Sponsors Link

5 Jenis Karsinoma Sel Ginjal yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Karsinoma sel ginjal merupakan bentuk kanker ginjal yang paling umum terjadi. Sekitar 90% dari semua kanker ginjal bisa dihubungkan dengan karsinoma sel ginjal tersebut. Berbagai jenis karsinoma sel ginjal dibedakan dari cara sel kanker muncul dan pada saat dilihat di bawah mikroskop. Untuk lebih jelas tentang jenis jenis karsinoma sel ginjal, simak penjelasan dari kami berikut ini.

1. Karsinoma Sel Jernih

Jenis karsinoma sel ginjal yang paling umum disebut dengan sel jernih atau konvensional. Seperti namanya, sel sel ini memiliki penampilan yang jernih atau pucat dan hampir sekitar 70% orang dewasa dengan penyebab kanker ginjal memiliki jenis karsinoma sel ginjal ini.

American Society of Clinical Oncology [ASCO] mencatat jika karsinoma sel jernih tersebut biasanya akan merespon dengan baik terhadap pengobatan seperti imunoterapi dan juga pengobatan yang menargetkanprotein ata gen tertentu.

2. Karsinoma Papiler

Sesudah karsinoma sel jernih, karsinoma papiler menjadi bentuk paling umum berikutnya dari ciri ciri kanker ginjal. Di bawah mikroskop, sel sel yang mempunyai proyeksi akan terlihat seperti jari. Sekitar 10 hingga 15% penderita karsinoma memiliki jenis ini dan karsinoma papiler sendiri dibagi menjadi dua subtipe lebih lanjut yang dikenal dengan sebutan tipe 1 dan juga tipe 2.

Karsinoma papiler biasanya akan diatasi dengan metode yang sama seperti karsinoma sel jernih. Akan tetapi, terapi yang ditargetkan mungkin tidak bekerja dengan baik untuk orang orang dengan karsinoma papiler.

3. Karsinoma Chromophobe

Hanya sekitar 5 persen orang dengan ciri ciri penyakit ginjal yakni karsinoma memiliki subtipe chromophobe. Meski ini merupakan sel sel kanker yang langka, namun terlihat seperti karsinoma sel jernih yang cenderung lebih besar dan memiliki fitur mikroskopis lain yang membedakan.

Karsinoma Chromophobe cenderung menjadi bentuk penyakit yang kurang agresif karena tumor bisa tumbuh cukup besar sebelum akhirnya menyebar ke berbagai bagian dalam tubuh.

4. Karsinoma Oncocytoma

Bentuk lain yang jarang terjadi dari ciri ciri ginjal bermasalah yakni kanker sel ginjal adalah oncocytoma. Jenis karsinoma sel ginjal ini menyumbang sekitar 5 sampai 10 persen dari tumor ginjal. Sama seperti karsinoma chromophobe, tumor oncocytoma ini jarang menyebar ke luar ginjal sehingga membuat jenis karsinoma sel ginjal ini tidak terlalu mematikan seperti bentuk lainnya.

Tumor ini juga tumbuh sangat lambat dan lebih cenderung jinak atau tidak kanker. Tumor ini mungkin bisa tumbuh cukup besar, namun masih bisa diangkat dengan jalan operasi.

5. Karsinoma Mengumpulkan Saluran

Subtipe langka lainnya adalah karsinoma mengumpulkan saluran yang menyumbang kurang dari 1 persen dari tumor ginjal dan paling sering terjadi pada orang dewasa muda. Dalam bentuk kondisi tersebut, sel sel bisa muncul sebagai tabung tidak beraturan di bawah mikroskop. Meski jenis karsinoma ini jarang terjadi, ini bisa menjadi agresif. Ini juga bisa resisten terhadap perawatan tradisional yang efektif untuk jenis tumor ginjal lainnya agar ginjal rusak bisa dihindari.

Karsinoma Tidak Terklarifikasi

Selain lima jenis utama karsinoma, ada ciri ciri tumor ginjal yang tidak cocok dengan kategori lain mana pun. Ini disebabkan karena tumor semacam ini tidak memiliki lebih dari satu jenis sel yang terlihat di bawah mikroskop. Tumor ini sangat jarang dan terhitung hanya 3 sampai 5 persen dari tumor karsinoma namun juga bisa sangat agresif dan membutuhkan perawatan secepatnya agar tidak bertambah parah.

Setiap jenis karsinoma membutuhkan pengobatan sendiri yang disarankan sehingga penting bagi dokter untuk menentukan jenis karsinoma apa yang dialami dengan cepat. Jika kanker ginjal semakin menyebar, maka ajan lebih sulit untuk mengobati karsinoma sel ginjal tersebut.

Ada juga kemungkinan lebih dari satu tumor yang ada dalam salah satu bagian organ ginjal. Dalam beberapa kasus, anda mungkin bisa memiliki beberapa tumor di kedua bagian organ ginjal. Untuk itu, bicaralah dengan dokter mengenai kanker ginjal dan cari tahu tentang yang perlu anda ketahui tentang pilihan perawatan.

Sponsors Link
>
, , ,