Sponsors Link

Benarkah Jika Hipertensi Memicu Sakit Ginjal?

Sponsors Link

Sangat penting untuk anda pahami jika ketika anda memiliki tekanan darah yang tinggi, maka anda juga akan berisiko mengalami salah satu dari ciri ciri ginjal bermasalah. Namun, Apakah benar jika hipertensi memicu sakit ginjal dan apa sebenarnya hubungan dari kedua penyakit ini?. Simak penjelasan selengkapnya dari kami beserta cara pencegahannya berikut ini.

ads

Hubungan Hipertensi dan Sakit Ginjal

Hipertensi memicu sakit ginjal terjadi karena tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah di bagian organ ginjal menjadi rusak yang akhirnya membuat kerja ginjal jadi tidak maksimal.

Apabila pembuluh arah ginjal rusak, maka organ ginjal juga akan berhentu menyaring racun serta mengatur cairan di dalam tubuh yang berlebih. Cairan ekstra pada pembuluh darah bisa meningkatkan tekanan darah lebih banyak dan akhirnya semakin membuat hipertensi juga semakin parah.

Gejala Sakit Ginjal

Ketidakmampuan ginjal dalam membuang rracun yang dibawa dari darah bisa menyebabkan irama jantung yang tidak normal dan bahkan bisa menyebabkan kematian mendadak. Selain itu sayangnya, deteksi awal gejala sakit ginjal juga tidak banyak dirasakan, akan tetapi jika diabaikan bisa menyebabkan masalah yang lebih besar. Berikut ini akan kami berikan beberapa gejala dari macam macam penyakit ginjal yang seharusnya bisa anda lebih perhatikan.

  • Warna urin atau kencing yang berubah.
  • Tubuh menjadi sangat mudah kelelahan.
  • Beberapa bagian tubuh jadi membengkak karena penumpukkan cairan yang tidak dapat dibuang oleh ginjal.
  • Sakit di bagian pinggang.
  • Terasa mual dan sesak napas.

Pencegahan dan Cara Mengatasi Sakit Ginjal Serta Hipertensi

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengontrol penyakit ginjal, menjaga fungsi ginjal serta hipertensi secara bersamaan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Teratur Memeriksa Tekanan Darah di Rumah

Dalam pedoman tekanan darah terbaru dinyatakan jika tekanan darah harus berada di bawah 140/90 jika anda mempunyai tekanan darah tinggi dan juga penyakit ginjal. Hanya dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah di dokter sebenarnya tidaklah cukup.

Melakukan pemeriksaan tekanan darah di rumah juga sangat penting dilakukan namun ketika anda melakukannya, sebaiknya jangan sampai terobsesi dan anda tidak harus memeriksa tekanan darah setiap menit di setiap harinya.

Cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan memeriksa tekanan darah di pagi hari dan juga pada waktu makan malam serta makan siang dan sebelum tidur di hari berikutnya kemudian carat tekanan darah anda.

Pada waktu yang bersamaan, perhatikan juga apakah tekanan darah anda meningkat di pagi hari, sore dan juga malam hari. Jika memang ini terjadi, maka segera konsultasikan dengan dokter anda.

2. Jaga Pola Makan Anda

Pola makan yang tidak baik bisa menyebabkan tekanan darah jadi meningkat. Untuk itu, anda harus bisa mengurangi makanan yang asin mengandung banyak garam dan juga makanan olahan supaya tekanan darah anda bisa tetap normal.

Untuk mencegah hipertensi dan juga kondisi tanda masalah ginjal yang semakin parah, maka anda bisa memilih makanan yang tinggi kalium agar bisa membantu menjaga tekanan darah selalu stabil. Kalium ini bisa anda temukan dalam kentang, ikan, alpukat, pisang dan juga susu. Selain itu, makanan yang rendah lemak dan juga makanan tinggi serat seperti sayur, buah dan biji bijian utuh juga sangat dianjurkan untuk anda konsumsi.

Sponsors Link

3. Olahraga dan Aktif Bergerak

Olahraga menjadi salah satu cara untuk mencegah hipertensi yang sangat ampuh. Seseorang yang berolahraga dengan teratur akan memiliki risiko hipertensi yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali. Jika risiko hipertensi rendah, maka tentu anda juga akan menurunkan risiko terkena gejala ginjal sedang bermasalah.

Untuk menjaga tekanan darah tetap normal, maka sebaiknya lakukan olahraga selama 30 menit hingga 2 jam per minggu. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu sulit, namun hanya dengan jalan santai, jogging atau bersepeda sudah cukup ampuh untuk mencegah hipertensi.

Sponsors Link
>
, , , ,