Sponsors Link

IgA Nefropati – Gejala – Penyebab – Diagnosis dan Pengobatan

Sponsors Link

IgA nefropati atau penyakit berger merupakan salah satu dari macam macam penyakit ginjal seperti nefropati diabetik akibat menumpuknya IgA pada ginjal yang kemudian menimbulkan peradangan sehingga akan merusak organ ginjal. IgA merupakan antibodi berbentuk protein yang dibuat sistem imun untuk melindungi tubuh dari berbagai zat asing seperti virus atau bakteri. Sedangkan untuk penderita IgA nefropati nantinya akan ditangani nefrolog yakni dokter spesialis penyakit ginjal.

ads

Apakah IgA nefropati?

IgA nefropati merupakan penyakit ginjal yang biasa terjadi selain ciri ciri penyakit ginjal karena tekanan darah tinggi atau diabetes. IgA nefropati ini bisa terjadi di segala usia, namun untuk gejala pertama umumnya baru akan terlihat ketika usia remaja sekitar akhir 30 tahunan. Meski penyakit ini bisa terjadi pada siapapun, akan tetapi orang Asia serta ras Kauskasia biasanya lebih rentan terkena IgA nefropati.

Gejala IgA nefropati

Ada beberapa tanda dan gejala penyakit IgA nefropati atau penyakit berger yang sebenarnya mudah dikenali penderita. Beberapa diantaranya adalah:

  • Terasa sakit di area punggung samping, bawah tulang rusuk.
  • Air kencing berwarna agar kecoklatan yang terjadi karena urine sudah bercampur dengan darah.
  • Terkadang juga terlihat darah yang jelas pada urine atau urine berwarna merah.
  • Pembengkakan atau edema di area tangan dan juga kaki.
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Penyebab IgA nefropati

Ginjal merupakan dua buah organ dengan bentuk seperti kacang marah berukuran sekepalan tangan yang terletak di kiri dan kanan punggung. Masing masing ginjal mempunyai pembuluh darah bernama glomeruli yang bertugas untuk menyaring kotoran, cairan berlebih dan juga zat lain dari dalam darah ketika mengalir melewati bagian organ ginjal. Darah yang sudah disaring kemudian akan masuk kembali ke aliran darah, sedangkan kotoran hasil dari saringan akan dibawa menuju kandung kemih yang kemudian akan dikeluarkan bersama urine.

Immuniglobulin A atau IgA merupakan antibodi dalam sistem imun tubuh yang dalam kondisi normal berguna untuk menyerang patogen masuk sekaligus melawan infeksi. Tetapi jika seseorang menderita IgA nefropati, maka antibodi akan menumpuk di glomeruli yang kemudian menyebabkan peradangan bernama glomerulonefritis dan semakin lama akan menghambat fungsi ginjal dalam menyaring kotoran.

Para ahli juga tidak mengetahui penyebab pasti dari menumpuknya IgA pada ginjal. Akan tetapi beberapa faktor dianggap berkaitan dengan terjadinya IgA nefropati, seperti:

  • Infeksi seperti HIV dan infeksi bakteri.
  • Genetik dimana IgA nefropati biasanya terjadi dalam keluarga ras tertentu.
  • Penyakit hati atau liver seperti hepatitis B, hepatitis C dan sirosis.
  • Penyakit celiac yakni gangguan pencernaan yang terjadi karena mengkonsumsi gluten.
  • Dermatitis herpetiformis yakni bintil gatal akibat intoleransi gluten.

Diagnosis IgA nefropati

Tes darah dan juga tes urine penyakit ginjal tidak bisa digunakan sebagai pedoman untuk diagnosis IgA nefropati sehingga biopsi ginjal harus dilakukan. Biopsi ginjal merupakan prosedur pengambilan sebagian kecil jaringan ginjal yang kemudian akan diteliti memakai mikroskop. Pasien nantinya akan diberi obat bius selama prosedur sehingga tidak akan merasakan sakit.

Biopsi menjadi satu satunya cara untuk melihat penumpukan IgA pada glomeruli sekaligus untuk memperlihatkan seberapa kronis kerusakan ginjal yang terjadi. Hasil dari biopsi tersebut nantinya bisa membantu dokter untuk menentukan pengobatan terbaik. 

Sponsors Link

Pengobatan IgA nefropati

Bahaya dari IgA nefropati adalah merupakan jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan hasilnya juga tidak bisa diprediksi. Untuk beberapa pasien bisa mengalami remisi total dan beberapa diantaranya masih bisa hidup dengan normal namun dengan kadar protein atau darah rendah pada urin seperti hematuria atau proteinuria.

Pengobatan hanya bisa membantu untuk memperlambat dan mengatasi gejala seperti protein dalam urin atau proteinuria, tekanan darah tinggi serta pembengkakan pada tangan dan kaki. Untuk beberapa jenis obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit Berger ini diantaranya adalah:

  1. Obat Darah Tinggi

Komplikasi utama dari IgA nefropati merupakan tekanan darah tinggi sehingga obat tekanan darah tinggi bisa digunakan untuk mengatasi hipertensi dan juga mengurangi jumlah protein dalam urin. 

Sponsors Link

  1. Asam lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 umumnya bisa ditemukan dalam minyak ikan yang bisa digunakan untuk mengurangi peradangan pada glomeruli namun ketika akan dikonsumsi harus dikonsultasikan dengan dokter.

  1. Obat Obatan Kortikosteroid

Beberapa jenis obat obatan kortikosteroid seperti prednisone dan obat penekan respon imun bisa digunakan untuk melindungi organ ginjal. Akan tetapi obat ini bisa menyebabkan efek samping seperti gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi.

Sponsors Link
>
, , ,