Sponsors Link

Kapsul Bowman – Ciri, Anatomi, Cara Kerja dan Struktur

Sponsors Link

Asal mula kapsul bowman dinamakan oleh Sir william Bowman (1816-1892)  yang merupakan seorang ahli bedah yang berasal dari inggris sedangkan, Renal korpskula masing-masing terdiri dari sebuah glomerulus  atau salah satu penyakit glomerulonephiritis dan kapsul bowman. Renal tersebut diberi nama oleh Marcello malpigi.

ads

Kapsul bowman atau juga yang biasa disebut sebagai kapsul glomerulus atau kapsul glomeruli merupakan struktur kantong yang berada pada permulaan komponen tubulus dari sebuah nefron pada ginjal manusia. Didalam ginjal anatomi tersebut terdapat dua juta unit yang disebut dengan nefron. Diantaranya terdiri dari tabung, tetapi  satu tutup terakhir yang membengkak membentuk kapsul bowman. Yang lainnya terbuka pada pelvis ginjal dimana ginjal ditinggalkan oleh urin.

Filtrar glomerulus dihasilkan oleh kapsul bowman, melalui simpul pembuluh darah kecil yang duduk di dalamnya. Ketika darah memasuki ginjal kemudian melewati glomerulus, lalu disaring dalam pembuluh darah sebelum di filtrat akan dikumpulkan di dalam kapsul.  sel darah ginjal merupakan betuk lain dari kapsul bowman dan unit glomerulus yang terbentuk di dalamnya. Arteri kecil yang membawa darah ke sel glomerulus kemudian disaring pada tekanan darah tinggi/ hipertensi sekunder pada lapisan sel sebelum darah melalui arteri lainnya.

Ciri Ciri Kapsul Bowman :

  • Struktur dari kapsul bowman berbentuk cangkir dan memiliki dinding ganda di dalam ginjal
  • Di dalam ginjal terdiri dari dua juta nefron
  • Merupakan sistem nefron yang melekat pada ginjal.
  • Struktur di dalamnya satu sama lain saling berhubungan dan bekerja sama untuk menyaring.

Anatomi pada kapsul bowman.

Pada luar kapsula terdapat dua kutub, kutub yang pertama yaitu kutub vaskuler berada pada satu sisi dengan arteri aferen dan juga arteri eferen. Kutub kedua yaitu kutub urinarius yang berada pada satu sisi dengan tubulus kontortus proksimal. Lapisan yang ada di dalam kapsula dibagi dalam beberapa bagian yaitu,

  • Lapisan parietal sejenis jaringan epitel skuamosa dan laoisan ini tidak berkaitan dalam proses filtrasi.
  • Ruang bowman, atau biasa disebut ruang kapsula yang ada diantara lapisan viseral dan parietal, kemudian filtrat masuk ke dalam ruang tersebut setelah melewati celah filtrasi melalui fisiologi ginjal
  • Pembatas filtrasi yang terdiri dari penetrasi endothelium dari kapiler glomerulus lamina basal dari sel endothel dan celah dari filtrasi podosit. Pada pembatas tersebut membiarkan darah mengalir dan membawanya ke dalam kapsul bowman.

Cara Bekerja kapsul bowman

Pada proses laju filtrasi darah biasa disebut filtrasi glomerulus, normalnya filtrasi ini melaju 125ml/menit atau sekitar 80 kali volume darah harian. Semua jenis protein yang bermassa dibawah 30 kilo dalton yang dapat melewati membran, walau terdapat halangan molekul negatif dibagian membran dasar dan podosit. Pada jenis molekul kecil seperti glukosaria,  air, garam (Nacl), asam amino serta urea bisa lolos ke ruang bowman, akan teapi sel trombosit juga protein ukurannya besar dan tidak dapat lolos. Glomerulus sendiri sangat berkaitan erat dengan kapsul bowman yang fungsinya untuk megatur laju filtrasi glomerulus.

Sponsors Link

Ginjal salah satu hal yang luar biasa dari rekayasa alam, meskipun dilakukan upaya besar dalam mengupayakan pembuatan sebuah ginjal oleh medis, tetapi hal tersebut adalah hal yang tidak mungkin ginjal tersebut dapat berfungsi secara sempurna. Darah masuk ke dalam kapsul bowman dari arteri aferen kemudian menghubungakn ke glomerulus secara kolektif biasa disebut sel darah ginjal. Sel darah tersebut dipaksa masuk melalui tabung kemudian kotoran di filter keluar ke dalam kapsul. Kotoran yang ada dialamnya dikeluarkan melalui urinari sedangkan darah dibersihkan oleh kutub vaskular. Darah tersebut terhubung dengan arteri eferen kemudian kapiler yang masuk ke dalam ginjal disatukan di lengkung henle yang menyebabkan air terserap pada konsentrasi yang benar.

ads

Proses penyaringan tersebut merupakan penyaringan ultra atau filtrasi glomerulus. Berada pada kecepatan 125ml darah/menit, sedangkan ekuivalennya dengan 10 kali volume darah. Protein yang dapat masuk secara bebas ke dalam membran berada pada kisaran di bawah 30.000 dalton. Akan tetapi pada akhirnya terhalang juga oleh podosit. Beberapa molekul kecil yang dapat melewatinya ialah air, glukosa, garam, asam amino, dan urea.

Kapsula bowman merupakan bagian dari sistem filtrasi di dalam nefron ginjal. Para pengamat mencatat bahwa komposis urine dapat berubah hal tersebut tergantung pada faktor makanan, dan jumlah air yang telah dikonsumsi.  Saat ginjal mengindentifikasikan kotoran yang perlu dihilangkan, ginjal tersebut mengeluarkannya dan kemudian akan menghemat air dan juga mieral yang sangat berguna untuk tubuh. Dengan osmosis sepanjang nefron.

Struktur pada kapsul bowman

  1. Korteks

Adalah bagian yang paling utama, tempat yang menjadi asal urin karena di dalamnya terdapat jutaan nfron, yang terletak pada badan malpigi,

  1. Nefron

Merupakan tempat penyaringan  darah ke dalam ginjal, masing-masing dari ginjal terdiri dari jutaan nefron yang dapat membentuk urin.

  1. Glomerulus

Fungsi utamanya ialah, meyaring air garam, asam amino, glukosa dan urea kemudian di proses di dalam ginjal dan mengatur tekanan volume darah dengan sel yang dinamakan juktaglomerular. Melakukan  salah satu filtrasi dari tiga proses penyaringan darah. Melakukan eliminasi racun yang ada di dalam darah. Mencegah beberapa molekul yang besar masuk ke dalam seperti protein yang masuk ke dalam urin.

  1. Tubulus konturtus proximal

Merupakan bagian dari nefron ginjal memiliki peran sebagai reabsorpsi, fungsi utamanya adalah melakukan reabsorpsi dari tiga tahap namun hanya satu yang dilakukan.  Proses tersebut merupkan proses zat pada urin primer yang berguna bagi tubuh seperti asam amino, protein, potasium, dan natrium.

  1. Lengkung henle

Fungsinya sebagai penghubung antara tubulus kontrortus proximal dan tubulus kontortus distal.

  1. Tubulus kontortus distal

Merupakan saluran terakhir dari ginjal urine sekunder yang melalui tubulus kontortus proximal yang kemudian akan diproses melalui tubulus kontortus dan menghasilkan urin yang sesungguhnya. Urin dikeluarkan melalui tubuh manusia.

Sponsors Link

  1. Tubulus kolektivus

Bagian paling ujung yang berbentuk seperti selang merupakan saluran terakhir dan terpanjang di dalam ginjal, fungsinya sebagai tempat penampungan urin sesungguhnya.

  1. Medulla

Medulla terdiri dari sum-sum ginjal yang dilindungi oleh korteks ginjal dan merupakan tempat terakhir  untuk pembuluh darah dan kapiler, didalamnya terjadi proses yang biasa disebut reabsorpsi dan augmentasi. Dilakukan oleh tubuh di dalam tubulus proximal dan tubulus distal.

  1. Arteri ginjal vena

Pembuluh nadi yang berfungsi membawa darah menju ginjal yang kemudian disaring dan akan diserap oleh tubuh, kemudian darah yang sudah tidak beguna akan dibuang melalui saluran kemih yang selanjutnya ditampung.

  1. Vena ginjal

Merupakan pembuluh balik yang membawa darah kleuar menuju vena cava inferior lalu masuk ke dalam jantung.

Sponsors Link
>
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi