Sponsors Link

Infeksi Ginjal Bisa Sembuh Total ? Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting bagi manusia. Dengan ginjal yang sehat maka sistem tubuh kita bisa berfungsi dengan baik dan tentunya bisa membuat kita beraktivitas dengan lancar dan normal. Oleh karena itulah kamu harus mengetahui banyak hal tentang ginjal, termasuk salah satunya adalah mengetahui informasi-informasi yang penting tentang penyakit ginjal supaya kamu bisa menghindarinya.

ads

Pada kesempatan sebelumnya kita sudah mempelajari banyak hal, mulai bagaimana melakukan penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, penyebab penyakit ginjal, beberapa ciri-ciri penyakit ginjal seperti gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria dan lain sebagainya. Dalam kesempatan kali ini akan kita bahas lebih dalam tentang salah satu penyakit ginjal.

Salah satu jenis penyakit ginjal yang cukup berbahaya adalah infeksi ginjal. Penyakit ini bisa menyebabkan berbagai macam masalah ginjal yang lain misalnya masalah ginjal bengkak, ginjal bocor, dan berbagai masalah ginjal yang lainnya. Oleh karena itu kamu pun harus memelajari penyakit yang satu ini dengan lebih giat. Dengan memelajari penyakit yang satu ini dengan baik, maka kamu bisa menghindari berbagai macam penyakit ginjal yang berbahaya yang disebabkan karena penyakit yang satu ini.

Dari mana kamu harus memulainya infeksi ginjal bisa sembuh total? Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang penyakit infeksi pada ginjal yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Penyebab Infeksi pada Ginjal

Hal pertama yang harus kamu ketahui tentang masalah infeksi pada ginjal adalah tentang mengapa infeksi pada ginjal itu sendiri bisa terjadi. Dengan mengetahui mengapa ginjal bisa mengalami infeksi inilah kamu baru bisa menghindari masalah-masalah yang bisa menyebabkan infeksi pada ginjal kesayanganmu. Tanpa mengetahui apa saja yang menyebabkan infeksi pada ginjal, tentu saja kamu akan kesulitan ketika harus berhadapan dengan penyakit infeksi pada ginjal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan infeksi pada ginjalmu.

1. Masuknya bakteri ke saluran uretra, seperti bakteri escherichia coli.

Hal pertama yang bisa menyebabkan ginjal mengalami infeksi adalah karena adanya bakteri, khususnya bakteri jahat, yang memasuki daerah metabolisme tubuhmu seperti misalnya masuk ke daerah uretra dan kemudian berjalan terus menuju daerah saluran kemih dan saluran kandung kemih. Hal ini biasanya sangat rawan terjadi pada perempuan karena letak kemaluan dengan anus sangat berdekatan. Oleh karena itu, jangan lupa selalu membersihkan badanmu setelah beraktivitas ya.

2. Konstipasi atau sembelit

Konstipasi atau sembelit juga bisa menyebabkan masalah infeksi pada ginjal, walaupun tidak jarang konstipasi atau sembelit bisa diselesaikan dengan mudah. Apabila kamu mengalami konstipasi, sebaiknya kamu segera mengobatinya supaya tidak terjadi masalah lain yang lebih parah.

3. Protatitis, atau infeksi pada kelenjar prostat

Penyebab infeksi pada ginjal berikutnya adalah karena adanya infeksi pada kelenjar prostat. Infeksi pada kelenjar prostat ini tentu saja hanya bisa terjadi pada laki-laki saja. Oleh karena itulah, bagi laki-laki khususnya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan prostat dan saluran kandung kemihmu pada umumnya.

Sponsors Link

4. Kerusakan saraf di sekitar kandung kemih

Masalah yang bisa menyebabkan infeksi pada ginjal berikutnya adalah karena adanya kerusakan saraf di sekitar kandung kemih, yang sangat rentan menyebabkan terjadinya masalah infeksi pada ginjal. Masalah ini kemungkinan besar termasuk salah satu di antara beberapa masalah yang bisa menyebabkan munculnya penyakit infeksi pada ginjal. Oleh karena itu kamu harus senantiasa menjaga kesehatan kandung kemih dari hal-hal yang tidak-tidak.

5. Sistitis (infeksi saluran kemih)

Penyebab berikutnya adalah terjadinya sistitis atau infeksi pada saluran kemih, yang sangat besar berpeluang untuk menular dan menggerogoti sistem ginjal yang kamu miliki. Oleh karena itulah selalu jagalah kesehatan saluran kemih yang kamu miliki ya.

6. Kelainan pada sistem urin

penyebab infeksi pada ginjal juga bisa disebabkan karena terjadinya kelainan pada sistem urine yang kamu miliki. Kelainan ini bisa bersumber karena penyakit tertentu ataupun karena masalah sejak lahir. Apabila kamu memiliki masalah pada saluran kencingmu, jangan lupa untuk segera menyembuhkannya supaya tidak membuat ginjalmu bermasalah ya.

ads

7. Diabetes

Diabetes juga bisa menjadi penyebab infeksi pada ginjal. Selain itu penyakit yang satu ini juga bisa menyebabkan berbagai masalah yang lain seperti misalnya masalah gagal ginjal dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, sebaiknya kamu memulai menjaga diri dari sekarang supaya kamu bisa mencegah munculnya diabetes ataupun penyakit berbahaya yang lain.

Ciri-ciri dan Gejala Infeksi Ginjal

Apakah infeksi ginjal bisa sembuh total ? Selain masalah penyebabnya, tentu saja kamu juga perlu mengetahui apa saja ciri-ciri atau gejala infeksi pada ginjal supaya kamu bisa mengantisipasi penyakit ini lebih awal sehingga juga bisa ditangani dengan cepat. Jadi apa saja ciri-ciri bahwa ginjalmu sedang terkena infeksi tersebut? Berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya.

1. Adanya darah dalam urine

Salah satu ciri-ciri infeksi pada ginjal adalah adanya darah pada urine. Hal tersebut terjadi karena adanya luka pada sebagian dinding ginjal yang kamu miliki. Luka yang muncul pada ginjal tersebut bisa disebabkan karena bakteri yang menggerogoti sel ginjal atau karena mungkin adanya zat asing yang melukai ginjal. Akibat luka tersebut, darah dapat mengalir ke dalam ginjal sehingga akan mengakibatkan terjadinya campuran darah dengan urine yang diproduksi di dalam ginjal. Sehingga ketika kamu kencing, maka urinemu akan bercampur dengan darah.

2. Adanya nanah dalam urine

Seperti yang telah kita sebutkan di atas, infeksi pada ginjal bisa menyebabkan sebagian dinding ginjal terluka. Selain mengakibatkan tercampurnya darah dengan urine, peristiwa tersebut juga bisa mengakibatkan munculnya nanah yang akan bercampur dengan urine. Selayaknya darah, nanah yang terdapat pada ginjal tersebut juga akan terbawa dan ikut bercampur dengan urine yang diproduksi di dalam ginjal anda dan menuju kandung kemih.

3. Munculnya rasa sakit di sekitar samping perut

Infeksi pada ginjal akan menyebabkan munculnya rasa sakit di tubuh bagian luar. Rasa sakit yang luar biasa ini bisa terjadi pada bagian tubuh yang dekat dengan lokasi ginjal. Salah satu bagian tubuh yang mungkin merasakan masalah ini adalah pada perut bagian samping. Infeksi pada ginjal akan rasa sakit semacam nyeri yang berkelanjutan pada perut samping yang pastinya akan mengganggu aktivitas kita.

4. Rasa sakit di sekitar punggung

Infeksi pada ginjal juga bisa jadi akan menyebabkan rasa pada bagian punggung. Rasa nyeri pada punggung ini, sebagaimana rasa nyeri pada samping perut juga akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Akan tetapi, untuk mengatasi rasa nyeri yang muncul sebaiknya tidak dilakukan dengan cara meminum obat pereda nyeri yang tidak ramah bagi ginjal karena hal itu justru akan membuat ginjal sehingga infeksi yang terjadi bisa jadi malah akan kian parah.

5. Demam atau menggigil

Selain masalah-masalah di atas, demam atau menggigil juga bisa terjadi pada tubuhmu ketika kamu sedang menderita infeksi pada ginjal. Hal ini wajar mengingat demam adalah salah satu bentuk tanda bagi tubuh untuk beristirahat karena sistem imun tubuh sedang bekerja untuk mengatasi infeksi yang terjadi di dalam ginjal.

Selain lima ciri-ciri di atas, gejala di bawah ini juga mungkin akan terjadi apabila kamu mengalami infeksi pada ginjal.

  • Mual dan muntah
  • Rasa lelah berlebihan
  • Diare
  • Selera makan hilang
  • Rasa nyeri saat buang air kecil
  • Lebih sering buang air kecil
  • Warna urine lebih gelap
  • Urine berbau tidak sedap
  • Tidak bisa mengeluarkan urine
  • Penurunan nafsu makan
  • Nyeri perut
  • Urine berbusa
  • Kulit berair
  • Penurunan berat badan
  • Mengalami delirium

Itulah beberapa ciri-ciri ketika kamu terkena infeksi pada ginjal.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Infeksi pada Ginjal

Infeksi ginjal bisa sembuh total Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah infeksi pada ginjal ini? Ada beberapa hal yang biasanya dilakukan untuk mengatasi infeksi pada ginjal. Beberapa cara untuk mengatasi infeksi pada ginjal tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Terapi antibiotik

Salah satu cara yang cukup sering dilakukan untuk mengatasi infeksi pada ginjal adalah terapi antibiotik. Terapi ini perlu dan harus dilakukan sebagai salah satu cara untuk membantu membunuh bakteri yang membuat infeksi pada ginjal. Terapi antibiotik harus dilakukan dengan bimbingan dokter yang terpercaya karena tidak semua antibiotik cocok untuk digunakan.

Selain itu kamu juga harus melakukan terapi ini setelah dokter memutuskan untuk melakukannya. Hal ini disebabkan karena terapi antibiotik yang tidak efektif atau tidak berkhasiat secara ampuh untuk membunuh bakteri bisa membuat bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik yang diberikan. Sehingga yang terjadi malah sebaliknya, yaitu kamu tidak dapat menyembuhkan infeksi pada ginjal, justru dapat membuatnya lebih parah.

Beberapa antibiotik yang umumnya dipakai antara lain:

  • * Cotrimoxazole
  • * Levofloxacin
  • * Ciprofloxacin
  • * Ampicillin

2. Penggunaan analgesik ramah ginjal

Analgesik atau obat pereda nyeri kadang kala bisa digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit yang ditimbulkan akibat infeksi pada ginjal. Walaupun tidak menyembuhkan infeksi pada ginjal secara langsung, penggunaan analgesik yang ramah ginjal bisa membantu mu untuk beraktivitas atau beristirahat dengan lebih nyaman.

3. Operasi

Mendengar kata ini mungkin sebagian orang akan sangat terkejut dan takut. Operasi memang merupakan pilihan terakhir yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan ginjal dari infeksi yang menyerangnya. Apabila infeksi ginjal yang kamu derita sangat parah dan membahayakan kehidupan mu, maka operasi untuk mengeluarkan bagian ginjal atau bakteri yang menginfeksi ginjal mu tidak pelak lagi sangat diperlukan.

4. Mengonsumsi kunyit

Kunyit adalah salah satu obat herbal yang mengandung kurkumin, senyawa polifenol yang sangat ampuh sebagai antiobiotik alami. Kurkumin juga merupakan zat anti jamur dan anti-inflamasi, yang bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri dan jamur yang berbahaya bagi tubuh. Dengan mengonsumsi kunyit (dengan cara direbus atau diseduh) kamu bisa menggunakannya untuk mengatasi infeksi ginjal secara bertahap. Jangan lupa menghindari makanan penyebab sakit ginjal dan memakan makanan yang baik untuk ginjal agar khasiat kunyit lebih optimal.

5. Mengonsumsi jahe

Jahe adalah salah satu obat herbal juga yang mengandung gingerol. Gingerol adalah suatu senyawa antibiotik alami yang bisa mencegah dan menghentikan pertumbuhan dan perkembangan bakteri jahat yang merusak ginjal.

Itulah beberapa hal tentang infeksi ginjal yang bisa kita pelajari dalam artikel kali ini. Semoga kamu bisa merawat ginjalmu dengan baik ya. Jangan lupa untuk membaca artikel yang lain dan selamat merawat ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,