurang Minum Air Putih

Air di dalam ginjal dapat mendukung fungsi ginjal. Jika kita kurang minum air putih, maka racun di dalam darah akan menumpuk karena cairan di dalam tubuh tidak mampu membawanya melewati ginjal. Dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 12 gelas dalam sehari. Tanda-tanda asupan air putih kita sudah mencukupi salah satunya adalah pada warna urin.

6. Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama

Ketika sudah saatnya buang air kecil, Anda harus segera buang air kecil, jangan ditunda lagi. Menunda buang air kecil terlalu lama bukanlah hal yang bagus. Jika buang air kecil sering ditunda-tunda maka akan berdampak pada peningkatan tekanan urin di dalam ginjal. Hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal.

Sponsors Link

7. Mengkonsumsi Terlalu Banyak Garam

Garam memang baik bagi tubuh, namun pengkonsumsiannya perlu dibatasi. Mengkonsumsi garam terlalu banyak dapat menyebabkan tekanan darah meninggi dan akhirnya memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras. Maka dari itu pengkonsumsian garam perlu dibatasi, dianjurkan tidak lebih dari 5,8 gram dalam sehari.

8. Mengkonsumsi Terlalu Banyak Kafein

Kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal lainnya adalah mengkonsumsi kafein terlalu banyak. Kafein juga berperan dalam meningkatkan tekanan darah hingga dapat memperberat kerja ginjal.

9. Terlalu Sering Mengkonsumsi Obat Pereda Rasa Sakit

Ketika rasa sakit datang, memang paling mudah untuk menghilangkannya dengan cara mengkonsumsi obat pereda rasa sakit. Tetapi Anda perlu memikirkannya. Hampir semua obat-obat tersebut memiliki efek samping, dan diantaranya dapat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal.

10. Menyepelekan Penyakit atau Infeksi Kecil

Kita biasanya menyepelekan penyakit-penyakit tertentu seperti demam dan flu. Kita tetap saja beraktifitas dan memaksakan diri hingga akhirnya sangat kelelahan. Padahal berdasarkan penelitian, orang-orang yang jarang beristirahat untuk menyembuhkan kondisinya seringkali berujung pada penyakit ginjal.

Sponsors Link

11. Terlalu Sering Minum Alkohol

Racun yang ada di dalam alkohol tidak hanya membahayakan hati tetapi juga ginjal. Peminum berat yang minum alkohol lebih dari empat gelas dalam sehari dua kali lipat lebih beresiko terkena gagal ginjal kronis. Terlebih jika peminum itu juga perokok berat, bisa lima kali lipat lebih beresiko dibanding mereka yang tidak minum minuman beralkohol dan merekok.

12. Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama sering dihubungkan dengan penyakit ginjal. Meskipun para ilmuan masih belum menemukan mengapa hal ini bisa terjadi, sudah diketahui bahwa aktifitas fisik yang berat dan berlangsung lama memang dapat berperan dalam meningkatkan tekanan darah dan mengurangi metabolisme.

Itulah kebiasaan kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal yang perlu diketahui. Beberapa kebiasaan ini mungkin tanpa disadari memang sering kita lakukan di dalam kehidupan sehari-hari. Langkah awal yang perlu kita lakukan untuk menghindari penyakit ginjal adalah dengan mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk ini.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup