Sponsors Link

Hubungan Ginjal Dengan Osteoporosis yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Penyakit gagal ginjal adalah suatu kelainan yang terjadi ketika ginjal menjadi disfungsi dan tidak bisa lagi meyaring sisa-sisa makanan dan menyaring cairan. Saat kondisi seperti ini terjadi maka cairan yang berbahaya dan kadar racun akan mulai menumpuk dan akhirnya bisa menjadi suatu penyebab yang bisa menyebabkan kerusakan fatal bagi tubuh.

ads

Dimana ginjal rusak akan menyebabkan adanya kehilangan kemampuan dalam penyaringan racun, maupun dalam membersihkan sisa-sisa makanan yang nantinya akan di kirimkan ke usus yang akhirnya akan di sekresi di urin. Hingga penderita akan dinyatakan terkena gagal ginjal jika penurunan fungsi berlanjut dan mengalami perburukan.

Hubungan Ginjal dengan Osteoporosis

Fosfor dan kalsium merupakan zat yang harus berada di dalam tubuh dalam keadaan yang seimbang. Sementara penderita gagal ginjal kandungan dari fosfor akan mengalami peningkatan, karena ginjal tidak lagi bisa mengelola dan mengatur kandungan fosfor tersebut. Jika penigkatan fosfor di dalam tubuh kian berlanjut, maka tubuh akan mengantisipasi dengan adanya peningkatan hormon PTH atau parathyroid hormone. PHT akan bekerja mengambil kalsium yang berada di dalam tulang untuk mengatasi lonjakan fosfor.

Inilah mengapa osteoporosis sangat rentan terjadi pada orang yang mengalami penyakit gagal ginjal, dan merupakan CKD-MBD atau chronic kidney disease-mineral dan bone disorder, atau merupakan sebuah gangguan mineral dan juga tulang pada penderita GGK atau gagal ginjal kronik. Kondisi tulang akan diperburuk karena adanya proses dialisis yang dialami pasien gagal ginjal. Berkurangnya hormon yang bekerja dalam mengatur penyerapan vitamin D dan kalsium yang di butuhkan tulah menjadi dampak dari penurunan fungsi ginjal.

Proses cairan yang hilang akibat adanya terapi dialisis pada pasien gagal ginjal juga akan memperburuk keadaan osteoporosis. Dimana kanslisum yang berada di dalam tulang akan terus di curi oleh tubuh. Komplikasi pada pasien ginjal akan sangat mungki terjadi ketika kondisi seperti ini terus berlanjut dan semakin menjadi buruk. Osteodistrofi merupakan komplikasi lanjutan yang parah pada gagal ginjal yang merupakan kondisi suatu kerapuhan tulang dampak lanjut.

Osteoporosis dan Penyebabnya

Setelah mengetahui hubungan ginjal dengan osteoporosis, maka berikut pembahasan singkat tentang jenis dari osteoporosis berikut ini :

  • Osteoporosis Senilis

Penyakit ini di sebabkan oleh usia yang menyebabkan adanya kekurangan dari zat kalsium yang kemungkinan juga terjadi akibat adanya ketidakseimbangan dari pembentukan tulang baru dengan penghancuran tulang yang lama. Jenis oteoporosis sinilis di artikan bahwa penyakit ini hanya akan terjadi pada orang berusia lanjut. Lebih sering menyerang wanita pada usia diantara 70 hingga diatas usia tersebut.

  • Osteoporosis Sekunder

Ini adalah jenis dari kerapuhan tulang yang di sebabkan oleh obat-obatan maupun oleh berbagai keadaan medis lainnya. Seperti misalnya hubungan ginjal dengan osteoporosis, bahwa kerapuhan tulang bisa di akibatkan oleh adanya kondisi gagal ginjal dan juga kelainan hormonal seperti adrenal, paratiroid dan tiroid yang berlebihan. Sedangkan pasien yang perokok dan suka meminum alkohol juga akan memperburuk keadaan ini.

  • Osteoporosis Juvenil Idiopatik

Ini adalah jenis osteoporosis yang masih belum di kenali penyebab pastinya. Tidak di ketahui penyebab jelas sebab terjadinya kerapuhan tulang yang terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak yang terjangkit walaupun memiliki kadar hormon yang normal.

Sponsors Link

Sedangkan untuk faktor resiko dari adanya kerapuhan tulang atau osteoporosis adalah sebagai berikut :

  • Jenis kelamin

Biasanya wanita akan lebih sering terkena kerapuhan tulang dibandingkan dengan pria. Ini dikarenakan fungsi dari hormon estrogen yang akan mulai turun ketika mendekati masa menopause.

  • Usia

Wanita yang berumur 70-85 tahun akan 2 kali lebih rentan terkena serangan osteoporosis, begitu juga dengan pria yang mengalami penambahan usia. Semakin tua sesorang, maka kecendrungan akan mengalami osteoporosis semakin bertambah.

ads

  • Genetik

Jika ada salah satu dari keluarga anda memiliki riwayat osteo porosis maka akan ada kencendrungan untuk di turunkan kepada anggota keluarga yang lainnya.

  • Gaya Hidup

Mengkonsumsi minuman beralkohol dan berkafein akan membuat rapuhnya tulang makin cepat. Adanya konsumsi dari minuman bersoda dan daging merah juga akan banyak menimbun fosfor yang akan memacu pelepasan dari kalsium. Para perokok juga akan lebih rentan terkena osteoporosis.

  • Kurus

Pada orang yang terlalu mingil dan kurus maka diyakini bahwa pembentukan massa tulang tidak terjadi dengan baik, hal ini pastinya lebih rentan akan terkena kerusakan dan kerapuhan tulang.

  • Jarang Olah Raga

Pembentukan massa tulang akan lebih baik pada orang yang lebih banyak bergerak. Jadi pada orang yang malas berolahraga terutama pada wanita yang pertumbukan tubuhnya tidak optimal maka akan memicu dampak terjadinya osteoporosis lebih besar.

  • Obat-obatan

Menggunakan obat golongan kortikosteroid dalam jangka waktu lama akan menghambat proses osteoblas. Bahkan penggunaan anti kejang dan heparin juga bisa memicu terjadinya kerapuhan tulang.

Demikianlah beberapa hal penting yang perlu anda ketahui tentang osteoporosis. Walaupun gagal ginjal erat hubungannya dengan proses kerapuhan tulang, namun hal berikut dapat menjadi cara mencegahnya :

  • Pebanyak bergerak atau berolahraga.
  • Konsumsi suplemen yang mengandung kalsium secara teratur
  • Batasi asupan fosfor atau minmlah obat yang bisa menekan jumlah fosfor di dalam tubuh.
  • Jangan terlalu kelelahan, perbanyaklah istirahat.
  • Dapatkan sinar matahari pagi yang cukup setiap harinya. Ini merupakan sumber vitamin D alami yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Jangan mengkonsumsi obat-obatan yang memicu terjadinya kerapuhan tulang
  • Jika di butuhkan maka konsumsilah supplemen yang bisa menambah asupan zat kalsium di dalam tubuh

Sedangkan penyebab gagal ginjal  sendiri dapat di kelompokan menjadi 3 bagian yaitu :

1. Terjadi Kerusakan Ginjal

Adanya kerusakan sudah tentu bisa menyebabkan ganguan pada ginjal, beberapa penyebab adanya kerusakan pada ginjal adalah akibat dari :

  • Penyakit auto imun dimana terjadi suatu proses penyerangan dan pengerusakan oleh sistem imun tubuh terhadap ginjal.
  • Penyakit kuning dan malaria.
  • Diabetes, baik akibat tipe I atau tipe II yang menyebabkan adanya penumpukan glukosa yang dapat merusak pembuluh ginjal atau glomeruli.
  • Hipertensi atau tekanan darah yang tinggi yang bisa menyebabkan kerusakan glomeruli.
  • Glomerulopephritis atau peradangan di daerah pembuluh ginjal.
  • Obat-obat kemoterapi dan penyalahgunaan alkohol.

2. Tersumbat atau Hilangnya Aliran Darah Menuju Ginjal

Penyebab umum yang mengakibatkan adanya gagal ginjal akut adalah terhentinya suplai darah menuju ginjal yang akan otomatis menyebabkan ginjal mengalami penurunan dan bahkan tidak lagi berfungsi. Biasanya ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan suplai darah ke ginjal terhenti secara tiba-tiba yaitu : reaksi terhadap alergi, sirosis hati, infeksi, luka bakar,stenosis arteri ginjal, dehidrasi, serangan jantung, timbunan kolestrol dan penyakit jantung koroner.

Sponsors Link

3. Kesulitan BAK 

Fungsi ginjal biasanya terjadi akibat adanya peningkatan dari sumbatan yang terjadi dan menyebabkan gangguan ginjal oleh sulitnya BAK. Beberapa jenis penyebab seperti : ukuran prostat yang besar, kanker leher rahim, kanker ususm, darah beku dan batu ginjal yang menyumbat aliran urin di saluran kemih.

Gejala dan Jenis Gagal Ginjal

Beberapa gejala gagal ginjal yang dapat muncul biasanya terdeteksi berdasarkan jenis dari gagal ginjal tersebut. ada 2 jenis dari gagal ginjal yaitu :

1. Gagal Ginjal Akut

Kondisi dimana terjadinya disfungsi ginjal secara tiba-tiba, inilah gambaran umum tentang gagal ginjal akut. Sedangkan ciri ciri penyakit ginjal akut adalah sebagai berikut:

  • Kesulitan dalam BAK
  • Udem di daerah kaki
  • Mual, Muntah dan hilangnya nafsu makan
  • Mengantuk, adanya rasa cemas dan bingung
  • Nyeri di daerah punggung dan tubuh bagian samping

2. Gagal Ginjal Kronis

Adanya disfunsi ginjal yang telah terjadi dalam jangka waktu yang lama atau semakin memburuk dari waktu kewaktu dan inilah gambaran umum dari penyakit gagal ginjal kronik. Walaupun obstrukti ginjal terjadi secara bertahap, namun berikut ciri ciri ginjal rusak secara kronis berikut ini :

  • Anemia, Urin yang berwarna gelap disertai darah
  • Menurunya frekuensi dari BAK
  • Insomnia, gatal-gatal pada kulit dan kehilangan selera makan
  • Kram otot, perubahan berat badan yang drastis dan pembengkakan tubuh

Berikut adalah pembahasan tentang Hubungan Ginjal Dengan Osteoporosis yang Wajib Diketahui karena selama ini sering sekali tidak menyadari akan hal ini.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :