Sponsors Link

Hubungan Anemia dengan Ginjal Kronis dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ginjal yang terganggu tentu akan menyebabkan Penyakit Ginjal yang serius dan perlu dicegah dengan melakukan pola hidup sehat. Karena, penyakit ginjal yang menyerang pasien memang akan menciptakan berbagai gejala atau komplikasi yang perlu diwaspadai, termasuk penyakit gagal ginjal kronis maupun akut. Beberapa gejala dari penyakit ginjal kronis sering dikaitkan dengan kekurangan jumlah sel darah atau anemia. Benarkah ada hubungan anemia dengan ginjal kronis? Berikut penjelasannya.

ads

Hubungan Ginjal dengan Anemia

Mungkin selama ini kita mengenal ginjal hanya sebagai organ tubuh yang bertugas untuk  Proses Terbentuknya Urine atau sebagai organ pembuangan air seni saja. Akan tetapi, ginjal memiliki fungsi yang lebih kompleks dari itu. Salah satunya berhubungan dengan darah pada manusia. Bukan hanya sebagai organ yang menyaring limbah dari darah saja, ginjal ternyata juga berperan dalam proses produksi sel darah merah di sumsum tulang.

Hal ini disebabkan oleh keberadaan hormon eritropoietin yang diproduksi oleh ginjal. Hormon inilah yang menjadi salah satu hormon yang berperan dalam produksi sel darah merah. Jika ginjal terganggu dan hormon tersebut tidak bisa dikeluarkan dengan seimbang, maka tentunya proses produksi sel darah merah juga akan berkurang dari biasanya. Gangguan ini akan menyebabkan penderita penyakit ginjal kekurangan darah sehingga muncul juga gejala-gejala anemia pada penderita penyakit ginjal, terutama gagal ginjal.

Anemia bisa muncul pada penderita gagal ginjal yang telah mengalami kerusakan ginjal yang mencapai 50 persen ke atas dari fungsi ginjal normal. Dan jika kerusakan ginjal tersebut semakin memburuk, maka anemia juga akan semakin memburuk.

Penyebab Anemia pada Gagal Ginjal

Penyebab utama Gejala Gagal Ginjal Kronik anemia seperti yang dijelaskan di atas adalah kekurangan hormon eritropoietin. Selain dari kekurangan hormon, penyebab anemia lain dari penderita ginjal antara lain:

  • Hilangnya sejumlah darah dari adanya proses hemodialisis yang dilakukan secara rutin.
  • Kekurangan beberapa nutrisi dari makanan, misalnya zat besi, asam folat, dan juga vitamin B12. Ketiga nutrisi di atas dibutuhkan untuk prodiksi hemoglobin.
  • Permasalahan pada sumsum tulang.
  • Adanya infeksi kronis, terutama jika penderita ginjal tersebut juga memiliki riwayat diabetes.
  • Munculnya permasalahan inflamasi pada tubuh, seperti kondisi arthritis, penyakit radang usus yang menyebabkan sistem imun tubuh menyerang sel sehat pada tubuh.

Itulah beberapa penyebab dan hubungan anemia dengan ginjal yang perlu diketahui.

Gejala Anemia pada Gagal Ginjal

Setelah mengetahui beberapa penjelasan mengenai hubungan anemia dengan ginjal di atas, berikut ini ada beberapa tanda-tanda atau gejala dari anemia. Jika Anda menderita gagal ginjal dan muncul beberapa gejala di bawah ini, waspadalah karena anemia mungkin sudah Anda alami.

Sponsors Link

  • Sering merasa lelah atau kelelahan
  • Lemas dan tidak bergairah
  • Pusing atau sakit kepala
  • Lebih sulit berkonsentrasi
  • Tubuh dan wajah pucat
  • Muncul rasa nyeri di dada
  • Kesulitan untuk bernafas

Jika beberapa Ciri Ciri Penyakit Ginjal di atas Anda rasakan, segeralah periksakan kesehatan ginjal Anda untuk mengurangi gejala dan risiko di depan yang bisa saja terjadi. Jika tidak segera ditangani dengan baik, akan muncul beberapa komplikasi dari anemia tersebut bagi pasien gagal ginjal, di antaranya sebagai berikut.

  • Detak jantung menjadi tidak teratur, tertama saat melakukan kegiatan yang lebih berat dari biasanya, misalnya olahraga.
  • Terjadi pembesaran pada otot-otot di organ hati atau liver yang berbahaya untuk kesehatan.
  • Jantung yang mengalami penurunan fungsi, sehingga bisa menciptakan kerusakan atau kegagalan jantung jangka panjang. Hal ini juga bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya bagi tubuh.

Itulah komplikasi dari anemia pada penderita gagal ginjal yang perlu dicegah.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Anemia pada Gagal Ginjal

Jika Anda merupakan seorang penderita Gagal Ginjal Kronis dan telah didiagnosis mengalami gejala anemia, maka beberapa tes yang telah dilakukan akan menentukan pengobatan seperti apa yang direkomendasikan dokter. Berikut beberapa di antaranya.

  • Suntikan ESA (Erythropoiesis Stimulating Agents) untuk merangsang produksi sel darah emerah di sumsum tulang.
  • Pemberian beberapa suplemen seperti asam folat, B12, dan juga zat besi untuk merangsang proses produksi sel darah merah.
  • Untuk beberapa kasus tertentu, pasien mungkin akan disarankan untuk melakukan proses tranfusi darah.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai hubungan anemia dengan ginjal yang perlu diketahui serta beberapa cara mengatasinya yang bisa dilakukan. Untuk Anda yang mengalami gejala serupa, semoga informasi ini bermanfaat. Segera lakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat agar tidak terus menerus mengalami anemia.

Sponsors Link
>
, , , ,