Sponsors Link

Apakah Hubungan Intim Penderita Gagal Ginjal Masih Bisa Dilakukan?

Sponsors Link

Banyak pasangan suami istri yang merasakan jika hubungan seksual mereka jadi terganggu akibat salah satu pasangan mengalami beberapa penyakit kronis tertentu. Terkadang, memang penyakit kronis yang dialami dan juga pengobatannya bisa menurunkan gairah seksual seseorang. Namun, ini tidak berarti anda benar benar tidak bisa berhubungan intim sama sekali. Lalu, apakah hubungan intim penderita gagal ginjal kronis juga nantinya bisa mengalami gangguan seperti penyakit kronis lain?.

ads

Penurunan Gairah Karena Gagal Ginjal Kronis

Ciri ciri penyakit ginjal khususnya gagal ginjal kronis mungkin saja bisa menurunkan gairah ketika berhubungan khususnya dalam masa awal gejala terjadi. Ini disebabkan karena hampir seluruh energi dalam tubuh sudah terpusat pada penyakit sehingga semangat juga ikut menurun untuk melakukan aktivitas lainnya seperti salah satunya hubungan intim.

Sesudah menerima diagnosis gagal ginjal, maka emosi juga jadi bercampur aduk dan bergejolak dengan tidak menentu. Khawatir, cemas, takut dan juga stres menjadi satu sehingga perubahan emosi tersebut tidak menutup kemungkinan juga membuat hubungan intim penderita gagal ginjal bisa terjadi. Namun dengan berjalannya waktu dan juga perbaikan kondisi dengan memakai pengobatan, maka gairah tersebut nantinya bisa kembali seperti semula.

Sebetulnya, penderita gangguan ginjal yakni gagal ginjal bisa melakukan beberapa cara agar tubuhnya bisa tetap dalam keadaan prima sekaligus bergairah selama melakukan pengobatan gagal ginjal. Beberapa pengobatan tersebut diantaranya adalah;

  • Hindari beberapa kebiasaan buruk seperti tidur kurang, minum minuman yang mengandung alkohol dan merokok.
  • Lakukan pola makan sehat dan sesuaikan juga dengan diet yang disarankan tim medis.
  • Konsumsi obat sesuai dengan dosis dan anjuran.
  • Lakukan jenis olahraga penderita ginjal kronis dengan teratur supaya otot tetap kuat dan terlatih.
  • Turunkan berat badan anda jika memang dianjurkan.

Hubungan Intim Dengan Pasien Gagal Ginjal

Gagal ginjal kronis merupakan tahap akhir dari gangguan bagian organ ginjal yang umumnya harus diatasi dengan macam macam cuci darah atau transplantasi ginjal. Melakukan pengobatan bolak balik ke rumah sakit dan terkadang bisa hingga menginap untuk pengobatan kemungkinan bisa mengurangi waktu berkualitas bersama dengan pasangan. Selain itu karena pengobatan, banyak penderita gagal ginjal kronis yang tidak mau berhubungan seperti dulu karena takut jika kondisi kesehatan mereka bisa berpengaruh karena hubungan intim penderita gagal ginjal tersebut.

Sebetulnya, hubungan seksual masih bisa dilakukan penderita gagal ginjal dan semuanya tergantung dari kondisi tubuh penderita. Apabila seseorang baru saja menjalani operasi transplantasi ginjal, maka bisa menunggu sampai luka pulih betul dan baru bisa berhubungan dengan pasangan tanpa harus merasa khawatir dengan jahitan. 

Sponsors Link

Pastikan juga anda berkonsultasi dengan dokter lebih dulu tentang keamanan dan apa saja yang harus dilakukan sebelum berhubungan dengan pasangan. Selain itu, beberapa tekanan pada tubuh terlalu berlebihan ketika berhubungan sebaiknya dihindari dan jangan melakukan posisi yang terlalu banyak menekan tubuh khususnya bagian perut.

Apakah Bisa Punya Anak Ketika Gagal Ginjal?

Sebenarnya gagal ginjal tidak secara langsung bisa berpengaruh pada kesuburan seseorang sehingga peluang penderita ginjal rusak untuk bisa hamil juga masih cukup besar. Akan tetapi untuk wanita yang memiliki gagal ginjal kronis memiliki risiko lebih tinggi dengan beberapa komplikasi masa kehamilan. Untuk itu jika anda memang merencanakan untuk hamil sesudah menjalani pengobatan gagal ginjal, maka pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari beberapa risiko komplikasi yang mungkin terjadi selama masa kehamilan anda. 

Sponsors Link

Hubungan intim penderita gagal ginjal dengan pasangan mereka sebenarnya masih bisa dilakukan namun memang harus memperhatikan beberapa kondisi seperti yang sudah kami jelaskan diatas sekaligus melakukan cara cara menjaga stamina tubuh sesudah pengobatan. Bahkan kesempatan untuk bisa hamil dan memiliki anak bagi penderita gagal ginjal wanita juga tetap tinggi dengan memperhatikan beberapa hal agar komplikasi selama masa kehamilan risikonya bisa lebih diperkecil. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda khususnya jika memiliki pasangan yang kebetulan mengidap tanda tanda ginjal rusak seperti gagal ginjal tersebut.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup