Sponsors Link

Apakah Jenis Batu Ginjal Struvite?

Sponsors Link

Jenis batu ginjal struvite merupakan sejenis endapan mineral keras yang bisa terbentuk di bagian organ ginjal. Batu ini bisa terbentuk pada saat mineral seperti kalsium dan fosfat mengkristal di dalam ginjal dan menyatu. Struvite merupakan mineral yang diproduksi oleh bakteri di saluran kemih anda dan biasanya lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Ciri ciri batu ginjal struvite bisa tumbuh dengan cepat yang akhirnya bisa menyumbat ginjal, ureter atau kandung kemih dan menyebabkan ginjal rusak.

ads

Gejala Batu Ginjal Struvite

Gejala dari jenis batu ginjal struvite sangat mirip dengan jenis batu ginjal lainnya. Beberapa gejala yang biasanya dirasakan penderita adalah:

  • Demam.
  • Rasa sakit di sisi dan punggung anda.
  • Sering buang air kecil.
  • Urine berwarna merah karena bercampur dengan darah.

Penyebab Batu Struvite

Bakteri yang ada di saluran kemih akan menghasilkan struvite pada saat memecah urea produk limbah menjadi amonia. Struvite akan diproduk ketika urin bersifat basa dan bantu struvite lebih sering terbentuk pada wanita yang memiliki penyakit infeksi saluran kemih.

Diagnosis Batu Ginjal Struvite

Untuk diagnosis batu struvite, dokter akan melakukan satu atau beberapa tes untuk membantu mendiagnosis penyebab dari gejala yang dirasakan pasien dan juga melakukan penanganan batu ginjal terbaik. Beberapa tes tersebut diantaranya adalah:

  • Tes darah: Dokter akan mengumpulkan sampel darah untuk memeriksa kadar produk limbah seperti kalsium dan asam urat yang bisa terbentuk menjadi batu.
  • Tes urine penyakit ginjal: Urinalisis yakni memeriksa sampel urin dilakukan untuk mendiagnosis infeksi saluran kemih. Dokter mungkin juga akan melakukan kultur pada sampel tersebut untuk melihat apakah ada kandungan bakteri dalam urin.
  • Kultur urin 24 jam: Tes ini mengharuskan pasien mengumpulkan semua urin selama 24 jam lalu akan diperiksa di laboratorium untuk memeriksa kultur zat pembentuk batu seperti oksalat, kalsium dan asam urat.
  • Sinar X: Radiasi akan menciptakan gambaran ginjal dan organ lain di saluran kemih.
  • CT scan: Dilakukan untuk mengambil gambar sinar X dari berbagai sudut untuk menghasilkan gambar detail dari saluran kemih.
  • Pemindaian MRI: Medan magnet yang kuat serta gelombang radio akan membuat gambar detail dari saluran kemih.
  • Urografi intravena: Tes ini akan memakai sinar X dan pewarna khusus untuk mencari masalah pada ginjal ureter dan juga kandung kemih.

Perawatan Batu Struvite

Sangat penting untuk mengobati jenis batu struvite sebab jika semakin tumbuh besar, maka bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan infeksi yang mengancam jiwa. Dokter akan mengobati batu batu tersebut dengan shock wave lithotripsy atau SWL dan juga bisa perkutaneus nephrolithotomy.

PNL merupakan perawatan yang lebih dipilih penderita batu yang terlalu besar untuk dipecah SWL selain juga harus menjauhi pantangan batu ginjal. Dokter bedah akan membuat sayatan kecil di punggung untuk memasukkan ruang lingkup dan beberapa instrumen kecil. Nantinya batu akan dikeluarkan dari sayatan dan pasien akan tertidur selama operasi. Selain itu, pasien juga kemungkinan harus tinggal di rumah sakit selama beberapa hari sesudahnya.

Sedangkan SWL memakai gelombang kejut intens yang diarahkan dari mesin di luar tubuh untuk memecah batu menjadi potongan potongan kecil. Sesudah perawatan, potongan batu akan melewati saluran kemih untuk dikeluarkan bersama dengan urin. Jika memang ukuran batu sangat besar atau berjumlah cukup banyak, maka kemungkinan pasien harus melakukan prosedur sebanyak beberapa kali.

Apabila PNL dan SWL tidak tersedia, maka mungkin dokter akan menyarankan pasien melakukan operasi terbuka untuk mengangkat batu. Dokte rbedah akan membuat sayatan leih besar di bagian perut atau samping kemudian batu akan dikeluarkan dari ginjal. Apabila ginjal rusak karena batu, maka kemungkinan ginjal juga harus diangkat.

Sponsors Link

Apakah Diet Bisa Membantu?

Diet mungkin tidak efektif untuk mencegah batu struvite sebab jenis batu ginjal ini disebabkan karena infeksi. Namun cairan tertentu bisa membuat lingkungan di saluran kemih supaya tidak terlalu ramah batu ginjal. Beberapa cairan tersebut diantaranya adalah:

Selain itu, cairan ekstra juga harus dikonsumsi. Kristal cenderung terbentuk dalam urin berair. Beberapa dokter juga menyarankan untuk minum cukup air dan juga cairan lainnya agar bisa menghasilkan 2 liter urin setiap hari. Tanyakan juga pada dokter seberapa banyak cairan yang harus anda konsumsi.

Sponsors Link
>
, , ,