Sponsors Link

Hipernefroma – Penyebab, Pengobatan dan Perawatannya

Sponsors Link

Membahas tentang penyakit ginjal memang tidak akan ada habisnya. Meski ginjal adalah organ penting yang kesehatannya selalu dijaga semaksimal mungkin oleh setiap orang, datangnya penyakit tetap tidak bisa dihindari. Salah satu yang harus diwaspadai adalah hipernefroma atau yang lebih dikenal dengan istilah kanker ginjal. Kali ini akan dibahas mengenai apa saja penyebab kanker ginjal beserta pengobatan dan perawatan yang tepat. Kanker ginjal jika dibiarkan akan menyebab kanker kandung kemih yang berbahaya.

ads

Hipernefroma dalam bahasa Inggris disebut dengan Renal cell carcinoma (RCC) merupakan sel kanker yang muncul pada organ ginjal tepat di bagian tubulus renal proksimal. Penyakit ini banyak menyerang orang dewasa, dan jika menadapatkan penanangan sejak dini pasien mampu bertahan hingga 5 tahun dan persentase kesembuhan mencapai 60 sampai 70 persen. Penyakit hipernefroma dapat didiagnosa melalui pemeriksaan medis yang lengkap.

Penyebab

  1. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol menjadi penyebab terjadinya hipernefroma pada seseorang. Alkohol memang tidak pernah bersahabat dengan ginjal karena termasuk ke dalam minuman penyebab gagal ginjal yang harus diwaspadai. Alkohol membawa kandungan bahan kimia yang membawa banyak racun menuju ginjal. Sadari bahaya alkohol bagi ginjal dan hindari minuman ini sekarang juga.

  1. Kelainan Genetik

Seseorang yang memiliki kelainan ginjal biasanya terlahir dalam kondisi ginjal tidak sempurna. Bisa jadi ia membawa penyakit ginjal bawaan yang menyebabkan kondisi kesehatan ginjal tidak baik. Berbaga macam kelainan ginjal dan penyebabnya yang mungkin terjadi biasanya diketahui sejak bayi di dalam kandungan. Lakukan pemeriksaan menyeluruh agar Anda mengetahui kelainan ginjal pada janin dan kelainan ginjal pada bayi baru lahir. Penanganan yang tepat bisa menekan resiko penyakit ginjal yang mungkin muncul di kemudian hari.

  1. Makanan Pemicu Kanker

Menjaga ginjal dari serangan penyakit tidak hanya dilakukan melalui cara medis saja. Kebiasaan sehat yang diulang sehari hari punya pengaruh lebih besar. Di antaranya adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hindari jenis makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal seperti makanan tinggi garam, makanan tinggi protein hewani, dan minuman bersoda.

  1. Kurang Minum

Mendapatkan ginjal yang sehat dan jauh dari penyakit bisa dilakukan dengan cara sederhana yang sering disepelekan. Contohnya seperti minum air putih. Kurang minum menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi dan mempengaruhi kondisi ginjal secara langsung. Bahaya kurang minum air putih yang mungkin terjadi bisa memicu penyakit hipernefroma karena ginjal kekurangan cairan sehingga tidak bisa bekerja dengan baik.

  1. Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal juga bisa memicu hipernefroma. Waspadai penyakit seperti infeksi ginjal yang bisa menyebarkan bakteri ke seluruh ginjal dan membuat sel kanker semakin berkembang. Infeksi ginjal bukan satu satunya penyakit ginjal yang berbahaya, banyak penyakit lain seperti gagal ginjal yang bisa menjadi penyebab hipernefroma.

Pengobatan

  • Nefrektomi

Pengobatan medis yang satu ini bertujuan untuk menghilangkan sebagian atau seluruh bagian ginjal yang terkena kanker. Pada kasus kanker ginjal yang parah, nefrektomi menjadi pilihan obat kanker ginjal stadium 4 yang tepat dan ampuh. Sebelum menjalani nefrektomi biasanya kondisi pasien akan dicek secara menyeluruh meliputi tekanan darah dan kadar gula dalam darah sampai kondisi pasien benar benar siap untuk dioperasi.

Sponsors Link

  • Kemoterapi

Hampir semua pasien kanker disarankan untuk menjalani kemoterapi, sekalipun mereka sudah menjalani operasi. Kemoterapi adalah penyinaran yang dilakukan langsung kepada sel kanker untuk mematikan dan menghilangkannya. Proses ini biasanya memakan waktu yang agak lama dan memberikan efek samping seperti rambut rontok dan kulit kering. Pasien yang menjalani kemoterapi harus bersabar karena rasa sakit selama proses perawatan berlangsung

Perawatan

  • Memakan Makanan yang Sehat

Bagi pasien kanker ginjal, perawatan yang dilakukan juga harus meliputi makanan yang masuk ke tubuh. Konsumsi makanan sehat seperti macam macam makanan yang dianjurkan setelah operasi ginjal. Kandungan yang ada di dalam makanan tersebut mampu membantu memulihkan kondisi ginjal agar dapat kembali normal seperti sedia kala.

  • Minum Obat yang Diberikan Dokter

Setelah menjalani prosedur operasi hipernefroma atau sebelum menjalaninya, pasien pasti diberi obat oleh dokter untuk menekan pertumbuhan sel kanker dan mencegahnya menyebar ke bagian tubuh lain. Minumlah obat ini secara rutin dan teratur. Melewatkan waktu minum obat sama saja dengan memberi kesempatan sel kanker untuk semakin berkembang, dan sebagai akibatnya organ lain yang awalnya sehat pun bisa terancam kesehatannya.

  • Periksa Secara Rutin

Hanya karena sudah dinyatakan sembuh dan operasi berhasil, jangan lupa untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin. Anda bisa melakukan general check up setiap beberapa bulan sekali untuk memastikan sel kanker telah benar benar hilang dan tidak akan kembali lagi. Jika ada keluhan sedikit saja, segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah munculnya penyakit lain yang lebih parah.

Itulah pembahasan singkat mengenai hipernefroma yang mungkin masih asing di telinga masyarakat. Kenali sebanyak mungkin macam penyakit ginjal yang ada, agar Anda juga tahu bagaimana cara menangani dan merawat yang tepat. Terapkan gaya hidup yang sehat agar ginjal tidak mudah terserang penyakit.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :