Sponsors Link

Hubungan Kolesterol Dengan Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Kolesterol sebenarnya merupakan sebuah zat yang dibutuhkan manusia. Namun jika kadarnya terlalu berlebihan, maka bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang berbahaya seperti tanda tanda ginjal rusak. Kolesterol yang berlebihan yakni diatas 240 mg/dL sudah harus diwaspadai karena sudah bisa disebut dengan kolesterol tinggi. Sedangkan untuk ukuran kadar kolesterol normal adalah kurang dari 200 mg/dL sehingga organ tubuh nantinya bisa tetap berfungsi dengan normal.

ads

Kadar kolesterol yang tinggi bisa disebabkan karena pola makan yang tidak baik seperti jeroan, gorengan dan kuning telur yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu masalah yang bisa terjadi saat kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi adalah penyakit ginjal. Lalu, apa saja sebenarnya hubungan antara kolesterol dengan berbagai penyakit ginjal dan kesehatan organ ginjal?, berikut ulasan dari kami selengkapnya.

Fungsi Organ Ginjal

Ginjal merupakan organ dalam tubuh yang mempunyai tugas sangat penting seperti mendukung kinerja jantung, membuang racun dalam tubuh dan masih banyak lagi. Untuk itulah, menjaga kesehatan organ ginjal menjadi hal penting yang harus dilakukan agar tidak menyebabkan macam macam penyakit ginjal. Kolesterol tinggi sebaiknya jangan disepelekan karena jika jumlahnya sudah terlalu tinggi, maka bisa menyebabkan begitu banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh.

Saat jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, maka nantinya akan menumpuk pada dinding arteri yang kemudian mengakibatkan penyempitan pembuluh darah sehingga menimbulkan beberapa penyakit seperti serangan jantung, aterosklerosis, stroke dan juga menurunkan fungsi ginjal.

Ginjal sendiri merupakan sepasang organ yakni ginjal kiri dan ginjal kanan yang mengandung sekitar 1 juta nefron dimana nefron sendiri merupakan saringan darah untuk menjaga kesehatan tubuh dan seluruh organ penting dalam tubuh lainnya. Beberapa fungsi penting dari organ ginjal diantaranya adalah mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, membuang racun, mengatur sel darah merah, menyaring darah, menjaga konsentrasi mineral, mengatur keseimbangan asam basa dan lain sebagainya.

Hubungan Kolesterol Dengan Ginjal

Gagal ginjal yang merupakan salah satu masalah pada organ ginjal bisa terjadi karena terganggunya metabolisme lemak, protein dan juga karbohidrat sehingga ginjal tidak bisa menampung jumlah protein darah terlalu berlebihan dan mulai menyebabkan ciri ciri ginjal rusak. Lemak yang semakin menumpuk tersebut nantinya bisa menyebabkan protein beracun akan terpecah dan menyebar dalam tubuh.

Semakin banyak obat penurun kadar kolesterol yang dikonsumsi, nantinya juga bisa mempengaruhi kinerja organ ginjal sebab secara otomatis nantinya ginjal akan menyaring segala bahan yang terkandung dalam obat penurun kolesterol tersebut. Saat kadar kolesterol terlalu berlebihan, maka nantinya bisa membuat zat mengeras terbentuk di organ ginjal yang kemudian akan mengkristal dan menyumbat saluran empedu kemudian menyebabkan peradangan pada kandung empedu yang bisa dideteksi lewat CT scan dan juga rontgen. Inilah yang menyebabkan hubungan kolesterol dengan ginjal saling berkaitan erat sebab semakin banyaknya kadar kolesterol dalam tubuh, maka nantinya juga akan menyebabkan pengerasan zat pada organ ginjal pemicu batu ginjal.

Sponsors Link

Agar bisa terhindar dari masalah tersebut, maka sebaiknya jaga kadar kolesterol dalam tubuh anda untuk meminimalisir terjadinya komplikasi karena kolesterol seperti batu ginjal dan gagal ginjal kronis. Beberapa cara menurunkan kadar kolesterol sebenarnya bisa sangat mudah dilakukan yakni dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti oat, alpukat, teh hijau dan beberapa makanan baik lainnya yang sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan cepat. Selain itu, pastikan juga anda mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayur agar kadar kolesterol dalam tubuh bisa diturunkan sekaligus rutin berolahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Demikian ulasan dari kami tentang hubungan kolesterol dengan ginjal yang patut diwaspadai karena menjadi salah satu penyebab mengapa batu ginjal bisa terjadi dan dialami seseorang. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda seputar organ ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup