Sponsors Link

Hubungan Gagal Ginjal Kronis dengan Hipertensi – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Penyakit ginjal bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Siapa saja baik itu tua, muda, dewasa, pria, wanita, bayi, bahkan janin dalam kandungan bisa menderita penyakit ginjal. Macam dan jenisnya pun juga macam macam sehingga setiap orang harus berhati hati dengan cara menjaga kesehatan ginjal secara maksimal.

ads

Jika penyakit ginjal sudah parah, bisa menyebabkan ginjal rusak secara permanen dan tidak bisa menjalankan fungsinya sama sekali. Kondisi ini sering disebut dengan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal kronis memiliki hubungan yang erat dengan penyakit lain. Bahkan jika seseorang menderita gagal ginjal kronis, kemungkinan ia bisa menderita penyakit lain yang tidak dimiliki sebelumnya.

Kali ini akan dibahas hubungan gagal ginjal kronis dengan hipertensi, yaitu dua macam penyakit yang berhubungan erat. Hal ini sama pentingnya dengan mengetahui hubungan gagal ginjal dan hipertensi. Gagal ginjal kronis adalah kondisi gagal ginjal paling parah yang bisa dialami seseorang.

Penyebab

1. Kinerja Ginjal Terganggu

Gagal ginjal bukan merupakan penyakit yang bisa menyerang seseorang tanpa adanya kondisi kronis yang menyertainya. Penderita hipertensi, terlebih lagi yang telah menahun memiliki resiko terkena gagal ginjal yang tinggi. Tekanan darah yang terlalu tinggi membuat kinerja ginjal menjadi terganggu dan tidak bisa bekerja dengan baik. Jika berlangsung terlalu lama akan menyebabkan keseimbangan kerja ginjal menjadi terganggu.

Selanjutnya yang muncul adalah tanda tanda ginjal rusak, yaitu keluarnya busa dari urine. Ini adalah ciri ciri bahwa ginjal tidak bisa menyaring protein dalam darah. Kondisi ini sudah sangat dekat dengan gagal ginjal kronis.

2. Pembuluh Darah Ginjal Rusak

Tekanan darah tinggi ditandai dengan derasnya aliran darah di dalam pembuluh darah. Saat aliran darah menjadi sangat deras, hal ini bisa melukai pembuluh darah yang dilewatinya, termasuk pembuluh darah kapiler yang ada di dalam ginjal. Inilah salah satu penyebab ginjal rusak yang tidak bisa dipungkiri. Bahkan tidak hanya kesehatan ginjal saja yang beresiko terganggu, tetapi juga kesehatan jantung, sekaligus berpotensi memicu serangan stroke.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bawah hubungan gagal ginjal kronis dengan hipertensi sangat erat. Penjelasan tersebut juga merupakan jawaban atas pertanyaan kenapa hipertensi bisa menyebabkan gagal ginjal.

3. Oksigen Dalam Ginjal Menurun

Ini adalah efek lanjutan dari rusaknya pembuluh darah ginjal. Pembuluh darah ginjal rusak karena aliran darah yang terlalu deras sehingga menimbulkan luka di sepanjang jalan yang dilewatinya. Hipertensi bahkan bisa menyerang seseorang yang masih muda, sehingga banyak kasus gagal ginjal usia muda yang ditemukan kini.

Jika pembuluh darah terluka, maka akan mengganggu kerja ginjal secara keseluruhan. Akibatnya, ginjal tidak bisa memproduksi oksigen yang cukup untuk jantung dan seluruh tubuh.

4. Hipertensi Menyebabkan Gagal Ginjal

Penyebab cuci darah yang harus diketahui salah satunya adalah gagal ginjal. Gagal ginjal bisa disebabkan oleh hipertensi. Tekanan darah tinggi mengganggu kerja ginjal sehingga muncul tanda awal ginjal bermasalah yang terkadang tidak disadari. Pembuluh darah ginjal terluka karena aliran darah yang terlalu deras. Akibatnya kemampuan ginjal dalam menyaring kotoran dalam darah menurun. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, fungsi ginjal bisa menurun secara drastis. Seperti diketahui, fungsi ginjal yang terus menerus adalah fase awal dari gagal ginjal kronis.

Karena tidak ada organ lain yang bisa menggantikan fungsi ginjal, maka semua limbah dan kotoran menumpuk di dalam ginjal. Keadaan ini akan semakin membuat kesehatan ginjal semakin parah.

Sponsors Link

5. Ginjal Rusak Memicu Hipertensi

Jika hipertensi bisa menyebabkan gagal ginjal, maka sebaliknya gagal ginjal juga bisa menyebabkan hipertensi. Tubuh memerlukan pasokan darah bersih agar semua organnya dapat berfungsi dengan normal. Ginjal bertugas untuk menyuplai darah bersih ke jantung untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Ginjal yang sudah rusak tidak bisa menjalankan fungsi ini sehingga memaksa darah menaikkan tekanannya.

Cara Mencegah

  • Olahraga Teratur. Ada cara mencegah gagal ginjal dan hipertensi yang sederhana dan mudah. Lakukan olahraga teratur setiap hari. Hanya dengan berjalan kaki selama 10 menit tiap pagi, kesehatan tubuh sudah pasti terjaga. Olahraga sangat baik untuk menghindarkan tubuh Anda dari serangan berbagai macam penyakit.
  • Mengurangi Garam. Garam adalah bumbu dapur favorit semua orang. Meski demikian, garam adalah makanan penyebab sakit ginjal yang harus dihindari. Terlalu banyak garam bisa meningkatkan tekanan darah secara signifikan.
  • Membatasi Konsumsi Kopi. Minuman ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Sayangnya kopi adalah jenis minuman penyebab gagal ginjal yang harus dibatasi porsi hariannya. Kafein di dalam kopi memicu pembentukan zat oksalat dalam ginjal. Oksalat adalah komponen utama dari batu ginjal.

Nah, Anda pasti sudah memahami hubungan gagal ginjal kronis dengan hipertensi. Kedua penyakit yang saling berhubungan ini sama berbahayanya bagi tubuh dan bisa memicu kematian. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah dengan mencegah datangnya kedua penyakit tersebut. Sebetulnya mudah saja, tinggal melakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat dengan menghilangkan kebiasaan yang bisa merusak ginjal. Menjalani gaya hidup sehat adalah kunci menuju kesehatan tubuh.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :