Sponsors Link

Infeksi Ginjal – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang perlu diperhatikan, karena penyakit ginjal ini beresiko terkena penyakit lainnya yang lebih serius. Karena ginjal merupakan salah satu orhan yang sangat penting yang mempunyai banyak fungsi terutama pada proses metabolisme tubuh manusia.

ads

Jenis penyakit ginjal juga bermacam-macam antara lain gagal ginjal, gagal ginjal kronik, batu ginjal dan yang terakhir yaitu infeksi.Biasanya kondisi-kondisi tersebut disebabkan karena kondisi atau fungsi ginjal yang semakin menurun.

Penyebab Infeksi Ginjal

Gejala awal penyakit ginjal memang harus diketahui karena untuk mengetahui jenis penyakit ginjal seperti batu ginjal. Infeksi saluran kemih merupakan inflamasi urotelium terhadap masuknya mikroorganisme patogen ke dalam saluran kemih , hal ini biasanya ditandai denga satu atau lebih gejala.

Gejala tersebut antaralain yaimam, urgensi, polakisuria, perasaan panas dan nyeri pada daerah suprapubik. Gejala atau tanda-tanda tersebut akan lebih diperkuat dam dilihat dari kultur urine yang positif. Selain itu infeksi saluran kemih dibagi menjadi dua yaitu infeksi saluran kemih bagian bawah dan infeksi saluran kemih bagian atas. Penyebab Infeksi saluran kemih adalah karena adanya virus, bakteri dan parasit.

Salah satu penyebab penyakit ginjal dan penyebab infeksi saluran kemih yaitu karena adanya bakteri, bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih pun juga berbeda-beda antara lain:

1. Bakteri Proteus sp.

Bakteri Proteus ini mempunyi ciri-ciri antara lain bentung seperti batang pendek, idak berspora, dan bergerak dengan flagel peritrik. Bakteri ini menyebabkan infeksi pada manusia apabila bakteri tersebut meniggalkansaluran cerna. Jenis spesies bateri Proteus sp ini yang menyebabkan infeksi ginjal atau infeksi saluran kemih adalah Proteus mirabilis.

Spesies ini akan menyebabkan memproduksi urease dengan membebaskan amonia, membuat urine menjadi alkali dan mengakibatkan endapan kalsium fosfat dan tripel kalsium, magnesium, dan ammonium fosfat. Sehingga akan membuat saluran pada kemih menjadi infeksi dan akan mengakibatkan rasa tidak nyaman, sakit dan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tanda-tanda batu ginjal pun juga dapat disebabkan adanya infeksi.

2. Bakteri Pseudomonas sp.

Ciri ciri penyakit ginjal stadium awal biasanya juga adanya beberapa gejala-gejala. Bakteri pseudomonas sp ini biasanya hidup pada tanah, air, tanaman dan binatang. Selain itu bakteri ini bergerak dengan flagel polar, satu atau lebih. Jenis bakteri ini yang mengakibatkan infeksi ginjal adalah Pseudomonas aeruginosa bersifat invastif dan toksigenik, bakteri tersebut menyebabkan infeksi pada klien dengan penurunan daya tahan tubuh. Apabila daya tahan tubuh kita meurun maka akan mudah sekali bakteri ini masuk ke dalam tubuh. Selain kemasukan bakteri ini juga akan mudah sekali untuk ketularan penyakit menular lainnya.

Sponsors Link

3. Bakteri Escherichia coli

Penyebab sakit ginjal dan obatnya juga tergantung seberapa parah penyakit ginjal itu sendiri. Bateri eschericia coli ini biasanya ditemukan di dalam olon manusia. Bakteri ini mempunyai ciri-ciri berbentuk batang pendek. Bakteri ini memiliki gerak positif dan mempunyai kapsul. Bakteri ini juga merupakan mikroorganisme yang diisolasi dari urin pasien infeksi saluran kemih yang diduga mempunyai patogenesitas khusus dengan faktor virulensi.

4. Klebsiella sp

Bakteri ini merupakan bakteri enterik ,dan memiliki ciri-ciri yang khusus. Ciri-cirinya adalah berbentuk pendek, dan tidak memiliki spora, selain itu tidak bergerak,mempunyai kapsul polisakarida yang besar. Biasanya bakteri ini ditemukan saat melalui polisakarida ekstraseluler , biasanya spesies ini nantinya akan membentuk sebuah batu dan biasanya sangat sering didapatkan pada pasien dengan batu saluran kemih. Pantangan makanan penyakit ginjal bengkak juga harus dihindai untuk meminimalisir infeksi ginjal semakin parah.

ads

5. Bakteri Enterobacteriaceae

Cara mengobati gagal ginjal secara medis tergantung kondisi penyabab penyakit ginjalnya. Bakteri ini merupakan bakteri famili yang hidup diusus besar manusia, hewan,tanah, air dan juga ditemukan di beberapa matterial. Bakteri ini juga bersifat enterik , biasanya menyebar sebagai kuman-kuman pada area rumah. Apabila masuk kedalam tubuh maka akan mengakibatkan beberapa penyakit pada tiap jaringan tubuh manusia. Bakteri ini pun dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Selain pada ginjal ternyata bakteri ini juga dapat menyebabakan infeksi pada luka dan beberapa kondisi yang lainnya.

6. Bakteri Serratia marcescens

Tanda-tanda gginjal mulai rusak perlu kita ketahui,karena hal terseebut digubakan untuk mengetahui ada tidaknya bakteri. Bakteri ini juga merupakan penyebab infeksi ginjal, yang berbentuk batang dan bersifat motilkarena mempunyai flagella peritrik, serta sifat menurut kebutuhan oksigennya yaitu fluktuatif anaerob. Bakteri ini dapat hidup di air, tanah, tanaman serta pada flora normal di usus manusia.

Untuk mencegah bakteri ini masuk kedalam tubuh kita dapat meningkatkan kualitas sistem imun kita di dalam tubuh. Usahakan untuk hidup sehat denga mengkonsumsi makanan teratur, serta olahraga teratur dengan demikian sistem imun tubuh kita akan baik , sehingga kita terbebas dari virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

7.  Glomerulonefritis

Penyebab infeksi ginjal sangat banyak contohnya saja glomerulonefritis. Glomerulonefritis ini dapat menyebabkan infeksi yang di tandai organ glomeruli atau penyaring yang ada pada ginjal mengalami kerusakan sehingga ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal seperti saat sehat. Penyakit ini juga akan mengakibatkan urin bercampur dengan darah sehingga mengalami kencing berdarah dan membuat penderitanya mengalami kesakitan , sehingg apabila kondisinya semakin buruk maka akan menebabkan infeksi pada ginjal.

8. Anatomi Tubuh pada Wanita

Wanita beresiko tinggi untuk terkena beberapa penyakit ginjal salah satunya yaitu infeksi pada ginjal. Hal ini kaena wanita memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan laki-laki, karena saluran kencing pada wanita lebih dekat dengan urine sehingga bakteri mudah sekali untuk masuk melalui saluran kencing, apabila terdapat bakteri yang menyebabkan infeksi maka bakteri tersebut akan cepat menyebar ke dalam tubuh wanita. Cara menjaga ginjal agar tetap sehat yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dan olahraga teratur.

9. Penyumbatan Area Saluran Kemih

Penyebab gagal ginjal kronis juga dapat menyebabkan infeki pada ginjal. Salah satu penyebabnya yaitu terseumbatnya saluran kemih , hal ini akan menghambat urine untuk keluar dan akan mengakibatkan berbagai masalah dari gagal ginjal,batu ginjal hingga infeksi. Untuk mencegah penyumbatan saluran kemih ini dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat dan teratur.

10. Anal Seks (Berciuman)

Anal seks atau berciuman akan memiliki resiko penyakit menular contohnya saja penyakit yang diseabkan oleh bakteri atau virus. Infeksi disebabkan oleh beberapa bakteri , dan bakteri tersebut dapat ditularkan dari penderita melalui hubungan anal seks. Maka seseorang yang melakukan anal seks ini akan lebih beresiko tinggi terkena infeksi. Cara merawat ginjal yaitu dengan hidup sehat dan mengkonsumsi makanan sehat.

Sponsors Link

11. Bawaan Lahir

Penyebab gagal ginjal akut dan infeksi ginjal juga karena faktor dari lahir. Dapat menyerang usia berapapun dari bayi hingga dewasa. Biasanya terdapat beberapa bayi yang sejak lahir memiliki kondisi-kondisi tertentu. Hal tersebut mungkin dikarenakan anatomi yang tidak normala atau mendapat penyakit bawaan.

12. Sistem Imun Lemah

Faktor penyebab gagal ginjal perlu kita ketahui.Sistem imun merupakan salah satu kunci seseorang memiliki kesehatan, apabila kita mempunyai sistem imun yang baik maka kita akan terhindar dari beberapa penyakit. Untuk mendapatkan kekebalan seistem imun maka kita harus menerapkan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat serta olahraga teratur.

Penyebab infeksi sangat penting untuk kita ketahui, karna apabila kita mengetauinya maka kita akan tahu langkah pengobatan yang tepat. Selain itu apabila kita terdignosa infeksi, maka lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter.

Sponsors Link
>
, ,