Sponsors Link

Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik? Ini Jawabannya

Sponsors Link

Diabetes merupakan suatu penyakit yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin atau tidak dapat memanfaatkan insulin dalam jumlah yang seharusnya. Insulin adalah semacam hormon yang mengatur jumlah gula di dalam darah. Diabetes sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis diantaranya adalah diabetes melitus dan  diabetes insidipus. Banyak kasus diabetes yang berujung pada penyakit ginjal. Paling tidak satu dari empat orang dewasa penderita diabetes mengalami juga penyakit ginjal. Diabetes menyumbang 44% kemungkinan terkena CKD (Chronic Kidney Disease).

ads

CKD atau yang dikenal juga sebagai gagal ginjal kronik merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh fungsi ginjal menurun. Dampaknya ginjal tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik dan akhirnya zat-zat yang tidak diperlukan tubuh yang seharusnya telah disaring oleh ginjal menumpuk di dalam tubuh. Gagal ginjal dibagi ke dalam dua jenis yaitu gagal ginjal akut dan kronik. Perbedaan gagal ginjal akut dan kronik dapat dilihat dari tingkat keparahannya.

Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik terutama terjadi karena diabetes dapat menyebabkan gula darah tinggi, sehingga dapat merusak pembuluh darah di dalam ginjal. Pembuluh darah yang rusak tentunya tidak dapat bekerja dengan baik. Ginjal menjadi tidak dapat membersihkan darah secara baik. Sehingga tubuh menahan air dan garam lebih banyak dari seharusnya. Dampaknya adalah pertambahan berat badan serta pembengkakan pada bagian pergelangan kaki.

Diabetes juga dapat merusak saraf di dalam tubuh. Kerusakan ini menyebabkan kesulitan dalam mengosongkan kandung kemih atau buang air kecil. Jika kandung kemih penuh, maka urin yang menumpuk tersebut dapat kembali lagi ke ginjal dan merusaknya. Urin yang terlalu lama berada di dalam kandung kemih juga berbahaya karena dapat menyebabkan bakteri tumbuh cepat di sana.

Gejala Penyakit Ginjal Kronis Akibat Diabetes

Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik dapat dilihat dari gejala yang timbul pada penyakit gagal ginjal kronis akibat diabetes. Adapun gejala-gejala awalnya adalah sebagai berikut:

  • Tingginya tingkat albumin dalam urin
  • Bertambanya berat badan
  • Pembengkakan pada bagian pergelangan kaki
  • Seringnya buang air kecil pada malam hari
  • Tekanan darah yang meninggi

Jika kondisi penyakit gagal ginjal yang disebabkan oleh Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik makin parah, maka akan muncul gejala-gejala berikut:

  • Meningkatnya kadar kreatin dan urea nitrogen dalam darah
  • Mual dan muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Lemas
  • Kelelahan
  • Gatal-gatal
  • Kram otot terutama di bagian kaki
  • Anemia atau kurang darah.

Penanganan dari dokter ahli diperlukan untuk melakukan diagnosa gagal ginjal kronis.

Sponsors Link

Penanganan Penyakit Ginjal Kronik Akibat Diabetes

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Nampaknya istilah inilah yang tepat untuk menggambarkan penyakit gagal ginjal. Pencegahan penyakit gagal ginjal dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan ginjal. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk ginjal adalah salah satu cara dalam menjaga kesehatan ginjal. Namun jika gagal ginjal sudah terlanjut terjadi, maka metode pengobatan berikut dapat dipertimbangkan untuk penyembuhan.

1. Hermodialisis

Penyebab gagal ginjal dan cuci darah yaitu karena ginjal tidak berfungsi dengan baik. Hermodialisis atau cuci darah adalah metode pengobatan berupa penyaringan zat-zat dan cairan berlebih di dalam darah yang tidak diperlukan tubuh. Selama proses hermodialisis, darah dipompa melalui tabung kecil dan kemudian disaring dengan mesin dialisis. Setelah darah selesai disaring, kemudian dikembalikan lagi ke dalam aliran darah.

2. Peritoneal Dialisis

Dalam metode peritoneal dialisis, darah yang kotor dibersihkan di dalam tubuh, bukan di luar tubuh. Lapisan yang ada di dalam perut bernama peritoneum berperan sebagai penyaring ketika proses dialisis berlangsung. Kateter peritoneal dialisis dipasangkan melalui operasi kecil. Kemudian darah kotor dialirkan ke perut agar dapat di saring.

Sponsors Link

3. Transplantasi Ginjal

Transplantasi ginjal merupakan metode pengobatan gagal ginjal kronik berupa penempatan ginjal yang sehat dari tubuh seseorang kedalam tubuh penderita gagal ginjal. Ginjal baru ditempatkan di bawah abdomen dan dihubungkan dengan kandung kemih serta aliran darah. Penderita gagal ginjal kronik dapat mendapatkan donor ginjal barunya dari keluarga, teman, pasangan atau bahkan orang asing yang memang berniat mendonorkan ginjalnya. Orang meninggal juga dapat menjadi donor ginjal jika memang memiliki kecocokan dengan tubuh si penerima donor.

Itulah Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik yang perlu di ketahui. Kita perlu waspada jika penyakit diabetes telah menjangkiti kita atau orang-orang yang kita sayang. Karena penyakit diabetes kemungkinan akan menimbulkan penyakit lain yaitu batu ginjal. Cara terbaik untuk menghindari penyakit ini adalah dengan menjalani pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan ginjal.

Sponsors Link
>
, ,