Sponsors Link

Kandung Kemih Terasa Gatal : Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kandung kemih berada di perut bagian bawah. Organ ini merupakan salah satu bagian dari Anatomi Saluran Kemih yang berfungsi untuk penampungan urine sementara yang nantinya harus dikosongkan dengan cara buang air kecil. Kandung kemih bisa jadi mendapatkan berbagai permasalahan dan menyebabkan gejala yang bisa jadi tidak membuat nyaman. Misalnya gejala kandung kemih terasa gatal. Gejala ini perlu diwaspadai sejak awal, karena bisa jadi merupakan pertanda dari sebuah gangguan kesehatan.

ads

Penyebab

Penyebab utama dari gejala kandung kemih terasa gatal adalah Penyakit Infeksi Saluran Kemih atau Infeksi Kandung Kemih. Gangguan ini terjadi ketika organ di saluran kemih, baik itu uretra, kandung kemih, ureter, ataupun ginjal mengalami peradangan. Penyebab peradangan adalah infeksi dari bakteri. Kebanyakan bakteri yang menyebabkan jenis penyakit ini adalah bakteri E. Coli.

Bakteri E. Coli adalah jenis bakteri yang hidup di saluran pencernaan. Masuknya bakteri ke saluran kemih bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  • Kurang bersih saat membilas usai buang air kecil dan buang air besar
  • Cara membilas yang salah usai buang air kecil dan buang air besar
  • Penggunaan tissue toilet yang sama untuk membersihkan uretra dan anus
  • Seseorang yang pernah mengalami operasi saluran kemih
  • Seseorang dengan gangguan diabetes dan batu ginjal

Gejala

Selain muncul gejala kandung kemih terasa gatal, gangguan infeksi saluran kemih bawah atau infeksi kandung kemih ini bisa diikuti dengan gejala lain seperti:

  • Anyang-anyangan
  • Demam
  • Hematuria
  • Sakit di punggung bawah
  • Sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Tubuh lemas
  • Warna urine pekat

Ciri Ciri Kandung Kemih Bermasalah di atas dapat dirasakan oleh penderita. Namun ada juga kondisi dimana infeksi tidak disertai gejala yang tampak jelas, dan batu terdeteksi ketika seseorang baru saja melakukan tes urine untuk keperluan lainnya. Maka dari itu, jika muncul rasa gatal di kandung kemih, apalagi jika rasa gatal tidak kunjung hilang, ada baiknya mencari tahu penyebabnya.

Sponsors Link

Pengobatan

Jika Anda merasakan gejala kandung kemih terasa gatal dan disertai dengan beberapa gejala lain seperti yang dijelaskan di atas, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memeriksa fisik dan ditunjang dengan pemeriksaan lainnya, misalnya tes urine atau tes darah. Jika gejala kandung kemih terasa gatal dan lainnya memang disebabkan oleh infeksi, maka Cara Mengobati Infeksi Kandung Kemih secara medis bisa diberikan sesuai dengan kondisi tersebut.

Pengobatan pada kasus infeksi kandung kemih adalah dengan pemberian antibiotik dengan tujuan untuk mengusir bakteri. Namun untuk kasus yang ringan, biasanya dokter akan merekomendasikan pasien agar lebih banyak minum air. Dan jika kondisi sudah cukup parah, barulah pengobatan dengan antibiotik dilakukan. Untuk jenis dan dosis antibiotik sendiri perlu dikonsultasikan dengan dokter agar tidak salah dalam mengonsumsi antibiotik.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai kandung kemih terasa gatal yang bisa saja terjadi kepada siapa saja. Selalu jaga kebersihan tubuh dan cukupi asupan minum setiap harinya untuk menjaga kesehatan organ tubuh termasuk saluran kemih. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,