Sponsors Link

Apa Hubungan Gagal Ginjal Dengan Stroke dan Jantung?

Sponsors Link

Dari sekian banyak penyakit kronis yang langka, penyakit gagal ginjal kronis menjadi penyakit yang semakin meningkat tiap tahunnya. Penyakit gagal ginjal ini dikatakan sebagai penyakit berbahaya karena efek samping gagal ginjal bisa menyebabkan berbagai gangguan lain pada organ tubuh manusia. Ketika gagal ginjal terjadi, maka risiko stroke, serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya bisa saja terjadi. Lalu, apa saja sebenarnya hubungan gagal ginjal dengan stroke dan jantung?, berikut akan kami berikan penjelasannya.

ads

Hubungan Jantung dan Ginjal

Jantung memiliki tugas untuk memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh bagian tubuh agar setiap organ, sel dan juga sistem tubuh bisa bekerja dengan baik. Agar bisa bekerja dengan baik, maka jantung sangat tergantung dengan pembuluh darah dimana jantung, darah dan juga pembuluh darah akan membentuk sistem bernama sistem kardiovaskular.

Ginjal menjadi salah satu organ yang menerima suplai darah segar dari jantung dan bertugas untuk mengontrol tekanan darah, produksi sel darah merah, membersihkan darah dan juga mengeluarkan kelebihan air serta limbah dari dalam tubuh. Darah nantinya akan mengandung terlalu banyak air serta limbah apabila ginjal tidak ada dalam tubuh manusia.

Sedangkan tanpa jantung, organ ginjal juga tidak bisa mendapatkan oksigen cukup yang diperlukan darah agar bisa mengerjakan berbagai tugas penting organ ginjal. Tanpa ginjal, organ jantung akan bekerja sangat keras atau bahkan sampai tidak berfungsi seutuhnya sehingga sistem kardiovaskular yang bisa berfungsi dengan baik sangat penting untuk menjaga fungsi ginjal untuk mencegah gagal ginjal kronis.

Apabila ginjal rusak terjadi dan tidak berfungsi dengan normal, maka nantinya bisa menyebabkan penyakit jantung sebab penyakit ginjal yang dialami seseorang juga bisa berpengaruh pada penyakit jantung. Hal ini juga berlaku sebaliknya ketika seseorang memiliki jantung, maka juga bisa terkena penyakit ginjal.

Hubungan Gagal Ginjal Dengan Stroke dan Jantung

Hubungan gagal ginjal dengan stroke dan jantung memiliki satu kesamaan yakni disebabkan karena dua faktor paling utama yakni tekanan darah tinggi serta diabetes. Ketika seseorang menderita diabetes, maka terlalu banyak glukosa dalam darah semakin lama akan merusak organ tubuh termasuk jantung dan juga ginjal sehingga penyakit gagal ginjal kronik bisa terjadi. Diabetes juga membuat pembuluh darah kecil dalam tubuh menjadi terluka sehingga ginjal tidak dapat membersihkan darah secara optimal. Hal ini nantinya akan membuat garam dan air yang berada di dalam tubuh semakin menumpuk. Diabetes juga menjadi penyebab kerusakan saraf tubuh sehingga kandung kemih akan sulit untuk dikosongkan. Tekanan yang dihasilkan dari kandung kemih yang semakin penuh tersebut nantinya juga bisa membuat organ ginjal terluka yang kemudian bisa berkembang tingkatan stadium gagal ginjal akhir. 

Sponsors Link

Sedangkan untuk tekanan darah tinggi juga bisa menjadi penyebab aliran darah menekan dinding pembuluh darah sehingga jantung akan bekerja semakin keras ketika memompa darah dan ini sangat berbahaya untuk organ jantung hingga akhirnya tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah. Tekanan darah tinggi yang terus terjadi akan membuat arteri di sekitar ginjal akan melemah, mengalami penyempitan ataupun pengerasan. Arteri yang rusak tersebut kemudian membuat darah yang dialirkan ke jaringan ginjal tidak mencukupi dan menyaring darah seperti seharusnya yang kemudian bisa menjadi penyebab gagal ginjal kronis

Sponsors Link

Organ ginjal yang rusak tersebut nantinya juga akan gagal dalam mengatur tekanan darah sebab sistem hormon ginjal yang bertugas mengatur tekanan darah yakni aldosteron akan bekerja terlalu berlebihan untuk meningkatkan suplai darah ke ginjal sehingga kemungkinan dialisis harus dilakukan. Hal ini nantinya akan membuat jantung berusaha keras untuk memompa darah dengan beban kerja yang semakin berat ditambah lagi dengan beban tekanan darah tinggi yang sudah terjadi. Nantinya, tekanan darah tinggi akan membuat banyak arteri tersumbat dan tidak berfungsi sehingga organ ginjal tidak lagi bisa bekerja. Tekanan darah tinggi tersebut yang nantinya bisa menyebabkan masalah jantung serius seperti stroke dan juga serangan jantung.

Ciri ciri gagal ginjal awal kronis seperti gagal ginjal juga bisa menyebabkan anemia yang membuat jantung dan berbagai organ lain tidak mendapatkan oksigen dalam jumlah cukup. Hal ini nantinya juga bisa menjadi penyebab serangan jantung dan gangguan keseimbangan kalsium dan fosfor dalam darah.

Sponsors Link
>
, , ,