Sponsors Link

Bahaya Infeksi Saluran Kemih Jika Tidak Diobati

Sponsors Link

Ada beberapa gangguan pada sistem kemih manusia yang berkaitan dengan organ saluran kemih. Salah satu yang sering dibahas adalah infeksi saluran kemih. Penyakit infeksi saluran kemih ini merupakan salah satu Penyakit Ginjal yang sebenarnya bisa disembuhkan, karena penyebabnya adalah bakteri. Akan tetapi, banyak orang yang malas melakukan pemeriksaan ke dokter dan menganggap bahwa infeksi pada saluran kemih bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Berikut beberapa bahaya infeksi saluran kemih jika tidak diobati yang wajib diketahui.

ads

Bahaya Infeksi Saluran Kemih yang Tidak Diobati

Bahayanya jika infeksi saluran kemih tidak diobati? Mungkin pertanyaan itu kerap kali muncul di benak para penderita infeksi saluran kemih atau yang menduga bahwa dirinya terkena infeksi saluran kemih dari gejalanya. Sebenarnya infeksi saluran kemih bisa sembuh total.pada penderita. Akan tetapi hal itu tidak seharusnya membuat penderita malas untuk berobat atau memeriksakan dirinya ke dokter. Karena penyakit ini tetap memiliki risiko dan bahaya tersendiri.

Efek samping Penyakit Infeksi Saluran Kemih yang tidak diobati bisa jadi berbeda-beda setiap.orang, karena tingkat parahnya penyakit setiap penderita tentu berbeda. Ada efek samping yang ringan, namun juga ada efek samping yang berat hingga mengancam nyawa. Selain itu, bahaya infeksi saluran kemih jika tidak diobati juga bergantung pada kesehatan keseluruhan dari tubuh penderita itu sendiri. Bergantung juga pada persebaran bakteri di dalam saluran kemih itu sendiri. Berikut beberapa bahayanya yang bervariasi.

  • Iritasi Kandung Kemih

Infeksi saluran kemih yang tidak diobati bisa memunculkan beberapa gejala penyakit yang berhubungan dengan iritasi di Anatomi Kandung Kemih. Beberapa gejala yang dimaksud adalah hematuria, sensasi terbakar saat berkemih, sakit perut, dan juga demam. Gejala tersebut biasa terjadi jika gejala ISK sudah menyebabkan iritasi.

  • Delirium

Delirium adalah sebuah kondisi dimana mental seseorang terganggu dengan gejala muncul penurunan kemampuan dalam berpikir ada memusatkan perhatiannya. Biasanya hal ini membuat penderita menjadi linglung dan gagal berfikir secara jernih. Seseorang penderita ISK yang juga menderita demensia lebih berpeluang besar untuk mengalami bahaya ini. Dan jangan dikira bahwa delirium hanya sebatas penurunan berpikir saja. Kondisi ini juga berbahaya karena kita tidak pernah tahu jika sewaktu-waktu penderita melakukan sesuatu hal yang menyakiti diri sendiri, seperti keluar rumah dan tidak kembali, jatuh dari tempat yang tinggi, dan sebagainya.

  • Tekanan Darah Rendah

Efek samping infeksi saluran kemih jika tidak diobati lainnya adalah menyebabkan tekanan darah rendah. Kondisi ini bisa terjadi jika infeksi sudah menyebar ke organ saluran kemih seperti ginjal. Jika tekanan darah sudah terganggu, maka metabolisme tubuh secara keseluruhan juga akan terganggu. Dan jika tekanan darah sudah turun sangat drastis, maka bahaya yang lebih serius akan mengancam jiwa.

  • Gangguan pada ginjal

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri. Jika infeksi saluran kemih tidak diobati dengan baik, maka aktivitas bakteri bisa menyebar. Dan jika bakteri sudah berhasil mencapai organ ginjal, maka akan muncul berbagai gangguan pada ginjal. Ginjal adalah organ yang vital. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus, mas bisa jadi meningkatkan risiko Ginjal Rusak.

Sponsors Link

  • Sepsis

Sepsis merupakan sebuah kondisi untuk menjelaskan bahwa tubuh sedang bereaksi secara hebat terhadap infeksi bakteri dalam tubuh. Kondisi ini harus segera ditangani dengan tepat karena jika tidak, bisa menyebabkan kematian. Bahaya ini bisa terjadi jika bakteri penyebab infeksi saluran kemih sudah berhasil masuk dan menyebar ke aliran darah.

Sponsors Link

  • Penyempitan uretra dan peradangan prostat pada pria

Infeksi saluran kemih memang biasa terjadi pada wanita. Akan tetapi pria juga tidak benar-benar bisa terbebas dari risiko penyakit ini. Jika infeksi saluran kemih tidak diobati pada pria, maka bisa meningkatkan risiko peradangan prostat atau penyempitan uretra.

  • Risiko lahir prematur atau bayi kecil pada wanita hamil

Jika Infeksi Saluran Kemih pada Wanita hamil dan tidak diobati secara tuntas dan baik, maka bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Atau bisa juga menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai efek samping atau bahaya infeksi saluran kemih jika tidak segera diobati yang perlu diketahui. Jika Anda memiliki gangguan Infeksi Saluran Kemih atau menunjukkan tanda dan gejala dari penyakit tersebut, segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. Semoga bermanfaat untuk Anda dalam menjaga kesehatan saluran kemih Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,