Sponsors Link

Infeksi Saluran Kemih pada Wanita : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Infeksi saluran kemih merupakan kondisi dimana seseorang akan mengalami infeksi pada saluran kemihnya, bisa di bagian bawah (kandung kemuh dan uretra), maupaun di bagian atas (ginjal dan ureter). Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gejala dan kondisi tidak nyaman pada penderitanya. Dan faktanya, penyakit infeksi saluran kemih ini lebih sering terjadi kepada wanita daripada pada laki-laki. Mengapa hal itu terjadi? Berikut penjelasannya.

ads

Penyebab Wanita Mengalami Infeksi Saluran Kemih

Seperti yang dijelaskan di atas, Penyakit Infeksi Saluran Kemih memang lebih rentan terjadi kepada wanita. Bahkan, per tahunnya ada kurang lebih 15% kasus infeksi saluran kemih pada wanita yang ditemukan. Hal ini disebabkan oleh anatomi saluran kemih pada wanita itu sendiri yang memang memiliki saluran uretra yang lebih pendek dan lebih dekat dengan anus. Sehingga risiko bakteri dari anus berpindah ke uretra lebih tinggi jika dibandingkan dengan laki-laki. Lalu apa saja penyebab infeksi saluran kemih pada wanita? Berikut penjelasannya.

  1. Bakteri E. coli

Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang utama, baik pada pria maupun wanita adalah infeksi dari bakteri E. coli. Sekitar 80% kasus infeksi saluran kemih memang disebabkan oleh bakteri jenis ini. bakteri ini biasa hidup di usus besar untuk membantu pembusukan sisa makanan atau feses. Jika bakteri berpindah dari anus ke uretra, maka bakteri akan melakukan aktifitas pembusukan di saluran kemih.

  1. Wanita menopause

Walau penyebab utama infeksi saluran kemih pada wanita adalah bakteri E. coli, akan tetapi ada kondisi yang bisa meningkatkan risiko dari infeksi saluran kemih itu sendiri. Salah satunya adalah wanita menopause. Pada masa ini, wanita akan mengalami penurunan kadar hormon estrogen. Hal ini bisa menyebabkan perubahan lingkungan di saluran kemih, sehingga bakteri akan lebih mudah beraktivitas dan berkembang biak di sana.

  1. Wanita hamil

Selain wanita menopause, wanita hamil juga bisa memiliki risiko lebih besar untuk mengalami infeksi saluran kemih ini. Hal ini terjadi juga disebabkan oleh faktor perubahan hormon pada ibu hamil. Peningkatan hormon progesteron bisa menyebabkan otot polos pada Anatomi Saluran Kemih lebih mengendur. Hal ini menyebabkan urine tertahan lebih lama pada saluran kemih, sehingga aktivitas bakteri di sana menjadi lebih tinggi.

  1. Faktor kebersihan yang kurang terjaga

Penyebab infeksi saluran kemih pada wanita lainnya adalah jika kebersihan organ kewanitaan kurang dijaga dengan baik. Tentunya lingkungan yang kotor akan menyebabkan bakteri lebih mudah masuk dan menginfeksi. Oleh karena itu, kebersihan organ kewanitaan memang sangat penting untuk dijaga, agar berbagai masalah yang muncul dari sana bisa dicegah.

  1. Cara cebok yang salah

Salah satu indikasi dari munculnya Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih adalah cara cebok yang salah atau tidak bersih. Saat cebok, baik setelah buang air kecil atau setelah buang air besar, ada baiknya bagian yang dibersihkan terlebih dahulu adalah bagian depan. Baru kemudian bagian belakang. Cara ini akan meminimalisir risiko berpindahnya bakteri E. coli dari belakang ke saluran kencing wanita.

Itulah beberapa penyebab dan faktor-faktor yang meningkatkan kondisi infeksi saluran kemih wanita. Cegahlah hal-hal di atas dengan selalu melakukan pola hidup sehat.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Jika seorang wanita sudah terdiagnosa mengalami infeksi saluran kemih, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar bisa cepat pulih, di antaranya sebagai berikut.

  1. Berobat ke dokter

Tentunya Cara Mengobati Infeksi Kandung Kemih yang pertama kali harus dilakukan adalah berobat ke dokter. Dokter akan memeriksa dan memberikan obat yang diperlukan. Kebanyakan pengobatan infeksi saluran kemih adalah antibiotik, mengingat penyebab utama infeksi ini adalah bakteri.

Sponsors Link

  1. Mengonsumsi air putih yang cukup

Cara lainnya untuk mengatasi infeksi saluran kemih adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari. Rekomendasi jumlah air putih yang disarankan adalah 8 gelas per hari.

  1. Jaga kebersihan organ intim

Langkah berikutnya agar bisa lebih cepat pulih dari infeksi saluran kemih adalah selalu jaga kebersihan organ intim. Caranya adalah dengan membersihkannya dengan benar setelah buang air besar maupun buang air kecil. Selain itu, selalu jaga kebersihan celana dalam dan juga pakaian, serta pembalut yang digunakan agar bisa meminimalisir bakteri di area kewanitaan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi infeksi saluran kemih pada wanita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,