Sponsors Link

Kalkulator GFR Ginjal untuk Mengetahui Fungsi Ginjal

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang bertugas untuk membuang limbah dari tubuh melalui urine. Tentunya ginjal tergolong organ tubuh yang penting peranannya dalam tubuh. Namun tidak jarang ada orang-orang yang mengalami gangguan pada ginjalnya yang disebabkan oleh berbagai macam hal.

ads

Kebanyakan gangguan Gagal Ginjal Kronis disebabkan oleh kondisi hipertensi dan diabetes. Hal ini memang disebabkan oleh Hubungan Gagal Ginjal Kronis dengan Hipertensi serta Hubungan Gagal Ginjal dengan Diabetes memang cukup erat.

Banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara untuk mengenali ginjal yang sehat dan tidak sehat. Namun sebenarnya ada satu cara yang bisa menjadi acuan mengenai fungsi ginjal Anda, yaitu menggunakan kalkulator GFR ginjal. Berikut penjelasannya.

Glomerular Filtration Rate (GFR)

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai kalkulator GFR yang dimaksud di atas, ada baiknya mengetahui dulu beberapa hal mengenai GFR itu sendiri. GFR merupakan salah satu angka yang sering digunakan untuk mendeteksi fungsi ginjal seseorang. Nilai ini diambil dari laju rata-rata penyaringan darah yang terjadi di glomerulus. Glomerulus sendiri adalah bagian di dalam ginjal yang berfungsi untuk penyaringan darah.

Kalkulator GFR

Nilai GFR dihitung berdasarkan hasil koefisien filtrasi dan tekanan filtrasi bersih. Koefisien filtrasi yang digunakan adalah 12,5 ml/min/mmHg. Sedangkan tekanan filtrasi bersih adalah selisih dari nilai tekanan hidrostatik glomerulis dengan hasil penjumlahan antara tekanan kapsula bowman dengan onkotik glomerulus. Sementara itu, nilai GFR yang normal berisar antara 90 sampai 120 ml/min.1,73 m2.

Kalkulator GFR ginjal bisa dihitung dengan rumus sebagai berikut:

  • GFR for male: (140 – age) x wt(kg) / [72 x Serum Creatinine]
  • GFR for female: GFR(females) = GFR(males) x 0.85

Untuk menghitung GFR Anda, hal yang perlu diketahui antara lain usia, jenis kelamin, berat badan, dan juga kreatinin. Untuk nilai kreatinin sendiri bisa didapatkan dengan memeriksakan diri di laboratorium melalui Tes Darah untuk Penyakit Ginjal.

Hasil GFR ini akan menunjukkan suatu angka tertentu. Dan angka itulah yang akan dijadikan acuan awal mengenai ada atau tidaknya gangguan pada ginjal. Dan jika ada gangguan pada ginjal, nilai GFR bisa digunakan untuk mengetahui Tingkatan Stadium Gagal Ginjal.

Sponsors Link

Berikut beberapa indikatornya.

  • Jika nilai GFR pada angka 90, berarti fungsi ginjal mulai menurun. Tingkatan ini disebut gagal ginjal stadium 1.
  • Jika nilai GFR pada angka 60 – 89, berarti masuk dalam gagal ginjal stadium 2 dengan penurunan ginjal ringan.
  • Jika nilai GFR pada angka 30 – 59, berarti sudah masuk dalam gagal ginjal stadium 3 yang berarti pasien sudah membutuhkan penanganan untuk mencegah penurunan fungsi ginjal dan mencegah komplikasi.
  • Jika nilai GFR pada angka 15 – 29, berarti penurunan fungsi ginjal sudah sampai pada stadium 4 dan pasien membutuhkan terapi.
  • Jika nilai GFR pada angka kurang dari 15, berarti sudah masuk Gagal Ginjal Stadium 5 dan membutuhkan transplantasi ginjal serta terapi lainnya.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai kalkulator GFR ginjal dan cara menghitungnya yang bisa dilakukan. Saat ini mungkin sudah ada beberapa website atau aplikasi yang bisa membantu menghitung GFR Anda dengan lebih mudah. Semoga informasi yang ada di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips