Sponsors Link

Infeksi Sistem Urin – Faktor Risiko – Gejala – Penyebab

Sponsors Link

Sistem urin manusia merupakan sistem pembuat urin yang nantinya akan dibuang dari tubuh manusia. Sistem urin ini termasuk bagian organ ginjal, kandung kemih dan juga saluran penghubung dimana ketika kuman masuk dalam sistem tersebut maka membuat seseorang terkena infeksi. Umumnya infeksi sistem urin ini merupakan infeksi kandung kemih. Infeksi kandung kemih memang umumnya bukan hal serius jika memang dirawat secara baik. Namun jika anda tidak memperhatikan infeksi kandung kemih yang anda derita, maka infeksi ini bisa semakin menyebar menuju ginjal dan bisa berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal.

ads

Proses Terjadinya Infeksi Sistem Urin

Infeksi sistem urin ini umumnya terjadi ketika kuman masuk ke sistem urin lewat uretra yakni saluran penghubung kantung kemih dengan area luar untuk membuang urin keluar dari tubuh. Kuman penyebab penyakit infeksi saluran kemih nantinya akan hidup dalam usus besar dan juga ditemukan pada tinja yang dikeluarkan dari tubuh. Apabila kuman tersebut ada dalam uretra, maka kuman bisa berpindah ke kantung kemih serta ginjal dan menyebabkan infeksi.

Faktor Risiko Infeksi Sistem Urin

Wanita biasanya lebih mudah terkena infeksi kantung kemih jika dibandingkan pria. Ini bisa terjadi karena umumnya wanita memiliki uretra lebih pendek sehingga kuman akan lebih mudah berpindah ke kantung kemih. Selain itu, berhubungan intim juga menjadi salah satu cara berpindahnya kuman menuju uretra.

Seseorang akan lebih mudah terkena infeksi khususnya jika tidak banyak minum cairan, wanita hamil dan juga penderita diabetes. Faktor risiko seseorang terkena infeksi kantung kemih nantinya akan semakin besar apabila mempunyai masalah yang menghalangi aliran urin dari kantung kemih seperti batu ginjal atau kelenjar prostat yang membesar.

  • Penderita batu ginjal dan pria dengan pembengkakan kelenjar prostat bisa menghalangi pengosongan urin dari kantung kemih dan membuat urine tertampung semakin lama serta membuat bakteri berkembang biak.
  • Penggunaan atau pemasangan kateter dialisis atau alat bantu kencing.
  • Lahir dengan kelainan struktur kemih yakni kelainan struktur saluran kemih sehingga mengganggu sistem pembuangan urine sehingga urine tertumpuk pada uretra.
  • Wanita hamil yang memiliki uretra lebih pendek dibandingkan pria membuat bakteri masuk lebih mudah ke kantung kemih termasuk juga wanita yang aktif secara seksual akan lebih mudah terkena infeksi sistem urin.
  • Wanita yang sudah menopause akan memiliki kadar estrogen lebih kurang sehingga membuat perubahan lingkungan di saluran kemih sehingga bakteri akan lebih mudah berkembang biak di vagina atau uretra.
  • Wanita yang memakai alat kontrasepsi diafragma bisa menekan uretra dan mengganggu kinerja pengosongan urine.
  • Wanita yang memiliki pasangan menggunakan kondom berlapis spermisida bisa membunuh bakteri baik sehingga membuat bakteri jahat lebih mudah berkembang biak dan menimbulkan infeksi.

Gejala Infeksi Sistem Urin

Ada beberapa gejala dari infeksi sistem urin yang harus diwaspadai sebab menjadi tanda dan gejala awal infeksi sistem urin. Beberapa gejala tersebut diantaranya adalah: 

Sponsors Link

  • Perut terasa lembut dan semakin berat.
  • Terasa sakit perut atau perih ketika buang air kecil.
  • Perasaan sering ingin buang air kecil atau kandung kemih cepat penuh namun tidak ada urin yang keluar.
  • Terjadi faktor perbedaan warna urine Urin berubah warna dan berbau tidak sedap.
  • Sakit di bagian satu sisi punggung bawah tulang rusuk yang menjadi pertanda infeksi ginjal.
  • Mengalami demam dan menggigil.
  • Mudah mual dan muntah.

Apabila gejala gejala tersebut terjadi, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Nantinya dokter akan melakukan tes urine penyakit ginjal dan memeriksa apakah ada kuman penyebab infeksi kantung kemih yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian antibiotik. Obat antibiotik yang diberikan oleh dokter harus diminum hingga habis sesuai saran dokter meski tubuh sudah terasa membaik atau lebih sehat. Jangan lupa juga untuk minum banyak cairan agar bisa memudahkan urin terbuang sekaligus mengosongkan kantung kemih. 

Sponsors Link

Penyebab Infeksi Sistem Urin

Infeksi sistem urin bisa terjadi karena bakteri dari sistem pencernaan yang masuk ke saluran uretra. Sebagian besar penyebab infeksi sistem urin adalah bakteri Escherichia coli atau E.coli yang biasanya hidup di usus besar. Hal ini bisa terjadi karena tidak membersihkan secara baik sesudah buang air besar atau kecil dan kertas toilet yang dipakai untuk membersihkan anus menyentuh organ kelamin.

Sponsors Link
>
, , ,