Sponsors Link

Kandung Kemih Cepat Penuh : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Frekuensi buang air kecil setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang satu hari hanya buang air kecil kurang dari 5 kali, dan ada yang bahkan lebih dari 10 kali. Apakah Anda merasa kandung kemih cepat penuh sehingga sering kali harus buang air kecil? Berikut kemungkinan beberapa penyebabnya.

ads

Penyebab

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan dari kondisi sering buang air kecil karena kandung kemih terasa cepat penuh, di antaranya:

  • Infeksi Saluran Kencing

Salah satu jenis penyakit dengan gejala sering buang air kecil adalah infeksi saluran kemih. Penyakit Infeksi Saluran Kemih ini lebih rentan menyerang wanita. Penyebabnya adalah bakteri yang menyerang saluran kemih. Penderita akan sering buang air, namun seringkali merasa kancingnya kurang tuntas. Selain itu akan muncul rasa tidak nyaman atau sakit disertai warna urine yang berubah.

  • Pembesaran kelenjar prostat

Jika infeksi saluran kemih lebih sering menyerang wanita, maka gangguan yang satu ini akan menyerang pria. Biasa terjadi pada pria usia lebih dari 50 tahun dan menyebabkan gejala kandung kemih cepat penuh.

  • Diabetes mellitus

Diabetes tipe 2 ini ditandai dengan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Keluhan yang sering terjadi adalah banyak minum dan makan, namun berat badan menurun. Sehingga penderita akan sering kencing. Hati-hatilah dengan diabetes karena Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik itu juga sangat erat.

  • Diabetes insipidus

Selain diabetes mellitus, jenis diabetes ada juga yang lain yaitu Diabetes Insipidus atau tipe 1. Pada penyakit ini, penderita akan merasa haus terus menerus karena masalah pada hormon diuretik. Penderita akan minum banyak air dan bahkan akan merasa haus dalam hitungan menit atau jam. Akibatnya, kandung kemih cepat penuh juga menjadi gejalanya.

  • Kapasitas kandung kemih

Jika Anda merasa kandung kemih Anda cepat penuh, maka perhatikan dulu apakah ada gejala yang aneh lainnya. Jika tidak ada dan anda merasa baik-baik saja, mungkin penyebabnya hanya kapasitas kandung kemih yang kecil. Wanita memiliki Anatomi Kandung Kemih yang lebih kecil dari pria. Jadi jangan heran jika antrian kamar mandi wanita selalu lebih panjang daripada pria.

  • Perubahan hormon (wanita)

Wanita akan sering mengalami perubahan hormon. Entah itu karena menstruasi setiap bulan, atau karena kehamilan. Perubahan hormon pada wanita ini juga mempengaruhi kandung kemih cepat penuh sehingga wanita memang lebih sering buang air kecil.

Sponsors Link

  • Minum berlebihan

Kandung kemih yang sering penuh juga bisa disebabkan oleh kebiasaan minum air yang terlalu banyak. Memang beberapa orang memiliki.kebiasaan minum banyak air, sehingga kandung kemih cepat terisi penuh. Minum banyak air memang baik untuk kesehatan. Namun jika Anda merasa rasa haus berlebihan yang tidak wajar, ada baiknya segera hubungi dokter untuk memastikan penyebabnya.

  • Kafein

Kafein ada banyak pada minuman sejenis kopi, teh, cokelat, minuman energi, atau minuman bersoda. Kafein mampu mempengaruhi kinerja hormon ADH dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih banyak mengeluarkan air lewat urine. Hal ini menyebabkan kandung kemih cepat penuh. Lebih baik kurangi konsumsi kafein karena Pengaruh Kafein pada Ginjal juga tidak selamanya baik.

Sponsors Link

  • Cara Mengatasi

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi kondisi sering buang air kecil agar Anda merasa lebih nyaman.

  • Lebih baik kurangi asupan air menjelang tidur agar frekuensi buang air di malam hari.bisa dikurangi dan tidur tetap nyaman.
  • Senam kegel sering direkomendasikan untuk melatih otot kandung kemih agar lebih kuat dan mengurangi frekuensi buang air kecil.
  • Kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein. Selain bisa menyebabkan frekuensi buah air meningkat, kafein juga kurang baik bagi ginjal.
  • Kontrol gula darah secara rutin untuk memantau kemungkinan diabetes. Jika gula darah Anda terbukti tinggi, segera ubah pola hidup menjadi pola hidup yang cocok untuk penderita diabetes. Lakukan olahraga secara cukup dan atur pola makan menjadi lebih baik. Jangan menganggap bahwa diabetes hanya riwayat penyakit biasa, karena diabetes banyak menyebabkan gangguan kesehatan jangka panjang. Bahkan hubungan diabetes dengan gagal ginjal juga erat kaitannya.
  • Perhatikan gejala yang Anda alami. Jika frekuensi buang air kecil sangat sering, diikuti gejala lain yang terlihat tidak normal, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan gejalanya dan penyebabnya. Hal ini penting untuk mencegah meluasnya keluhan dan agar segera bisa diatasi.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kandung kemih cepat penuh. Selalu perhatikan kondisi tubuh Anda dan jaga selalu kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,