Sponsors Link

Hubungan Antara Jantung dan Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Jantung dan ginjal merupakan dua organ yang sangat penting bagi manusia. Kedua organ ini bekerja bersama agar membuat anda bisa tetap sehat dan jika salah satu terpengaruh, maka akan berdampak pada yang lainnya. Dengan kata lain, jantung anda bisa mempengaruhi ciri ciri ginjal sehat dan ginjal juga bisa mempengaruhi kesehatan jantung anda. Berikut akan kami beri ulasan tentang hubungan antara jantung dan ginjal selengkapnya untuk anda.

Apa Fungsi Jantung?

Jantung merupakan otot yang memompa darah yang diisi dengan oksigen ke seluruh bagian tubuh anda. Pekerjaan jantung setiap hari di setiap hari berlangsung pada organ, sel dan juga sistem tetap hidup dalam tubuh anda.

Untuk memindahkan darah ke setiap bagian tubuh, jantung anda akan bergantung dari pembuluh darah. Bersama jantung, darah dan juga pembuluh darah akan membentuk sebuah sistem yang disebut dengan sistem kardiovaskular yang bisa dianggap sebagai sistem pengiriman.

Sistem pengiriman akan memindahkan darah dari jantung dan membawa oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh kemudian mengambil produk produk limbah tubuh sehingga bisa dibuang keluar dari dalam tubuh.

Apa Fungsi Ginjal?

Ginjal merupakan dua organ berbentuk kacang yang umumnya berukuran sekepalan tangan anda. Ginjal terletak sedikit di bawah tulang rusuk di kiri dan kanan tulang belakang anda. Ada berbagai fungsi ginjal yang sangat penting untuk tubuh, beberapa diantaranya adalah:

  • Membersihkan darah dari produk limbah dan air berlebih. Membantu mengendalikan tekanan darah.
  • Menjaga tulang tetap sehat dan kuat.
  • Membantu memproduksi sel darah merah.
  • Menjaga keseimbangan mineral dalam darah seperti natrium, kalium dan fosfor.

Cara Kerja Ginjal dan Jantung

Jantung bertugas memompa darah yang diisi dengan oksigen ke seluruh termasuk termasuk ke bagian organ ginjal. Sedangkan ginjal bertugas untuk membersihkan darah, membuang produk limbah dan air tambahan. Tanpa adanya organ ginjal, darah anda akan mengandung terlalu banyak limbah serta air.

Tanpa jantung, ginjal tidak akan mempunyai darah yang diisi dengan oksigen yang dibutuhkan untuk melakukan banyak tugas penting. Tanpa bantuan dari ginjal, jantung akan bekerja terlalu keras atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Sistem kardiovaskular yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk ginjal agar bisa mengerjakan pekerjaannya.

Hubungan Jantung dan Penyakit Ginjal

Para peneliti sudah berusaha untuk memahami hubungan yang jelas antara penyakit ginjal dan juga penyakit jantung. Pada saat jantung atau ginjal tidak bisa berfungsi secara normal, maka penyakit kardiovaskular atau macam macam penyakit ginjal bisa terjadi. Memiliki penyakit jantung bisa secara langsung meningkatkan peluang anda terkena macam macam penyakit ginjal.

Faktanya, tanda masalah ginjal dan penyakit jantung mempunyai banyak faktor risiko yang sama seperti diabetes serta tekanan darah tinggi.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dan Ginjal

Beberapa kiat berikut bisa membantu anda menjaga kesehatan ginjal dan jantung baik dalam perubahan gaya hidup atau diet.

  • Lakukan aktivitas fisik yang teratur.
  • Turunkan berat badan jika memang dibutuhkan.
  • Kurangi konsumsi lemak.
  • Jaga tekanan darah, gula darah dan lemak darah agar tetap terkendali.
  • Hentikan kebiasaan buruk merokok.
  • Kurangi stress.

Cara yang baik untuk menjaga hubungan antara jantung dan ginjal dalam pikiran anda adalah dengan mengingat apa yang terbaik untuk ginjal juga baik untuk jantung. Sebaliknya, menjaga kesehatan ginjal juga sangat penting untuk mencegah gejala ginjal sedang bermasalah.

Bagaimana Jika Sudah Memiliki Penyakit Ginjal

Seseorang dengan penyakit ginjal atau gagal ginjal kronis lebih berisiko terkena penyakit jantung. Bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan dan ahli diet akan sangat membantu untuk menemukan gaya hidup yang bisa menurunkan peluang anda terkena penyakit jantung atau membantu menjaga penyakit jantung agar tidak bertambah buruk.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi