Sponsors Link

7 Jenis Olahraga Penderita Ginjal Kronis Paling Direkomendasikan

Sponsors Link

Dari sebuah penelitian membuktikan jika olahraga dengan teratur sebanyak 3 kali seminggu bisa membantu menghambat penurunan fungsi ginjal dan mencegah macam macam penyakit ginjal sekaligus tentunya meningkatkan kesehatan jantung. Seseorang yang menderita gagal ginjal kronik bisa mengalami penurunan fungsi ginjal secara perlahan namun pasti sehingga zat yang tidak bisa dikeluarkan dari tubuh karena organ ginjal terganggu nantinya akan menumpuk dalam darah. Gagal ginjal kronis umumnya bisa dialami penderita diabetes dan juga tekanan darah tinggi kronis dan jika kerusakan ginjal yang terjadi parah, maka penderita membutuhkan dialisis atau transplantasi ginjal. Lalu, jenis olahraga penderita gagal ginjal apa sajakah yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan secara teratur?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

ads
  1. Brisk Walking

Brisk walking adalah jenis olahraga berjalan namun dengan langkah yang lebih lebar dan lebih cepat. Olahraga ini terasa lebih menyehatkan namun tidak terlalu lelah seperti saat melakukan jogging yang baik untuk mencegah ciri ciri penyakit ginjal. Olahraga ini menjadi salah satu jenis olahraga terbaik untuk penderita ginjal kronis yang bisa dilakukan selama 1 jam setiap hari namun perhatikan untuk melakukan langkah yang besar dan cepat.

  1. Jogging

Selain murah, jogging merupakan jenis olahraga yang baik untuk mengeluarkan keringat banyak dalam waktu singkat untuk menurunkan faktor penyebab gagal ginjal. Rata rata, penderita ginjal kronis disarankan untuk melakukan jogging selama 30 menit per hari. Sedangkan untuk sekarang ini, jogging sendiri sudah berkembang menjadi running 5k, 10k dan bahkan hingga mencapai 60k. Namun untuk penderita masalah ginjal, hanya cukup melakukan jogging ini selama 30 menit per hari.

  1. Fitness

Penderita penyakit ginjal juga bisa melakukan beberapa latihan lain seperti aerobik dan juga fitness untuk mempertahankan kebugaran tubuh sekaligus mendapatkan bonus bentuk tubuh yang semakin berbentuk, cara memulihkan fungsi ginjal, mendapatkan tubuh lebih berotot dan juga meningkatkan percaya diri. Selain itu, banyak keringat yang dikeluarkan saat sedang fitness juga menjadi cara ampuh untuk menurunkan risiko penyakit ginjal sehingga tidak terlalu memberatkan kerja ginjal. 

Sponsors Link

  1. Permainan Bola

Segala bentuk olahraga dengan menggunakan bola juga menjadi jenis olahraga penderita ginjal kronis yang baik untuk dilakukan sebagai cara merawat ginjal agar tetap sehat. Selain tidak terlalu melelahkan, olahraga dengan menggunakan bola ini juga terasa tidak membosankan saat dilakukan. Beberapa jenis olahraga dengan menggunakan bola yang baik dilakukan penderita ginjal diantaranya adalah futsal, basket dan juga sepakbola.

  1. Skipping

Skipping merupakan jenis olahraga yang hampir selalu berhubungan dengan atlet sebab hampir semua cabang olahraga juga memasukkan skipping dalam pemanasan atau proses pelenturan otot dan baik dilakukan untuk mempertahankan ciri ciri ginjal sehat. Selain bisa menghasilkan banyak keringat, skipping juga sangat baik dilakukan untuk membantu ginjal agar tetap bekerja dengan baik. Sedangkan untuk hasil maksimal, maka anda bisa melakukan skipping selama 10 hingga 15 menit per hari dengan teratur. 

Sponsors Link

  1. Zumba

Zumba adalah salah satu jenis olahraga yang mengharuskan pelaku untuk melakukan pergerakan aktif yang baik dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan ginjal. Padatnya gerakan yang terdapat dalam zumba ini akan menghasilkan keringat dalam jumlah banyak sehingga bisa meningkatkan kesehatan tubuh khususnya organ ginjal. Selain itu, zumba juga sangat membantu untuk menjaga seseorang agar terhindar dari dehidrasi sebab sesudah melakukan olahraga ini, seseorang akan langsung minum dalam jumlah banyak untuk menghilangkan rasa lelah.

  1. Bersepeda

Tips menjaga kesehatan ginjal berikutnya bisa dilakukan dengan bersepeda. Aktivitas seperti bersepeda juga menjadi salah satu jenis olahraga penderita ginjal kronis yang baik dilakukan. Bersepeda setidaknya selama 1.5 jam per hari bisa meringankan risiko penyakit ginjal hingga mencapai 15% dibandingkan dengan penderita yang tidak bersepeda. Untuk hasil terbaik, disarankan untuk bersepeda antara pagi atau sore hari dan bukan pada malam hari.

Demikian ulasan dari kami tentang beberapa jenis olahraga untuk penderita ginjal kronis yang bisa dilakukan. Mengingat masalah ginjal adalah hal yang kompleks, maka sangat penting untuk menurunkan segala macam risiko penyakit ginjal dan salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti berolahraga sekaligus menjauhi pantangan penyakit ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup