Sponsors Link

Hematuria pada Ibu Hamil : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Hematuria merupakan sebuah kondisi dimana urine yang dikeluarkan berubah warna menjadi lebih merah atau kecokelatan. Penyebabnya adalah bercampur dengan darah. Urine yang bercampur dengan darah ini bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk anak-anak dan ibu hamil. Hematuria pada ibu hamil bisa disebabkan oleh penyakit ginjal atau saluran kemih. Selain itu ternyata bisa juga disebabkan oleh faktor kehamilan itu sendiri. Berikut penjelasannya.

ads

Penyebab

Pada dasarnya kondisi Hematuria terjadi karena adanya gangguan pada sistem kemih manusia. Hematuria bisa terjadi jika ada darah yang keluar dari ginjal, uretra, ureter, atau kandung kemih, karena keempat organ tubuh tersebut memang adalah organ tubuh yang berperan dalam proses terjadinya urine pada manusia. Berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan hematuria pada ibu hamil terjadi.

  • Infeksi saluran kemih

Penyakit ini memang lebih sering menyerang kaum wanita daripada kaum pria. Dan bukan hal mustahil jika salah satunya menyerang ibu hamil. Penyakit Infeksi Saluran Kemih memang menyebabkan gejala hematuria. Penyebabnya adalah infeksi bakteri yang berpindah dari saluran pencernaan ke saluran kemih. Biasanya perpindahan itu terjadi pada saat buang air kecil atau buang air besar dan cara mencuci kemaluan yang tidak benar.

  • Infeksi ginjal

Infeksi ginjal, maupun Infeksi Ginjal Kiri dan kanan juga merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang wanita, termasuk wanita hamil. Gejalanya bisa berupa sakit pinggang, demam, menggigil, mual, dan muncul rasa sakit saat buang air kecil. Wanita hamil yang terserang penyakit ini juga bisa merasakan sering buang air kecil. Penyebab infeksi ginjal bisa virus atau bakteri. Nama lain penyakit ini dalam dunia medis adalah pielonefritis.

  • Batu ginjal

Penyakit yang satu ini juga bisa menyerang wanita, juga ibu hamil. Penyebab Penyakit Batu Ginjal adalah pembentukan kristal dari sisa metabolisme di saluran kemih, sehingga mengeras menjadi batu dan menyumbat saluran kemih. Gejalanya bisa menyebabkan rasa sakit. Hematuria pada kasus batu ginjal bisa terjadi jika batu ginjal tersebut mengiritasi saluran kemih sehingga muncul darah yang akan bercampur dengan urine.

  • Glomerulonephritis

Penyakit ini adalah penyakit peradangan pada ginjal yang berposisi di glomerulus. Glomerulus itu sendiri merupakan alat penyaring di ginjal yang tugasnya untuk menyaring darah. Jika terkena radang, maka bisa jadi menyebabkan hematuria. Glomerulonephiritis juga bisa terjadi kepada ibu hamil, walau kasusnya tidak banyak.

Itulah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan gejala hematuria pada ibu hamil. Selain penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih, ternyata kondisi urine bercampur dengan darah bisa juga terjadi karena faktor kehamilan, yaitu sebagai berikut.

Sponsors Link

  • Kehamilan ektopik

Atau yang sering dikenal sebagai kehamilan di luar rahim. Penyebabnya adalah ketidaknormalan proses dalam pembuahan sel telur. Dimana janin tidak berkembang secara normal pada rahim, melainkan bisa berkembang di tuba falopi, rongga perut, leher rahim, atau obarium. Kelainan ini sering disebabkan oleh rusaknya tuba falopi, sehingga posisi pembuahan tidak normal. Salah satu gejala yang muncul adalah pendarahan dari vagina. Pendarahan ini sering terjadi juga saat buang air kecil, sehingga seolah-olah sedang mengalami hematuria.

  • Hamil anggur

Kondisi hamil anggur merupakan kondisi kehamilan yang gagal. Penyebabnya adalah adanya kelainan pada proses perkembangan sel telur. Hal ini bisa menyebabkan pembuahan gagal. Dan saat kegagalan pembuahan itulah akan terbentuk kista di dalam rahim. Sama seperti kehamilan ektopik, salah satu gejala yang muncul adalah adanya pendarahan dari vagina sehingga sering terlihat seperti hematuria.

Sponsors Link

  • Keguguran

Faktor risiko ibu hamil adalah mengalami keguguran. Kondisi ini bisa terjadi kepada ibu hamil manapun dengan penyebab yang bervariasi. Salah satu tanda keguguran adalah pendarahan dari vagina.

Itulah beberapa kemungkinan terjadinya hematuria pada ibu hamil yang perlu diwaspadai.

Cara Mengatasi

Karena kemungkinan penyebab hematuria yang menyerang wanita hamil ada beragam, maka tentu perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Segeralah periksakan diri Anda jika hematuria terjadi selama masa kehamilan. Apapun penyebabnya, baik itu adalah gangguan pada sistem kemih, maupun gangguan dari kelainan kehamilan, penanganan medis memang perlu untuk segera dilakukan.

Mengingat kondisi hamil juga rentan bagi sang janin, katakan pada dokter bahwa kondisi Anda memang sedang hamil. Dengan demikian, dokter bisa melakukan penanganan secara lebih tepat dengan kondisi Anda. Demikianlah beberapa penjelasan mengenai hematuria pada ibu hamil yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,