Sponsors Link

4 Hidronefrosis Grade – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Organ ginjal memang salah satu organ terpenting di dalam tubuh manusia. Tanpa organ ini, kotoran dalam darah tidak akan bisa disaring dan sebagai akibatnya akan menumpuk di dalam tubuh manusia. Inilah mengapa tidak ada organ lain yang bisa menggantikan fungsi kerja ginjal.

ads

Untuk menjaga kesehatan ginjal, perlu cara merawat ginjal agar tetap sehat atau cara merawat ginjal lain yang bisa dilakukan. Penyakit yang bisa muncul pada ginjal adalah penyakit batu ginjal, infeksi ginjal dan saluran kemih, dan gagal ginjal kronis. Di antara banyaknya penyakit yang bisa menyerang ginjal, salah satunya adalah hidronefrosis. Meski penyebab hidronefrosis ada banyak, namun penyakit belum banyak diketahui masyarakat. Hidronefrosis juga memiliki grade atau tingkatan yang menunjukkan seberapa parah penyakit tersebut. Namun sebelum membahas lebih jauh tentang hidronefrosis grade.

Ini dia penjelasan singkat mengenai penyakit hidronefrosis:

Definisi Hidronefrosis

Hidronefrosis atau juga bisa disebut dengan ginjal bengkak adalah sebuah penyakit yang menyerang ginjal akibat adanya penggelembungan di dalam ginjal. Hal ini disebabkan oleh tekanan balik terhadap organ ginjal oleh urine karena ureter tersumbat.

Karena urine tidak bisa keluar melalui salurannya, urine tersebut akan kembali naik menuju ginjal mengaliri tubulus renalis atau tabung-tabung kecil di dalam organ ginjal, serta ke pelvis renalis (pusat berkumpulnya urine). Semakin lama urine menyebabkan penggelembungan pada rongga-rongga yang diisinya dan menekan jaringan ginjal yang lemah. Jika dibiarkan, gelembung ini akan menyebabkan ginjal rusak secara permanen.

Penyebab Hidronefrosis

Hidronefrosis terjadi karena urine yang kembali naik ke organ ginjal akibat penyumbatan pada saluran kandung kemih. Kondisi tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Kelainan struktur tubuh manusia (misalnya masuknya saluran kemih atau ureter ke dalam pelvis renalis terlalu tinggi).
  • Lilitan pada ureteropelvik bergeser ke bawah.
  • Adanya batu ginjal.
  • Ureter yang tertekan oleh jaringan fibrosa, arteri atau vena yang abnormal, atau karena tumor yang tumbuh di dalam ginjal.
  • Penyempitan saluran kemih karena kelainan bawaan, infeksi ginjal, operasi, atau efek kemoterapi.
  • Pembesaran pada prostat, radang ginjal, atau kanker ginjal.
  • Kehamilan, karena pembesaran rahim menekan saluran urine hingga tersumbat.
    Sponsors Link

Hidronefrosis Grade

Gelembung atau kantung yang berisi urine tidak langsung membesar dan menyebabkan penyakit hidronefrosis. Terdapat tingkatan penyakit hidronefrosis mulai dari awal pertumbuhan kantung pada ginjal hingga terjadi pembengkakan. Berikut grade atau tingkatan dari penyakit hidronefrosis:

1. Hidronefrosis Grade 1

  • Definisi medis: Dilatasi pelvis renalis tanpa dilatasi kaliks. Bentuk kaliks adalah blunting (tumpul).
  • Penjelasan: Pada tingkat ini biasanya gejala belum terlihat. Terjadi pembesaran kantung pada rongga ginjal namun tidak terjadi perubahan ukuran pada pembuluh darah ginjal.
    ads

2. Hidronefrosis Grade 2

  • Definisi medis: Dilatasi pelvis renalis dengan kaliks mayor. Bentuk kaliks adalah flattening (mendatar).
  • Penjelasan: Pada fase ini mulai terjadi penggelembungan pada rongga ginjal. Artinya urine yang mengisi ginjal semakin bertambah.

3. Hidronefrosis Grade 3

  • Definisi medis: Dilatasi pelvis renalis, dilatasi kaliks mayor, dan dilatasi kaliks minor. Tidak ada penipisan korteks, bentuk kaliks adalah clubbing (menonjol).
  • Penjelasan: Pada fase ini gejala penyakit hidronefrosis mulai terlihat karena jumlah urine yang mengisi rongga ginjal semakin banyak.

4. Hidronefrosis Grade 4

  • Definisi medis: Dilatasi pelvis renalis, kaliks mayor, dan kaliks minor. Terjadi penipisan korteks dan bentuk kaliks sudah ballooning (menggembung).
  • Penjelasan: Tanda bahwa penyakit hidronefrosis semakin parah, ditandai dengan menipisnya permukaan ginjal dan ukuran kantung yang semakin membesar dan menggelembung.

Gejala Hidronefrosis

Gejala hidronefrosis biasanya tidak sama pada setiap orang, tergantung pada tingkat keparahan masing-masing:

  • Hidronefrosis akut

Penyumbatan pada ginjal timbul dengan cepat, dan gejala yang muncul adalah rasa nyeri yang luar biasa dan terus menerus antara tulang rusuk dan tulang panggul, serta punggung bagian belakang. Pada hidronefrosis unilateral hanya satu sisi punggung saja yang sakit, namun pada hidronefrosis bilateral kedua sisi punggung akan terasa sakit.

  • Hidronefrosis kronis

Penyumbatan berlangsung secara perlahan, dan gejala yang muncul adalah nyeri pada punggung di daerah antara tulang rusuk dan tulang punggung. Nyeri ini hilang timbul, akan muncul saat terjadi pengisian urine dalam ginjal dan akan hilang jika tidak terjadi pengisian urine.

Pengobatan Hidronefrosis

Metode pengobatan hidronefrosis dapat dibagi menjadi dua:

Sponsors Link

  • Hidronefrosis akut

Ketika terjadi penurunan fungsi ginjal karena urine yang terus bertambah di dalam ginjal, biasanya dilakukan penyedotan urine dengan menusukkan jarum dari luar tubuh yang menembus hingga organ ginjal. Tetapi jika terjadi penyumbatan total pada saluran kemih, biasanya dilakukan pemasangan kateter untuk mengeluarkan urine dari dalam ginjal.

  • Hidronefrosis kronis

Mengobati penyakit ini bisa dilakukan dengan cara mengobati penyebab yang memicu penyakit hidronefrosis agar dapat menghilangkan penyumbatan pada saluran kemih. Biasanya dilakukan dengan cara pembedahan atau operasi untuk melebarkan saluran kemih.

Itulah penjelasan mengenai hidronefrosis grade yang harus dipahami. Cara merawat ginjal juga bisa dilakukan dengan makan makanan pencuci ginjal dan makanan sehat untuk ginjal dan jantung. Lakukan gaya hidup sehat dan rajin berolahraga agar tubuh tetap sehat dan ginjal jauh dari segala macam penyakit.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :