Sponsors Link

Hubungan Gagal Ginjal dengan Asam Urat yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Kesehatan adalah hal terpenting yang harus dijaga dalam hidup setiap manusia. Jika tubuh dalam kondisi sehat, maka aktivitas tidak akan terganggu dan seseorang bisa melakukan semua hal. Menjaga kesehatan tubuh tentu harus dimulai dari menjaga kesehatan organ organ penting yang ada di dalamnya. Jika berbicara mengenai organ yang penting, ginjal pasti termasuk di antara salah satunya.

ads

Fungsi utama organ ginjal adalah membuang sisa limbah hasil metabolisme yang tidak lagi diperlukan oleh tubuh. Ginjal juga bertugas untuk menyaring kotoran yang ada di dalam darah, mengalirkannya ke jantung untuk dipompa ke seluruh tubuh. Mengingat pentingnya fungsi ginjal, jangan sampai ada penyakit ginjal yang datang menghampiri.

Namun datangnya penyakit memang tidak bisa diduga dan dikira kira. Meski kesehatan sudah dijaga semaksimal mungkin, tetap saja ginjal harus terkena penyakit. Salah satu penyakit paling parah yang bisa menyerang ginjal adalah gagal ginjal kronis. Gagal ginjal terjadi ketika ginjal mulai kehilangan fungsinya, tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik, dan lama kelamaan rusak secara permanen.

Banyaknya kasus gagal ginjal usia muda yang terjadi baru baru ini menunjukkan bahwa gagal ginjal bisa terjadi pada siapa saja, tanpa memandang usia apakah seseorang itu sudah tua atau belum. Hal ini karena penyebab gagal ginjal kronis berasal dari kebiasaan kecil yang diulang ulang setiap hari seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan suka minum minuman bersoda. Diperlukan dokter ahli untuk melakukan diagnosa gagal ginjal kronis melalui serangkaian pemeriksaan. Setelah seseorang divonis menderita gagal ginjal kronis, saat itulah perawatan dan pengobatan mulai dilakukan.

Gagal ginjal membawa berbagai macam efek samping bagi kondisi kesehatan tubuh. Penderita gagal ginjal sangat mungkin mendapatkan penyakit yang belum pernah dialami sebelumnya. Salah satu contohnya adalah asam urat. Apa hubungan gagal ginjal dengan asam urat? Hal ini tentu harus dipahami secara menyeluruh.

Penyebab

1. Asam Urat Tinggi Mengganggu Kerja Ginjal

Asam urat secara keseluruhan bisa mengganggu kerja ginjal dan menjadi penyebab ginjal bermasalah. Jika kadar asam urat dalam darah tinggi, maka gangguan ginjal dengan mudah datang. Seseorang yang memiliki asam urat memiliki resiko 1,6 kali lebih besar untuk menderita gagal ginjal dan berbagai penyakit ginjal lainnya. Asam urat adalah gejala ginjal bermasalah yang harus diwaspadai.

Sedangkan jika seseorang pernah mengalami penyakit ginjal, apapun jenisnya, kadar asam urat akan mempengaruhi kesembuhannya. Jika angka asam urat terlalu tinggi, maka proses penyembuhan bisa berjalan dengan lambat, atau bahkan bisa lebih parah lagi.

2. Asam Urat Memicu Pembentukan Batu Ginjal

Salah satu penyebab batu ginjal pada pria atau penyebab batu ginjal pada wanita adalah asam urat. Saat asam urat terlalu tinggi, bisa meninggalkan endapan di dalam ginjal. Endapan ini awalnya halus seperti pasir, namun lama kelamaan jumlahnya semakin bertambah hingga membentuk batu ginjal. Kadar asam urat yang normal seharusnya bisa dikeluarkan melalui urine. Namun karena ginjal tidak bisa bekerja dengan baik makan asam urat justru mengendap di dalam ginjal dan tidak bisa keluar.

3. Asam Urat Menyebabkan Gagal Ginjal

Seseorang yang memiliki riwayat asam urat memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami gagal ginjal kronis. Bahkan bisa dikatakan bahwa asam urat termasuk penyebab gagal ginjal. Asam urat dalam darah yang tinggi akan mengganggu kerja ginjal dalam menyaring kotoran dan limbah yang ada di dalam tubuh.

Sponsors Link

Jika gangguan ini berlangsung menahun, bisa berakibat langsung pada kesehatan ginjal, membuat fungsi ginjal terus menurun. Seperti yang diketahui, jika fungsi ginjal menurun secara terus menerus, maka yang selanjutnya terjadi adalah gagal ginjal.

Cara Mengatasi

  • Buah Cherry. Buah Cherry mengandung senyawa asam yang kuat. Dengan demikian buah ini mampu mengimbangi kadar asam urat tinggi di dalam darah dan urine. Kandungan kalium dan nutrisi lain juga akan mengurangi nyeri sendi akibat asam urat. Konsumsi jus buah Cherry maksimal 2 kali sehari untuk merasakan khasiatnya, terutama saat asam urat kambuh dan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahan.
  • Daun Salam. Sebagai obat tradisional untuk ginjal yang sudah terkenal manfaatnya, daun salam juga bisa mengobati asam urat secara efektif. Cara membuat ramuan dari daun salam juga sangat mudah. Rebus segenggam daun salam dengan 500 ml air. Biarkan mendidih sampai air hanya tersisa setengahnya saja. Sring air rebusan, tambahkan madu, lalu minum saat asam urat sedang kambuh.
  • Obat Asam Urat. Inilah cara tercepat untuk mengobati asam urat. Konsumsi obat asam urat yang diresepkan oleh dokter dalam dosis yang tepat. Dalam waktu yang singkat saja, nyeri akibat asam urat akan dapat hilang seketika.

Setelah memahami hubungan gagal ginjal dengan asam urat, mulai sekarang Anda pasti khawatir dan mulai menganggap serius kondisi kesehatan ginjal. Ingatlah bahwa ginjal akan dengan mudah membawa serta penyakit lain untuk masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu segera lakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat dengan meninggalkan semua kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal yang sangat berbahaya. Kesehatan adalah segalanya, dan mencegah lebih baik daripada mengobati.

Demikianlah info yang dapat disampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kita.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :