Sponsors Link

Infeksi Saluran Kemih pada Bayi : Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Infeksi saluran kemih adalah penyakit pada saluran kemih yang bisa menyerang kandung kemih, uretra, ureter, dan juga ginjal. Penyebabnya adalah bakteri yang meradang di sana. penyakit infeksi saluran kemih seringkali menyerang wanita karena anatomi saluran kemih wanita lebih pendek. Namun rupanya, penyakit ini tidak hanya bisa menyerang orang dewasa saja, karena bisa juga menyerang bayi. Untuk lebih jelasnya mengenai infeksi saluran kemih pada bayi, simak penjelasan berikut.

ads

Penyebab

Penyebab Infeksi Saluran Kemih pada bayi adalah sama dengan infeksi saluran kemih pada orang dewasa, yaitu infeksi bakteri di saluran kemih. Bakteri ini bisa masuk ke saluran kemih karena banyak hal, di antaranya:

  • Kebersihan bayi yang tidak terjaga, terutama di area kelamin
  • Kebiasaan menggunakan popok bayi juga bisa meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih
  • Waspadai jika bayi mengalami iritasi di sekitar selakangan karena bisa jadi itu adalah indikasi awal dari aktivitas bakteri yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih

Setidaknya, ada kurang lebih 10% kasus infeksi saluran kemih pada bayi yang terjadi. 8% di antaranya menyerang bayi perempuan dan 2% sisanya menyerang bayi laki-laki.

Gejala

Perlu diketahui bahwa gejala dari infeksi saluran kemih pada orang dewasa tidak jauh berbeda dengan gejala yang muncul pada bayi. Akan tetapi, bayi memang belum bisa bicara dan menceritakan keluhan yang dideritanya kepada orang tua atau orang dewasa di sekitarnya. Maka dari itulah, kebanyakan orang tua tidak menyadari bahwa bayi mereka sedang terkena infeksi saluran kemih. Maka dari itu berikut ini ada beberapa gejala dan Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih pada bayi yang perlu diketahui.

  • Bayi sering rewel atau menangis saat buang air kecil
  • Bayi mengalami demam tanpa penyebab yang akurat dan spesifik
  • Urine bayi memiliki bau yang tidak normal dan tidak seperti urine pada umumnya
  • Bayi susah makan dan minum dikarenakan nafsu makannya berkurang
  • Bayi sering menangis atau rewel tanpa penyebab yang pasti
  • Bayi mengalami gejala muntah
  • Ada beberapa bayi yang juga menunjukkan gejala urine bercampur darah atau hematuria

Itulah beberapa gejala dari infeksi saluran kemih yang menyerang bayi. Pada dasarnya gejala infeksi saluran kemih yang menyerang bayi bisa jadi tidak terlihat secara gamblang. Malah bisa jadi bayi hanya akan menunjukkan gejala demam tanpa sebab dan rewel tanpa sebab. Sedangkan urine-nya bisa jadi baik-baik saja. Akan tetapi, ibu bisa mengamati saat bayi buang air kecil atau saat bayi mengompol, Jika terindikasi bayi sedang menunjukkan adanya rasa sakit, maka ibu bisa menyegerakan untuk memeriksakan kondisi tersebut pada bayi.

Sponsors Link

Pengobatan

Pengobatan pada infeksi saluran kemih yang menyerang bayi bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik sesuai dengan rekomendasi dokter. Pemberian antibiotik ini tentu harus aman bagi bayi dan sesuai dengan usianya. Pengobatan ini bisa diberikan selama jangka waktu yang disarankan dokter. Biasanya adalah 2 minggu. Namun semua kembali lagi kepada kondisi masing-masing bayi dan dokterlah yang lebih memahami dosis serta jenis antibiotik yang tepat. Jika kondisi bayi cukup parah, mungkin dokter akan merekomendasikan untuk bayi menjalani rawat inap.

Pencegahan

Seperti yang dijelaskan di atas, penyebab dari Infeksi Saluran Kemih pada Anak dan bayi biasanya adalah masalah kebersihan pada bayi yang kurang terjaga. Maka dari itu, cara pencegahan infeksi saluran kemih pada bayi yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan beberapa hal berikut ini.

Sponsors Link

  • Selalu cuci tanganlah sebelum dan setelah mengganti popok bayi
  • Usahakan untuk selalu memastikan kebersihan tubuh bayi, terutama di bagian popok bayi
  • Ganti popok bayi sesering mungkin untuk mencegah aktivitas bakteri di area kemaluan bayi. Cara ini adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi saluran kemih bayi
  • Hindari terlalu sering menggunakan popok pada bayi. Lebih baik, gunakan popok bayi hanya saat bepergian atau saat darurat saja. Hal ini akan lebih baik bagi bayi dan kesehatannya
  • Jika muncul iritasi di area selakangan bayi karena popok, segera hentikan pemakaian popok tersebut, dan oleskan salep yang direkomendasikan dokter untuk mempercepat kesembuhannya
  • Buang bekas popok bayi di tempat yang tepat agar bakteri tidak menyebr di dalam rumah

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai infeksi saluran kemih pada bayi dan cara pengobatan serta pencegahannya. Selalu jaga kebersihan bayi dan lingkungan di sekitarnya agar terhindar dari segala macam gangguan kesehatan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,