Sponsors Link

Hubungan Ginjal dengan Asam Urat yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Kesehatan memang perlu dijaga, karena tubuh yang sehat tentu memungkinkan kita untuk bisa beraktivitas secara normal dan wajar setiap harinya. Namun mungkin ada kalanya kesehatan terganggu. Kebanyakan gangguan kesehatan muncul karena pola hidup yang tidak sehat. Termasuk kondisi asam urat dalam tubuh. Asam urat mungkin merupakan penyakit yang tidak langsung memberikan efek secara langsung. Akan tetapi, gangguan asam urat ini ternyata memiliki hubungan dengan gangguan ginjal. Berikut beberapa penjelasan mengenai hubungan ginjal dengan asam urat yang perlu diketahui.

ads

Pengaruh Asam Urat terhadap Ginjal

Mungkin asam urat sudah tidak asing lagi di telinga. Asam urat merupakan sebuah kondisi dimana kadar asam urat dalam darah lebih tinggi dari kadar normal. Penyebabnya adalah penumpukan protein purin dari makanan yang terlalu banyak. Asam urat secara langsung bisa menyebabkan gangguan pada fungsi gerak, yaitu karena persendian mengalami pengkristalan. Akan tetapi, rupanya, asam urat juga tidak hanya berpengaruh pada sistem gerak saja, melainkan juga pada ginjal.

  1. Asam urat bisa menyebabkan gagal ginjal

Salah satu hubungan ginjal dengan asam urat adalah asam urat bisa meningkatkan risiko seseorang terkena gagal ginjal. Asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah memang berhubungan dengan kinerja ginjal, dimana ginjal adalah organ yang bertugas untuk menyaring zat limbah dari darah. Bahkan hubungan keduanya sudah diterbitkan dalam sebuah penelitian dari The American Journal of Kidney Disease.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa penyakit ginjal memang berhubungan dengan asam urat. Beberapa penyakit ginjal, termasuk gagal ginjal bisa terjadi pada orang yang sebelumnya sudah memiliki kadar asam urat yang terlalu tinggi. Jika kadar asam urat ini tetap tinggi setelah bertahun-tahun lamanya, kinerja ginjal dalam menyaring darah bisa terpengaruh, hingga akhirnya menyebabkan penurunan fungsi ginjal.

Penurunan fungsi ginjal yang secara terus menerus bisa menyebabkan gagal Ginjal Kronis. Bahkan dari penelitian yang sama dijelaskan bahwa kurang lebih 13% dari sampel penderita asam urat ternyata memang mengalami gagal ginjal atau pernah mengalami gagal ginjal. Maka dari itu orang yang memiliki riwayat asam urat tinggi perlu mengatur kembali pola makan agar bisa terbebas dari risiko ini.

  1. Asam urat bisa menyebabkan batu ginjal

Selain dapat menyebabkan gagal ginjal, hubungan ginjal dengan asam urat juga bisa menyebabkan Batu Ginjal. Kondisi asam urat yang terlalu tinggi di tubuh bisa menyebabkan adanya endapan yang kelak akan mengkristal menjadi batu ginjal. Sehingga bisa dikatakan bahwa asam urat juga merupakan salah satu penyebab batu ginjal yang perlu diwaspadai.

Hal ini dikarenakan kadar asam urat yang seharusnya bisa dikeluarkan secara normal melalui urine atau air seni, menjadi tidak lagi bisa normal. Kelebihan asam urat menjadikan pengeluaran asam urat menjadi terganggu. Sehingga asam urat yang bertumpuk tersebut bisa mengeras membentuk batu ginjal pada tubuh dan menyebabkan Penyakit Batu Ginjal.

Sponsors Link

  1. Asam urat meningkatkan risiko gangguan ginjal

Dari beberapa penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa hubungan ginjal dengan asam urat adalah dapat meningkatkan risiko gangguan ginjal. Bahkan dalam sebuah penelitian memang dijelaskan bahwa kelompok orang dengan kondisi asam urat tinggi memiliki risiko 1,6 kali lebih besar terkena berbagai Penyakit Ginjal jika dibandingkan dengan orang yang kadar asam uratnya normal.

Selain itu, jika seseorang sudah pernah mengalami gangguan ginjal sebelumnya, maka kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi bisa memperlama proses penyembuhan penyakit ginjal itu sendiri, atau bisa memperparah gejala dari penyakit ginjal yang ada.

Sponsors Link

Itulah beberapa hubungan antara organ ginjal dengan asam urat yang perlu diwaspadai. Tentunya bagi orang yang memiliki asam urat tinggi, perlu dilakukan beberapa hal agar dapat mencegah penyakit ginjal di kemudian hari.

Cara Mencegah Pengaruh Asam Urat terhadap Kesehatan Ginjal

Bagi Anda yang memiliki riwayat asam urat tinggi, tentu diperlukan beberapa cara mencegah tingginya asam urat agar tidak menyebabkan berbagai penyakit pada ginjal. Berikut penjelasannya.

  • Lakukan pemeriksaan kepada dokter untuk mengetahui kadar asam urat Anda, apakah masih normal atau sudah terlalu tinggi.
  • Hentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol, karena memang ada banyak Bahaya Alkohol bagi Ginjal dan organ lain di tubuh yang perlu dicegah sejak dini.
  • Atur pola makan menjadi lebih sehat. Ada baiknya membatasi makanan-makanan yang mengandung purin tinggi. Adapun makanan dengan purin tinggi antara lain jeroan, daging, beberapa jenis ikan, daun singkong, kangkung, kedelai, dan lain-lain.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai hubungan ginjal dengan asam urat yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,