Sponsors Link

Infeksi Ginjal pada Anak Balita – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Beberapa penyakit di Indonesia tidak hanya menyerang pada usia dewasa akan tetapi juga dapat menyerang pada anak. Penyakit-penyakityang dapat menyerang semua jenis usia salah satunya penyakit organ dalam tubuh manusia. Contohnya saja beberapa kasus penyakit jantung, ginjal , hati sert pencernaan.

ads

Akan tetapi penyakit yang menyerang anak tentunya memiliki perbedan dalam hal tanda dan gejala yang timbul. Serta tingkat keparahan dan penanganannya pun juga berbeda. Sekarang di Indonesia kasus anak-anak menderita penyakit ginjal semakin meningkat , hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Jenis-jenis penyakit ginjal antara lain tumor wilms pada anak ,sindrom nefrotik pada anak , tumor ginjal pada anak dan lain sebagainya.  Salah satu penyakit ginjal yang menyerang aak adalah infeksi ginjal.Berikut mengenai penjelasan lebih lanjut.

Infeksi Ginjal pada Anak Balita

Pengertian dari infeksi ginjal atau yang biasa disebut dengan pielonefritis merupakan penyakit ginjal yang terjadi karena adanya perpindahan bakteri dari kandung kemih ke ginjal. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penderita mengalami rasa yang tidak nyaman dan nyeri. Infeksi ginjal ini dapat menyerang berbagai usia ari anak-anak hingga dewasa. Biasanya ika pada anak infeksi ini lebih sulit untuk mendeteksi karena anak cenderung belum mengetahui atau merasakan apa yang terjadi pada dirinya.

Infeksi saluran kemih pada anak biasanya akan beresiko pada infeksi ginjal pada anak. Apabila anak terserang infeksi ginjal maka akan menimbulkan berbagai masalah pada kehidupannya.Terutama masalah pada produktivitas anak aitu bermain sekolah dan lain sebagainya. Selain itu anak akan mengalami atau merasakan sakit didalam tubuhnya.

Penyebab Infeksi Ginjal pada Anak Balita

Penyebab infeksi ginjal bermacam-macam. Setiap penyebab tersebut juga menentukan tingkat keparahan infeksi ginjal sendiri.Pada umumnya penyebab infeksi ginjal pada anak karena adanya bakteri. Untuk lebih jelasnya berikut mengenai beberapa penyebab infeksi ginjal pada anak :

  • Bakteri E. Coli

Penyebab utama dari infeksi ginjal pada anak yaitu kerena bakteri E. Coli . Biasanya bakteri ini masuk melalui anus satelah buang air besar lalu masuk melalui uretera sehingga dapat menyebar naik menuju ginjal. Perjalanan tersebutlah yang menyebabkan infeksi ginjal terjadi.

  • Bakteri Lainnya

Selain bakteri jenis E.Coli ternyata jenis penyakit lainnya juga dapat mengakibatkan seorang anak terkena infeksi ini. Apabila pada area dubur atau area kelamin tidak bersih atau kurang menjaga kebersihan maka akan menimbulkan resiko tinggi terkena adanya infeksi ginjal.

  • Jamur pada Kulit

Selain dari bakteri ternyata jamur pada kulit uga akan menyebabkan seorang anak terkena infeksi ginjal. Jamur pada kulit ini akan menyebar melali aliran darah yang bisa masuk ke ginjal. Namun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai jenis jamur pada kulit yang dapat mengakibatkan infeksi ginjal.

Sponsors Link

  • Menurunnya sistem imun

Sisitem imun merupakan sistem kekbalan tubuh manusia yang menyerang patogen yang masuk kedalam tubuh. Dengan kata lain sistem imun merupakan sistem yang mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit. Apabila sistm imun sedan menurun maka kan membuat tubuh mudah sekali untuk terserang penyakit tertentu seperti penyakit infeksi ginjal.

Tanda dan Gejala Infeksi Ginjal pada Anak Balita

Saat seseorang terkena suatu penyakit maka akan menunjukkan beberapa tanda dan gejala. Setiap penyakit mempunyai tanda dan gejala yang berbeda-beda ,karena pada dasarnya setiap penyakit mempunayi dominansi organ yang terserang.Gejala infeksi ginjal yang umum yaitu adanya demam. Berikut mengenai tandadan gejala apabilas anak mengalami infeksi ginjal.

ads

  • Terdapat darah atau nanah di dalam urine
  • Biasanya bau urine yang tidak sedap atau tidak seperti biasa
  • Merasakan rasa sakit dan tidak nyaman yang terjadi pada sekitar perut samping atau punggung
  • Adanya demam tanpa mengigil ataupun disertai dengan menggigil
  • Mual dan muntah
  • Merasa kelelahan
  • Diare , sering terjadi karena adanya bakteri di dalam pencernaan
  • Kehilangn selera makan atau nafsu makan berkurang

Jika pada anak-anak akan menimbulkan gejala seperti berikut :

  • Rewel , sangat umum karena pada dasarnya anak tidak dapat mengungkapkan rasa sakitnya , dan hanya menangis kesakitan.
  • Susah makan , akan membuat anak kekeurangan nutrisi yang akan mengakibatkan memburuknya kondisi infeksi ginjal yang dialami
  • Badan Lemas dan Kurang Energi , merupakan akibat dari kurangnya nutrisi karena susah untuk makan
  • Nyeri Perut , ini mungkin terjadi akibat dari reaksi bakteri . Selain rasa nyeri juga akan mengakibatkan diare
  • Pertumbuhan Tidak Normal , terjadi mungkin karena proses metabolisme didalam tubuh terhambat karena adanya gangguan ginjal (infeksi ginjal )
  • Sering mengompol , menjadi salah satu gejala yang sering terjadi pada anak , karena adanya bakteri.

Pengobatan Infeksi Ginjal pada Anak Balita

Pengobatan ginjal bocor juga merupakan pengobatan karena adanya penyakit ginjal tertentu. Untuk mengatasi penyakit infeksi ginjal ini ada beberapa hal yang perlu diketahui dan diperhatikan. Mulai dari tingkat keparahan serta jenisnya. Selain itu untuk mengatasinya perlu berkonsultasi dengan dokter ahlinya. Selain itu pengobatan yang dapat dilakukan bisa dengan pengobatan medis dan pengobatan non madis.

  • Antibiotik Oral

Cara mengatasi infeksi ginjal yang pertama yaitu dengan pemberian obat antibiotik yang jenis oral. Terdapat beberapa jenis obat ini antara lain yaitu amoxicilin , Ciprofloxacin, cephalexin. Akan tetapi untuk obat cephalexin digunakan untuk ibu hamil, untuk obat yang direkomendasian untuk anak anak yaitu ciprofloxacin atau amoxicilin . Akan tetapi penggunaan obat tersebut harus sesuai dengan anjuran dokter.

  • Obat Pereda Nyeri

Untuk mengatasi infeksi ginjal yaitu dengan cara meinimalisirkan beberapa tanda dan gejala yang ada seperti nyeri demam, serta rasa sakit. Untuk itu , mengatasi demam kita dapat menggunakan paracetamol. Jika untuk pereda nyeri kita dapat memanfaatkan obat pereda rasa sakit seperti golongan anti inflamasi nonsteroid (NSAIDs) yaitu ibuprofen atau naproxen. Akan tetapi penggunaan obat tersebut harus sesuai dengan anjuran dokter.

Sponsors Link

  • Rawat Inap

Pengobatan rawat inap ini sangat dianjurkan untuk anak-anak. Karena pada dasarnya anak-anak memerlukan penanganan yang khusus. Sehingga kebutuhan monitoring kondisi infeksi ginjal tersebut yang tinggi.

  • Minum air yang cukup

Anak-anak sering kali tidak menyukai air mineral. Hal tersebut akan membuat semakin buruknya prognosisi infeksi ginjal yang terjadi. Untuk itu setiap orang tua harus memastikan bahwa kebutuhan air dalam tubuh di anak tercukupi.

  • Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi infeksi ginjal yang selanjutnya adalah dengan istirahat yang cukup yaitu 8 jam dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan organ didalam tubuh beristirahat dan memperbaiki jaringan-jaringan sel yang rusak agar polih kembali.

Penanganan dalam infeksiginjal pada anak-anak memanglah sangat intensif maka sangat dianjurkan untuk kita mengetahui lebih dalam tentang penyakit infeksi ginjal pada anak balita itu sendiri.

Sponsors Link
>
, , ,