Sponsors Link

Infeksi Ginjal dan Saluran Kemih – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Menjaga kesehatan tubuh memanglah sangat penting , selain itu juga kita perlu menjaga organ dalam tubuh kita seperti jantung, paru-paru, hati serta ginjal. Organ- organ tersebut memiliki peran yang sangat penting didalam tubuh kita.Apabila terjadi kerusukan maka akan mengakibatkan kesehatan tubuh menurun, selain itu sistem kerja organ bekerja tidak menjadi maksimal.

ads

Beberapa penyakit ginjal akan merugikan tubuh manusia seperti pada penyakit ginjal seperti kista ginjal kanan , kista ginjal polikistik, gagal ginjal dan uremia dan infeksi ginjal .Infksi ginjal merupakan salah satu kondisi penyakit ginjal, berikut mengenai penjelasan infeksi ginjal dan saluran kemih.

Infeksi Ginjal dan Saluran Kemih

Infeksi ginjal atau yang sering disebut dengan pielonefritis terjadi karena adanya perpindahan bakteri yang berasal dari kanddung kemih ke ginjal , kondisi tersebut dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman pada penderita. Infeksi ginjal ini merupakan komplikasi dari saluran kemih. Kondisi infeksi ginjal dan ingfeksi saluran kemih biasanya lebih beresiko tinggi menyerang wanita , karena letak dubur yang dekat dengan alat kelamin wanita menyebabkan bakteri mudah masuk kedalam  ginjal.

Infeksi saluran kemih pada wanita, infeksi saluran kemih pada anak keduanya pada dasarnya sama menyebabkan kesehatan penderita menurun. Fungsi injal sendiri antara lain menyering kotoran yang ada pada darah , meyeimbangkan cairan dalam tubuh , membantu proses metabolisme dalam tubuh, dan lain sebagainya.Apabila mengalami infeksi ginjal dan saluran kemih maka fungsi-fungsi tersebutakan terganggu.

Tanda dan Gejala

Saat seseorang terkena penyakit ini maka akan mengakibatkan tubuh berrspon atau bereaksi terhadap suatu penyakit. Respon dari tubuh tersebut biasa disebut dengan tanda dan gejala infeksi ginjal. tanda tanda infeksi saluran kemih dan gejala infeksi ginjal antara lain sebgai berikut :

  • Demam

Demam merupakan tanda yang umum saat tubuh sedsng terkena penyakit. Biasanya saat demam suhutubuh melebihi ambang batas normal.Untuk mengatasi demam ini kita dapat mengkonsumsi obat penurunun panas. Akan tetapi sesuai dengan anjuran dokter.

  • Mual dan Muntah

Mual dan muntah ini terjadi akibat dari keadaan lambung yang terasa penuh karena kelebihan cairan didalam lambung. Saat ginjal terjadi kerusakan maka fungsi ginjal sebagai penyaring darah dan penyeimbang cairan didalam tubuh akan terganggu.

  • Diare

Diare juga sering terjadi pada seseoran yang terkena infeksi ginjal. Karena bakteri-bakteri tersebut dapat membawa bakteri yang akan menyebabkan diare. Diare ini apabila tidak segera diatasi maka akan mengakibatkan tubuh kekurangan cairan , selain itu juga dapat membuat tubuh menjadi lemas tak berdaya.

Sponsors Link

  • Rasa Nyeri

Nyeri pada infeksi ginjal biasanya terjadi pada daerah selngkangan , punggung , dan lain sebagainya. Perasaan nyeri tersebut dapat menghambat seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Nyeri ini juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderita infeksi ginjal dan saluran kemih.

  • Bengkak

Salah satu tanda dan gejal penyakit infeksi ginjal dan saluran kemih yaitu adana pembengkakan.Pembengkakan yang terjadi biasanya terjadi pada area wajah , kaki dan anggota tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan fungsi ginjal sebagai penyaring darah dan cairan ang kotor terganggu , sehingga terjadi penumpukan didalam tubuh.

ads

Penyebab Infeksi Ginjal dan Saluran Kemih

Penyebab infeksi saluran kemih dan infeksi ginjal perlu kita kethui.Dimana setiappenyebab tersebut menentukan tingkat keparahan dan menentukan pengobatan yang sesuai dan benar. Berikut mengenai beberapa penyebabnya :

  • Genetik atau Bawaan Lahir

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan infeksi ginjal ini yaitu akibat dari keturunan atau memeng sudah bawan sat lahir. Tidak dapat dipungkiri bahwa keturunan dari keluarga tidak dapat kita cegah , yang dapat dilakukan yaitu dengan meminimalisir tanda dan gejala , serta menghambat infeksi in terjadi dengan cepat.

  • Pielonefritis

Ini merupakan kondisi ginjal yang dikarenakan akibat dari adanya bakteri yang ada diusus karena limbah di ginjal. Bakteri yang menyebabkan aitu bakteri Eschercia Coli. Bakteri ini masuk melalui uretra kemudian menuju ke kandung kemih. Selain itu penyebaran bakteri ini bisa dikarenakan saat buang air besar dn terdapat bakteri tersebut lalu masuk melalui saluran kencing. Selain itu bakteri ini juga dapat terjai karena hubungan seksual.

  • Obstruksi Saluran Kemih

Obstruksi saluran kemih atau yang biasa disebut dengan penyumbatan saluran kemih terjadi karena adanya batu ginjal yang menyebabkan jalursaluran kemih tersumbat. Kondisi tersebutdapat mengakibatkan sebuah infeksi pada ginjal. Hal tersebutdapat mengakibatkan ginjal dalam menyaring darah dan menjalankan fungsi lainnya akan terganggu.Maka dari itu hindari kekurangan cairan didalam tubuh.

  • Infeksi Kelenjar Prostat

Infeksi kelenjar prostat merupakan salah satu indikasi yang dapat menyebabkan seseorang terkena infeksi ginjal. Karena infeksi ini dapat menjalardan melebar ke gijal.Saatseseorang terkena infeksi ini maka segera mellakukan penanganan yang lebih lanju sesuai anjuran dokter agarinfeksi ini tidak menyebar.

  • Imunitas Menurun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh merupakan sistem yang melindungi tubuh dari patogen seperti bakteri, virus dan benda asing lainnya yang ingin masuk ke dalam tubuh. Saat sisem imun menurun maka akan meningkatkan resiko terkenanya bakteri atau virus khususnya bakteri yang menyebabkan infeksi ginjal. Maka untuk itu dianjurkan untuk selalu menjaga sistem imunitas didalam tubuh kita.

Cara Mengatasi Infeksi Ginjal dan Saluran Kemih

Cara mengobatai infeksi kandung kemih atai infeksi ginjal dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara medis dan secara non medis. Penanganan yang dilakukan juga tergantung dari tingkat keparahan infeksi ginjal dan salran kemih itu sendiri. Berikut babarapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi infeksi ginjal ini :

Sponsors Link

  • Pemberian Antibiotik

Pemberian antibiotik ini dilakukan dengan cara oral , biasanya atibiotik yang sering digunakan atau yang biasa dianjurkan oleh dokter adalah  ciprofloxacin atau juga bisa dengan amoxilin. Selain itu juga terdapat obat antibiotik khusus untuk wanita yang sedng hamil adalah cephalexin.

  • Pereda Nyeri

Tanda dan gejalasaat terkena infeksi ginjal adalah rasa nyeri  dan demam serta sakit, untuk mengatasi ini kita dapat memanfaatkan paracetamol, Sedangkan obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen , aspirin tidak disarankan karena dapat menyebabkan gangguan ginjal lebih lanjut.

Ginjalmerupakan organ yang berpengaruh besar pada tubuh manusia, maka dari itu alangkah baiknya kita tetap menjaga ginjal agar tetap seghat dan terhindar dari penyakit.

Sponsors Link
>
, , ,