Sponsors Link

Infeksi Ginjal Kiri – Tanda, Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ vital yang terpenting didalam tubuh manusia.Dimana ginjal mempunyai beberapa fungsi seperti menyaring darah , menyaring dan membuang limbah yang ada didalam tubuh seperti racun,garam berlebihan dan lain sebagainya, mengendalikan keseimbangan cairan didalam tubuh, mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah,mengatur sel darah merah, mengatur keseimbangan asam basa atau pH dalam darah dan masih banyak lagi.

ads

Apabila fungsi-fungsi tersebut mengalami penurunan maka ini biasa disebabkana adanaya suatu kondisi tertentu seperti penyakit-penyakit pada ginjal. Penyakit tersebut bisa berupa kelainan ginjal pada janin , infeksi ginjal dan saluran kemih , kista ginjal polikistik dan penyakit ginjallainnya.Di Indonesi kasus yang lumayan tinggi yang terjadi yaitu kasusu infeksi ginjal kiri. Berikut mengenai penjelasan secara lebih lanjut.

Infeksi Ginjal Kiri

Infeksi Ginjal Kiri merupakan infesi ginjal yang terjadi pada bagian ginjal sebelah kiri. Infeksi ginjal ini merupakan infeksi yang terjadi akibat bakteri yang masuk melalui kandung kemih ke ginjal.Biasanya seseorang yang terkena infeksi ini akan merasakan tidak nyaman dan nyeri. Kondisi infeksi ginjal biasanya merupakan komplikasi dari adanya infeksi saluran kemih. Biasanya bakteri akan masuk melalui kulit tubuh manusia melalui kulit yang berada di sekitardaeah uretra, selanjutnyadari uretra tersebut akan berpindah menuju kandung kemih sebelum terjadi infeksi ginjal.

Infeksi ginjal dan saluran kemih saling berkaitan satu sama lain. Namun pada infeksi ginjal kiri juga merupakan sebuah komplikasi dari infeksi saluran kemih ini. Saat seseorang terkena infeksi ini perlunya penanganan yang baik dan benar , sehingga progresitas untuk sembuh akan baik.

Tanda dan Gejala Infeksi Ginjal Kiri

Stiap kondisi penyakit akan memberikan peringatan kepada tubuh bahwa ada hal yang salah didalam tubuhnya. Hal tersebut dinamakan tanda dan gejala-gejala yang dirasankan oleh tubuh. Gejala infeksi ginjal kiri antara lain sebagai berikut :

  • Ditemukan nanah atau darah di dalam kandungan urine
  • Bau urine yang tidak normal atau yang tidak seperti biasanya
  • Merasakan demam atau menggigil
  • Merasa lelah dan mudah lelah
  • Lemas sat melakukan akivitas
  • Diare berkepanjangan
  • Nafsu makan turun
  • Dehidrasi
  • Merasa nyeri pada area punggung kiri
  • Sakit punggung dibagin bawah (nyeri ginjal tumpul)
  • Teradapat sensaasi terbakar saat buang air kecil atau yang biasa disebut dengan disuria
  • Mual dan muntah dan lain sebagainya
Sponsors Link

Penyebab Infeksi Ginjal Kiri

Penyebab penyakit ginjal pada umumnya mempunyai kesamaan.Pada infeksi ginjal kiri terdapat beberapa penyebab yang khusus yang membedakan dari penyebab penyeakit ginjal yang lainnya. Berikut beberapa penyebab infeksi ginjal kiri yang harus diketahui :

1. Pielonefritis

Pielo nefritis merupakan salah satu penyebab infeksi ginjal kiri yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang menyerang gijal kiri ini biasanya hidup di usus manusia karena terdapat limbah di ginjal. Bakteri yang dimaksud yaitu bakteri Escherichia Coli. Biasanya bakteri ini masuk kedalam uretra dan menuju kandung kemih. Wanita lebih rentan terkena bakteri ini karena letak organ vitalnya sangat dekat dengan anus.

ads

2. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis ini merupakan kondisi dimana penyaring ginjal pada bagian glomerulis mengalami gangguan dan membuat kerusakan sehingga mengakibatkan urine bercampur dengan darah. Selain itu penyebab kondisi ini juga mungkin karena sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga tidak mampu untu melawan bakteri maupun virus yang masuk kedalam tubuh. Warna urine sehat apabila berwarna agank bening , namun saat warna urin menjadi merah atau kecilkatan berarti urine tersebut telah tercampur dengan darah.

3. Bawaan Lahir atau Genetik

Faktor ini merupakan faktor pertama setiap kondisi penyakit , khususnya pada infeksi ginjal kiri. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit infeksi ginjal kiri maka akan meningkatkan resiko terkena penyakit ginjal ini. Faktor genetik tidak dapat ita cegah , namun kita dapat memperlambatnya dengan membiasakan pola hidup sehat dan teratur. Makanan baik untuk penderita ginjal juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

4. Sumbatan pada Saluran Kemih

Terdapat beberapa kondisi yang membuat saluran kemih tersumbat ,hal ini biasa disebut dengan obstruksi saluran kemih. Apabila saluran kemih ini terus mengalami penyumbatan maka akan membuat ginjal mengalami infeksi. Penyebab ini pun bisa mengakibatkan infeksi baik pada infeksi ginjal kiri maupun infeksi ginjal kanan.

5. Anatomi pada Wanita

Memang paling sering kasus infeksi ginjal ditemukan pada wanita.Karena struktur anatomi tubuh wanita mempunyai struktur penempatan area vital berdekatan dengan anus secara langsung.Hal tersebut mengakibatkan bakteri mudah masuk melalui saluran kemih. Maka dari itu wanita sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan organ vitalnya demi meminimalisir mudahnya bakteri yang bahaya masuk ke dalam tubuh.

6. Sistem Imun Rendah

Sistem imun merupakan sistem perlindungan tubuh manusia dari adanya patogen luar yang masuk ke dalam tubuh.Patogen-patogen tersebut berupa virus maupun bakteri. Saat seseorang memiliki sistem imun yang kurang bagus maka akan membuat mereka mudah sekali terserang penyakitsala satunya yaitu penyakit infeksi ginjal yang menyerang sbelah kiri.

7. Adanya Infeksi Kelenjar Prostat

Seseorang yang sebelumnya terkena infeksi kelenjar prostat maka akan memilii resiko yang jauh lebih tinggi terkena infeksi ginjal kiri. Hal ini dapat terjadi karena infeksi kelenjar prostat sendiri dapat menyebarkan infeksi menuju ginjal.

Sponsors Link

Cara Penanganan dan Mengatasinya

Cara Memulihkan Fungsi Ginjal memiliki beberapa cara dari segi medis hingga non medis. Biasanya jika menggunakan dari segi cara non medis akan lebih ekonomis dibandingkan dengan cara medis. Namun meskipu demikian kedua cara tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan masingmasing. Berikut cara medis dan non medis mengatasi infeksi ginja yang dapat kita lakukan :

  • Menggunakan obat pereda nyeri , dapat digunakan untuk mereda rasa sakit seperti rasa sakit, nyeri dan demam akibat infeksi ini.
  • Antibiotik , digunakan untuk mengatasi bakteri ,antibiotik yang umum digunakan yaitu amoxicillin.
  • Mengkonsumsi air secara cukup,hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.
  • Istirahat yang cukup , juga bertujuan untuk mengistirahatkan organ-organ dalam agar tidak bekerja secara berlebihan.
  • Menjaga pola makan dan asupan makanan . ini merupakan pemulihan nutrisi dan perbaikan gizi untuk mempercept proseskeembuhan infeksi ginjal sendiri.

Infeksi ginjal kiri paa dasarnya sama dengan infeksi-infeksi ginjal lainnya.Apabila terkena infeksi ini maka sebaiknya segera konsultsikan dengan doter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan benar.

Sponsors Link
>
, , ,