Sponsors Link

Hidronefrosis Pada Anak – Penyebab, Gejala, Diagnosa dan Pengobatan

Sponsors Link

Masalah anak pada kondisi kesehatan memang perlu diperhatikan lebih jauh . Perlu kita ketahui beberapa jenis yang mungkin akan tibul setelah lahiir. Mulai dari masalah serius hingga masalah yang ringan. Namun seringkali ibu tidak menyadari bahwa anaknya sedang mengalami masala kesehatan. Maka dari itu perlunya pengetahuan tentang beberapa kondisi pada anak agar ibu tau bagaimana cara untuk menyikapinya.

ads

Masalah yang kurang diketahui yaitu beberapa masalah pada ginjal contohnya saja kelaianan ginjal pada bayi baru lahir , infeksi saluran kemih pada bayi , pembesaran ginjal pada janin dan kasus kasus penyakit ginjal lainnya. Saat ini kasus yang sering dijumpai dan perlu kita ketahui yaitu pada masalah hidronefrosis pada anak. Kondisi tersebut merupakan kondisi penyait ginjal yag cukup serius apabila tidak segera ditangani. Maka perlunya pengetahuan mengenai hidronefrosis pada anak untuk penanganan yang tepat. Berikut beberapa penjelasan pengertian, gejala, penyebab , serta cara mengatasi kondisi penyakit ginjal pada anak ini.

Hidronefrosis Pada Bay

Hidronefrosis pada bayi merupakan sallah satu kondisi penyakit ginjal yang menyebabkan ginjal pada anak  tersebut membengkak. Pembengkakan ini merupakan kondisi dimana terjadi penumpukan urine yang secara berlebihan yng terjadi pada salah satu ginjal maupun pada kedua ginjalnya. Penumpukan ini juga dapat terjadi karena urine tidak dapat keluar menuju kandung kemih.

Tentunya anak yang mendapati kondisi ini akan terhambat fungsi ginjalnya. Dimana fungsi ginnjal antara lain yaitu untuk menyaring kotoran atau menyaring sisa hasil dari metabolisme tubuh , menstabilkan cairan tubuh, memperlancar peredaran darah, mengatur ph dalam tubuh, serta membantu proses metabolisme didalam tubuh manusia. Masalah ginjal pada anak maupun pada anak tetunya akan menghambat mereka untuk menjalani hidup sehari-hari. Mereka tidak bisa melakukan aktivitas bera , harus mengkontrol secara rutin kedokter , tidak da pat bermain lama-lama , serta ada beberapa pantangan makanan penderita ginjal yang peru dijauhi anak atau anak.

Penyebab Hidronefrosis Pada Anak

Penyebab hidronefrosis pada anak tentunya disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab tersebut juga dapat menentukan tingkat keparahan atau derajat keparahan kondisi hidronefrosis ada anak Berikut beberaa penyebab yang dapat ,enyebabkan anak terkena hidronefrosis :

1. Faktor Genetik

Apabila seorang ibu mendapati kondisi hidronefrosis maka akan meningkatkan resiko anak juga terkena kondisi tersebut. Karena genetik pad ibu diturunkan ke anaknya. Untuk itu faktor genetik tidak dapat dihindari. Namun dapat diringankan tanda dan gejala yang muncul dengan pengobatan medis.

2. Kelainan Saraf

Apabila saat disalam kandungan , janin sudah mendapati kelainan saraf. Maka akan menyebabakan beberapa organ maupun anggota tubuh tidak terbentuk secara sempurna. Hal ini akan meningkatkan faktor resiko kelainan ginjal yang menyebabkan kondisi hidronefrosis dan terjadi pembengkakan. Penyebab hidronefrosis bilateral salah satunya juga terdapat kelainan saraf saat masih didalam kenadungan.

Sponsors Link

3. Premature

Kondisi anak prematur yang lahir sebelum perkiraan juga akan meningkatkan terkena resiko hidronefrosis. Karena anak yang lahir secara premature akan menyebabkan perkembangan pada anak yang lambat , dan cenderung ketinggalan. Tidak hanya pada perkembangan kemampuan pada organ , juga ada banyak kasus yang terjadi seperti terlambat berbicara, terlambat berjalan dan lain sebagainya. Penyebab kelainan ginjal pada janin mungkin juga mungkin menimbulkan kondisi anak prematue yang akan terjadi.

ads

4. Faktor Usia Ibu

Apabila ibu hamil disusianya lebih dari 35 tahun maka akan beresiko pada kesehatan janin dan anak. Pada dasarnya diusia tersebut dikatakan sudah tidak produktif untuk hamil. Karena lemahnya kandungan diusia rentan tersebut. Salah satu penyebab hidronefrosisi pada anak yaitu karena faktor usia ibu juga. Maka sangat disarankan sekali agar melakukan konsultasi dengan dokter saat akan program kehamilan.

5. Pengaruh Obat-obatan

Seringkali ibu yang sedang hamil mengalami beberapa gejala pada badannya , seperti pusing , mual flu pegal-pegal dan lain sebagainya. Kebiasaan buruk yang dilakukan ibu yang sedang hamil biasanya mengkonsumsi obat warung tanpa anjuran dokter. Hal tersebutlah merupakan salah satu pemicu terjadinya hidronefrosis pada anak. Selain itu juga obat-obtan yang dikonsumsi ibu hamil tanpa resep dokter akan memicu terjadinya kondisi kelainan lainnya seperti kelainan anggota tubuh dan lain sebagainya.Penyebab kelainan ginjal pada janin salah satunya yaitu dari kebiasaan ibu hamil yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

6. Radiasai

Radiasai yang dimaksudkan dapat menimbulkan hidronefrosis pada anak yaitu apabila ibu hamil atau anak terpapar radiasi dari sinar X-Ray. Biasanya sinar X-Ray ini dapat ditemukan pada ruangan rongten , dan sering sekali terdapat peringatan bahwa ibu hamil tidak dapat memasuki ruangan tersebut. Maka sangat dianjurkan sekali ibu hamil menghindari paparan dari sinar X-Ray ini. Masalah ginjal pada anak biasanya juga dipengaruhi oleh bawaan lahir , atau pembentukan bentuk ginjal di dalam kandungan.

Tanda Dan Gejala Hidronefrosis Pada Anak

Tentunya anak akan merasakan tanda dan gejala yang disebabkan adanya hidronefrosis. Pada dasarnya tanda dan gejala ini sulit dideteksi apaila ditemui pada anak, karena anak belum dapat mengidentifikasi apa yang dirasakannya. Namun secara keseluruhan gejala yang terjadi pada anak hingga dewasa pada dasarnya sama . Berikut tanda dan gejala yang mungkin dirasakan oleh anak:

  • Warna kulit pada anak menjadi kuning dan pucat
  • Susah makan dan susah minum ASI
  • Berat badan anak tidak stabil dan cenderung menurun
  • Anak cenderung menangis dan sering rewel
  • Demam dan mengakibatkan suhu tubuh tinggi dan tidak stabil
  • Anak akan sulit bernafas
  • Beberapa bagian tubuh pada anak membengkak
  • Perkembangan anak tidak normal

Diagnosis Hidronefrosis

Dalam penegakkan diagnosis penyakit hidronefrosis pada anak ini , perlu dlakukan beberapa tindakan seperti halnya dalam penegakkan diagnosis ginjal bocor pada anak . Berikut beberapa tindakan atau langkah yag dapat diakukan antaa lain :

  • USG
  • CT-Scan
  • Tes Urine
  • Tes Darah
Sponsors Link

Pengobatan Hidronefrosis  Pada Anak

Hidronefrosis pada anak dalampengobatannya sangat diperlukan kerjasama antara pihak tenaga medis dan keluarga. Sebaiknya apabila anak sudah atau telah teridentifikasi mendapati kondisi ini maka segeralah lakukan pengobatan dengan dokter. Setelah melakukan pengobatan maka lakukan saran dalam merawat bayi , serta lakukan check up secara rutin dan sesuai jadwal yang diberikan. Karena dalam perawatan pada bayi dan orang dewasa saangat berbeda , bayi lebih cenderung harus mendapat penanganan dan supervisi yang khusus.

Pengetahuan hidronefrosis pada anak diatas sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan lainnya. Karena dari penjelasan tersebut kita dapat mencegah  beberapa faktor resiko yang dapat menimbulkan hidronefrosis itu sendiri.

Sponsors Link
>
, , ,