Sponsors Link

5 Jenis Jenis Batu Ginjal – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sebagai salah satu organ manusia yang terpenting, ginjal tidak luput dari berbagai penyakit. Salah satu penyakit ginjal adalah batu ginjal. Penyakit ini muncul karena batu ginjal yang terbentuk di dalam ginjal yang menyumbat saluran ureter sehingga menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya. Jika batu ginjal sudah terbentuk, maka biasanya tanda tanda penyakit ginjal tersebut akan muncul. Perlu diketahui bahwa jenis dari batu ginjal tidak hanya satu tetapi ada beberapa jenis.

ads

Mengetahui jenis batu ginjal diperlukan agar penanganan batu ginjal dapat dilakukan. Keuntungan lainnya dari mengetahui jenis batu ginjal yang diidap seseorang adalah dapat membantu memilih makanan yang baik untuk ginjal yang sekiranya dapat menghalangi pembentukan batu ginjal jenis tersebut. Adapun Jenis Jenis Batu Ginjal yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Batu Kalsium Oksalat

Batu ginjal yang terbentuk dari kalsium oksalat adalah yang paling umum ditemukan pada penderita batu ginjal. Kalsium oksalat cenderung terbentuk karena urin yang asam atau memiliki tingkat pH yang rendah. Sebanyak 8% dari batu ginjal dapat masuk dalam kategori kalsium dan sebagian besarnya adalah kalsium oksalat. Ukuran batu yang terbentuk dari kalsium ini relatif kecil, sekitar 7mm. Biasanya untuk mengeluarkan batu ini tidak diperlukan operasi

2. Batu Kalsium Fosfat

Batu ginjal jenis ini kurang umum ditemukan pada penderita batu ginjal. Batu ginjal dari kalsium fosfat dapat terbentuk jika urin bersifat basa atau pH nya tinggi. Batu ini kemudian dapat dibagi lagi ke dalam dua jenis lagi yaitu brushite dan hydroxyapatite. Perbedaan keduannya terletak pada kandungannya. Batu jenis brushite memiliki percampuran yang berimbang antara kalsium dan ion fosfat, biasanya tidak mudah hancur di dalam ginjal. Sedangkan batu jenis hydroxyapatite terbentuk karena percampuran yang tidak seimbang antara kalsium dan fosfat. Batu ini dapat menyumbat ginjal.

3. Batu Asam Urat 

Batu lainnya yang termasuk Jenis Jenis Batu Ginjal adalah batu asam urat. Sebanyak 10% pasien penyakik batu ginjal tergolong dalam batu ginjal asam urat. Batu ini terbentuk ketika urin menjadi terlalu asam. Urin penderita batu ginjal asam urat biasanya berwarna merah atau oranye. Hal ini dikarenakan urin yang menyerap hemoglobin darah. Seseorang dapat terkena batu ginjal asam urat jika:

  • Frekuensi buang air kecilnya rendah
  • Banyak mengkonsumsi protein seperti daging merah
  • Sering minum minuman beralkohol
  • Menderita peradangan usus.

4. Batu Struvite

Batu struvite muncul sebagai akibat dari infeksi pada ginjal, kandungannya adalah magnesium, amonium dan fosfat. Bentuknya bergerigi tidak beraturan dan ukurannya bisa semakin besar. Batu ini terbentuk di dalam tubuh karena bakteri tertentu. Umumnya batu ginjal jenis ini ada pada wanita karena biasanya wanita rentan terkena infeksi saluran kemih atau UTI (Unrinary Tract Infection). Kemunculan batu ini bisa jadi sebuah masalah besar karena ukurannya yang besar dan infeksi yang ditimbulkan oleh batu ini.

Sponsors Link

5. Batu Cystine

Batu lainnya yang termasuk dalam  Jenis Jenis Batu Ginjal yaitu batu Cystine. Batu ini terbentuk karena gangguan genetis yang menyebabkan cystine atau asam amino yang menjadi salah satu dinding protein bocor dari ginjal menuju urin. Batu cystine dapat terbentuk pada seseorang sejak berumur belia dan keberadaannya sulit untuk dicegah.

ads

Cara Mengatasi

Penyakit batu ginjal dapat dicegah dan diobati dengan tips menjaga kesehatan ginjal. Adapun batu ginjal untuk jenis-jenis tertentu dapat ditangani dengan cara berikut ini.

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih dapat membantu menghambat pembentukan batu ginjal jenis kalsium oksalat. Dianjurkan untuk minum air putih beberapa liter per hari. Jika Anda ingin berolahga, pastikan sebelumnya mendapat asupan air yang cukup.

2. Kurangi Makanan yang Mengandung Garam

Jenis makanan-makanan yang perlu dihindari adalah jenis makanan yang tinggi garam atau tinggi oksalat seperti keripik kentang, kacang, cokelat dan bayam. Selain makanan-makanan ini, makanan penyebab sakit ginjal lainnya juga patut dihindari.

3. Kurangi Makanan yang Mengandung Protein yang Tinggi

Mengkonsumsi makanan yang tinggi protein hewani dapat meningkatkan resiko terkena penyakit batu ginjal asam urat. Resiko terkena penyakit batu ginjal ini dapat diperkecil jika kita membatasi konsumsi makanan tinggi protein.

4. Mengkonsumsi Jus Cranberri

Jus cranberri dapat membantu menjaga tingkat keseimbangan pH urin. Urin penderita batu ginjal kalsium fosfat yang basa dapat dinetralisir dengan jus cranberri yang memiliki sifat asam.

5. Menghindari Minuman Soft drink

Soft drink merupakan minuman yang mengandung asam fosfor. Kandungan soft drink dapat membantu pembentukan batu ginjal jenis kalsium fosfor.

Itulah Jenis Jenis Batu Ginjal yang perlu diketahui oleh umum. Dengan mengetahuinya, dokter dapat mengambil langkah yang tepat untuk melakukan pengobatan lebih lanjut. Maka dari itu, sebaiknya jika gejala-gejala batu ginjal telah nampak, segeralah konsultasikan kepada dokter agar dapat ditangani dengan segera.

Sponsors Link
>
, ,