Sponsors Link

Hubungan Diabetes dengan Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Memang ada beberapa jenis penyakit ginjal. Salah satunya yang familiar si telinga masyarakat adalah batu ginjal. Batu ginjal itu sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh endapan yang kemudian mengkristal di dalam sistem ekskresi. Ada beberapa faktor risiko penyebab batu ginjal. Beberapa orang yang menderita diabetes sering dianjurkan untuk menjaga kesehatannya, karena bisa menyebabkan berbagai penyakit ginjal. Setelah mengetahui Kenapa Diabetes Menyebabkan Gagal Ginjal, adakah hubungan diabetes dengan batu ginjal? Apakah diabetes dapat menyebabkan batu ginjal? Berikut penjelasannya.

ads

Hubungan Batu Ginjal dengan Diabetes

Pada dasarnya kondisi diabetes memang perlu dicegah. Orang yang memiliki riwayat tinggi diabetes harus mulai menyadari bahwa diabetes bukan hanya sekadar gula darah tinggi saja. Lebih dari itu, diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk ginjal.

  • Urine penderita diabetes asam

Satu hal yang perlu dipahami adalah bahwa urine pada penderita diabetes sifatnya asam. Hal ini dikarenakan dua faktor utama, yaitu resistensi insulin dan juga obesitas. Hal ini dijelaskan dalam penelitian dari American Society of Nephrology yang mengatakan bahwa hubungan diabetes dengan batu ginjal sering dikaitkan dengan kedua hal tersebut.

Jika kadar insulin pada darah meningkat, maka akan menyebabkan urine penderita diabetes menjadi asam. Berbeda dengan orang normal. Pada orang normal, larutan buffer seperti ammonium terbentuk untuk menetralkan sifat asam. Akan tetapi pada penderita diabetes, retensi insulin menyebabkan penurunan produksi ammonium tersebut.

Selain itu, pada pasien diabetes yang juga menderita obesitas, risiko batu ginjal juga besar. Hal ini disebabkan oleh retensi insulin dan juga hiperinsulinemia pada pasien, sehingga keseimbangan metabolik terganggu dan mengakibatkan Batu Ginjal.

  • Diabetes yang obesitas meningkatkan risiko batu kalsium

Memang ada beberapa jenis batu ginjal. Batu ginjal yang umum salah satunya adalah kalsium. Batu kalsium ternyata tinggi risikonya dari orang obesitas yang juga menderita diabetes. Seperti yang dijelaskan di atas, ketidakseimbangan metabolik karena hiperinsulinemia dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal. Dan batu ginjal yang dimaksud adalah batu kalsium. Penyebabnya adalah ekskresi kalsium yang meningkat.

  • Diabetes juga meningkatkan risiko batu asam urat

Selain meningkatkan risiko batu kalsium, ternyata diabetes dan obesitas juga meningkatkan risiko tingginya asam urat pada tubuh. Seperti yang diketahui bahwa ada hubungan antara asam urat dengan ginjal juga berbahaya, seperti itu pula hubungan diabetes dengan batu ginjal.

Bahkan ada satu penelitian yang dilakukan di Maiyo Klinik dan menyebutkan bahwa penderita diabetes tipe 2 memiliki risiko sekitar 40% lebih banyak untuk pembentukan batu asam urat jika dibandingkan dengan orang normal yang tidak menderita diabetes. Hal ini juga semakin diperkuat dengan adanya sifat asam pada urine penderita diabetes. Terutama pada orang obesitas yang diabetes serta diet kaya protein.

Sponsors Link

Itulah beberapa hubungan diabetes dengan batu ginjal yang cukup erat, terutama pada mereka yang juga obesitas. Jika Anda mengidap diabetes tipe 2, ada baiknya segera berpikir untuk mengurangi risiko tersebut agar tidak menyebabkan Penyakit Batu Ginjal.

Cara Mengurangi Risiko

Tentunya, para penderita diabetes memang perlu untuk segera mengubah gaya hidupnya agar lebih sehat. Tujuannya tentu untuk menjaga kadar gula darah agar tidak menyebabkan berbagai komplikasi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko komplikasi, termasuk komplikasi batu ginjal pada diabetes, sehingga tidak membutuhkan Jenis Operasi Batu Ginjal di kemudian hari.

Sponsors Link

  • Mengatur pola makan dan gaya hidup sehat secara tepat sesuai dengan rekomendasi dokter
  • Menjaga tekanan darah agar selalu normal. Sebisa mungkin harus di bawah 120/80 mmHg agar tidak berisiko gagal ginjal juga
  • Melakukan aktivitas fisik dan olahraga dengan teratur dan kegiatan fisik sederhana lainnya
  • Membatasi diri untuk mengonsumsi garam serta gula
  • Tetap mengonsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter agar selalu terjaga kesehatannya.
  • Melakukan kontrol atau cek gula darah secara rutin, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat tinggi diabetes
  • Segera memeriksakan diri ke dokter jika muncul gejala-gejala sakit tertentu untuk mengetahui penyebabnya.

Itulah beberapa tips bagi penderita diabetes. Kondisi ini memang perlu diperhatikan karena memang ada begitu banyak komplikasi dari diabetes. Anda yang diabetes memang harus sadar bahwa kondisi diabetes bukan sesuatu yang bisa disepelekan.

Demikianlah beberapa penjelasan dari hubungan diabetes dengan batu ginjal yang perlu diwaspadai. Ketahui juga beberapa Ciri ciri Batu Ginjal yang perlu ANda ketahui. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,