Sponsors Link

Bisakah Hepatitis C Menyebabkan Gagal Ginjal?

Sponsors Link

Gagal ginjal merupakan tahap lanjut dari ciri ciri penyakit ginjal yang bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lain dan beberapa diantaranya bisa berakibat fatal. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gagal ginjal termasuk penyakit menular seperti hepatitis C. Untuk masalah yang lebih menantang, gagal ginjal bisa meningkatkan risiko anda tertular penyakit menular. Tidak semua pasien ginjal akan terkena hepatitis C. Namun, mengetahui risiko pribadi anda bisa membantu mempertahankan kualitas hidup uang lebih baik. Simak ulasan dari kami berikut tentang cara hepatitis C menyebabkan gagal ginjal.

ads

Penyebab Gagal Ginjal

Gagal ginjal kronis bisa terjadi pada saat fungsi ginjal sudah terhenti. Ini merupakan kondisi serius yang bisa mengancam jiwa. Ginjal mungkin akan tampak kecil dan tidak signifikan, namun sebenarnya bertanggung jawab pada banyak fungsi tubuh. Tubuh akan sangat bergantung pada ginjal untuk membuang limbah dan menjaga keseimbangan elektrolit seperti natrium dan kalium. Selain itu, ginjal juga bertugas untuk membuat sel darah merah yang sehat.

Mengingat begitu banyak fungsi penting dari ginjal, maka hidup akan terasa sulit jika gagal ginjal sampai terjadi. Beberapa penyebab umum dari gagal ginjal diantaranya adalah:

  • Keracunan.
  • Infeksi.
  • Overdosis atau penyalahgunaan obat.
  • Mengkonsumsi obat untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Apakah Hepatitis C

Hepatitis C sendiri merupakan jenis virus menular yang bisa menyebar lewat darah. Selain itu, gejalanya juga bisa tidak terlihat hingga berbulan bulan atau bahkan bertahun tahun sesudah infeksi terjadi. Selain itu, masih belum ditemukan vaksin untuk jenis hepatitis ini.

Hepatitis C merupakan penyakit yang bisa mengganggu fungsi hati dan menyebabkan organ meradang. Ketika organ hati tidak berfungsi, maka tubuh tidak akan bisa memproses dan menggunakan nutrisi dari makanan. Hepatitis C bisa disebarkan lewat darah yang terinfeksi sehingga metode penularan biasanya terjadi lewat jarum.

Hubungan Hepatitis C Dengan Ginjal

Seiring dengan berjalannya waktu, infeksi yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan gangguan ginjal termasuk hepatitis C. Mengingat hepatitis C yang bisa mempengaruhi organ lain seperti ginjal tanpa anda ketahui. Deteksi dini hepatitis C bisa mengurangi risiko infeksi menebar ke organ lain di dalam tubuh termasuk bagian organ ginjal. Beberapa gejalanya meliputi:

  • Sakit perut.
  • Urin berwarna gelap berbeda dengan warna urine sehat.
  • Mual.
  • Diare.
  • Kehilangan selera makan.
  • Penyakit kuning yakni bagian putih mata dan kulit berubah menjadi kuning.

Risiko Pengobatan Penyakit Ginjal

Meski terkadang ada hepatitis C menyebabkan gagal ginjal bisa terjadi, namun beberapa pasien penyakit ginjal juga memiliki risiko tertular hepatitis C selama sedang mengalami pengobatan. Salah satu risiko terbesar secara historis berhubungan dengan proses hemodialisis yakni perawatan ginjal di mana darah akan disaring di luar tubuh menggunakan mesin. Apabila jarum yang digunakan sudah terinfeksi virus hepatitis C, maka seseorang juga berisiko terkena hepatitis C.

Bahkan, ada juga risiko jika anda menerima transfusi darah yang terinfeksi. National Kidney Foundation melaporkan jika risiko sudah menurun secara signifikan sejak awal tahun 1990, namun laporan hepatitis C dari hemodialisis atau manfaat cuci darah juga masih ada hingga saat ini.

Sponsors Link

Perawatan Medis Pencegahan

Perawatan medis pencegahan merupakan cara terbaik untuk mendeteksi infeksi virus dan kegagalan organ. Setidaknya, anda harus melakukan tes darah tahunan untuk mengidentifikasi potensi masalah. Bahkan jika anda tidak sedang memiliki hepatitis C sekarang ini, tetap sangat disarankan untuk memeriksa antibodi anda. Antibodi hepatitis C akan membantu untuk melindungi organ hati anda dari infeksi jenis ini. Selain itu, semua pasien hemodialisis juga harus diuji untuk hepatitis C secara teratur dalam kasus infeksi yang tidak sengaja dari pengobatan.

Pencegahan Penyakit Menular

Meski tidak semua kasus gejala gagal ginjal kronik disebabkan karena hepatitis C, namun anda bisa mengurangi risiko dengan melindungi diri dari penyakit menular ini. Ingatlah jika hepatitis C hanya menyebar dari darah orang lain yang sudah terinfeksi. Hindari jarum yang tidak steril yang dipakai dalam prosedur medis, tato dan juga tindik. Selain itu, pastikan juga anda menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual dan jangan pernah menggunakan narkoba.

Sponsors Link
>
, , ,