Sponsors Link

Hematuria : Penyebab, Gejala, Diagnosa, Pencegahan dan Cara Mengobati

Sponsors Link

Pada keadaan normal manusia mengeluarkan urin  tidak bersama dengan darah kecuali pada wanita yang mengalami menstruasi. Pada atlet yang melakukan olahraga yang berat terkadang urin mereka juga keluar bersama darah. Namun, apabila darah muncul dalam durasi yang lama dan cukup sering bisa jadi menunjukan adanya sebuah penyakit di dalamnya, gejala ini disebut hematuria.

ads

Hematuria adalah keluarnya darah bersama urin sehingga urin berwarna merah. Meskipun hematuria ini tidak menunjukan sebuah penyakit yang mematikan, pada sebagian orang melihat darah keluar bersama urin ketika buang air kecil adalah suatu hal yang mencemaskan. Tapi, darah tidak selalu terlihat oleh mata manusia. Ada hematuria yang mengandung darah yang hanya dapat dilihat melalui alat alat laboratorium, hematuria ini disebut hematuria mikroskopik.

Hematuria bukanlah sebuah penyakit namun sebuah gejala yang menunjukan ada sebuah atau lebih dari satu penyakit yang ada didalam tubuh penderita hematuria. Oleh sebab itu tidak ada penanganan khusus untuk hematuria selain mengobati gejala gejala yag menyebabkan hematuria. ( Baca juga :  kebiasaan penyebab gagal ginjal)

Penyebab Hematuria

Karena hematuria bukanlah sebuah penyakit, maka penyebab hematuria adalah penyakit penyakit. Penyakit penyakit penyebab hematuria diantaranya

  1. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal atau pielonefritis adalah penyakit dimana ginjal terinfeksi oleh bakteri ataupun virus yang mengenai ginjal. Bakteri yang menyerang ginja juga dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain dan menyebabkan penyakit lain sehingga menjadi penyakit kompilasi ( Baca juga : kelainan ginjal )

  1. Infeksi saluran kemih

Infeksi yang terjadi disaluran kemih juga terjadi karena virus dan bakteri yang menyerang kandung kemih. ( Baca juga : ginjal polikistik )

  1. Batu ginjal

Batu ginjal merupakan sebuah gumpalan zat zat mineral yang berbahaya. Batu ginjal dapat merusak kerja ginjal dan menyebabkan rasa sakit. ( Baca juga : ciri ciri penyakit batu ginjal cara mengobati batu ginjal )

  1. Kanker ginjal

Hematuria merupakan salah satu gejala yang menandakan adanya sel kanker pada ginjal maupun saluran lainnya. ( Baca juga : tanda awal gagal ginjal )

  1. Pembesaran prostat

Pembesaran prostat terjadi pada laki laki usia 50 tahunan. Pembesaran prostat dapat menekan uretra dan menghambat aliran urin. ( Baca juga :  macam macam penyakit ginjal )

  1. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis sendiri bukanlah sebuah penyakit,seperti hematuria glomerulonephritis menunjukan adanya sebuah penyakit yang ada didalam tubuh. ( Baca juga :  penyebab radang ginjal)

  1. Obat obatan

Mengonsumsi obat obatan dalam kurun waktu yang lama akan menyebabkan berbagai penyakit terutama ada kandungan obat yang menyebabkan penyakit lain. Kandungan obat seperti pensisilin,aspirin dan obat anti kanker akan menyebabkan hematuria. ( Baca juga : ciri ciri ginjal bocor )

Sponsors Link

Gejala hematuria

Pada hematuria gejala gejala yang terjadi menunjukan penyakit apa yang menyebabkan terjadinya hematuria. Berikut ini beberapa gejala yang terjadi ketika mengalami hematuria.

  1. Sering buang air kecil

Bagi penderita penyakit infeksi saluran kemih akan merasakan sering buah air kecil. Gejala in pula yang terjadi pada hematuria ketika darah dibuang bersama urin. ( Baca juga : ciri ciri ginjal bermasalah )

  1. Nyeri pada panggul

Pada penderita infeksi ginjal pasti akan merasakan sakit di daerah tempat beradanya ginjal yaitu dibagian atas belakang kanandan kiri tubuh manusia. Rasa sakit pada panggul menunjukan adanya sesuatu yang salah pada ginjal. ( Baca juga : penyebab ginjal bocor )

  1. Urine yang berbau

Urine normalnya tidak mempunyai bau yang tajam terlebih ketika kita sudah membilasnya. Tetapi pada sebagian orang yang memiliki kelainan pada ginjal dan kandung kemih maka urin yang dikeluarkan tidak normal dan memiliki bau yang menusuk. ( Baca juga : ciri ciri ginjal sehat )

  1. Sakit ketika buang air kecil

Gejala ini sering dirasakan oleh penderita batu ginjal. Batu ginjal terdapat disaluran ginjal yang menyebabkan urin susah keluar karena terhambat oleh adanya batu ginjal. Semakin besar ukuran batu ginjal maka semakin sakit ketika buang air kecil. ( Baca juga : penyebab ginjal bengkak )

Diagnosa hematuria

ads

Ada beberapa langkah dan cara untuk mengetahui apa penyebab hematuria. Diagnosa diagnosa tersebut ialah.

  1. Tes urin : Tes urin adalah langkah yang cukup tepat dan mudah untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada saluran kandung kemih maupun ginjal. ( Baca juga : penyebab ginjal mengecil )
  1. CT Scan : Dengan melakukan tes CT scan maka akan ditemukan penyebab hematuria.
  1. Pemeriksaan fisik : Dokter akan secara khusus melakukan pemeriksaan fisik kepada pasien untuk mengetahui secara kasat mata apakah ada gangguan dalam tubuh pasien. ( Baca juga : makanan penyebab sakit ginjal )
  2. Cyctoscopy : Alat ini merupakan alat khusus untuk melihat secara mikro kondisi kandung kemih dan uretra dan mengetahui kondisinya dengan baik.

Pencegahan hematuria

Hematuria sendiri tidak bisa dicegah. Namun, penyebab penyebab terjadinya hematuria bisa dicegah. Berikut ini hal hal yang bisa mencegah datangnya hematuria.

  1. Minum air putih

Air putih sangat bagus untuk tubuh manusia. Idelanya manusia minum hingga 8 liter perhari. Kurang mengonsumsi air putih sangat berdampak buruk bagi ginjal dan dapat menyebabkan penyakit ginjal yang menyebabkan hematuria.

  1. Berhenti merokok

Merokok sangat tidak baik efeknya baik untuk yang merokok ataupun orang orang yang ada disekitarnya. Zat zat kimia yang berbahaya yang masuk ke dalam tubuh akan membuat beberapa infeksi pada organ manusia termasuk saluran kemih.

  1. Menjaga berat badan dalam kondisi yang ideal

Menjaga berat badan berarti pula mencegah diri dari berbagai penyakit.

  1. Banyak mengonsumsi garam

Bagi penderita batu ginjal mengonsumsi garam merupakan suatu hal yang baik yang akan mengurai sedikit batu ginjal yang terdapat pada ginjal.

  1. Menjaga kebersihan area kewanitaan

Bagi wanita sangat penting untuk menjaga kebersihan wanita karena akan banyak kemungkinan penyakit yang terjadi padanya.

  1. Tidak menunda untuk buang air kecil

Menunda nunda untuk membuang air kecil selain akan menyebabkan rasa sakit jug akan menimbulkan penyakit penyakit lain yang menyerang ginjal.

Sponsors Link

Pengobatan hematuria

Tidak ada pengobatan atau penanganan yang spesifiki untuk mengobati hematuria. Hanya saja ada beberapa cara yang dilakukan untuk mencegah penyakit penyakit yang menyebabkan terjadinya hematuria.

  1. Proses penghancuran batu ginjal : Hematuria yang disebabkan oleh batu ginjal dapat ditangani yaitu dengan menghancurkan batu ginjal melalui terapi terapi.
  1. Mengonsumsi antibiotic : Bagi penderita infeksi pada saluran kemih pemberian antibiotik untuk membersihan saluran kemih.
  2. Obat untuk mengecilkan pembesaran prostat : Bagi penderita pembengkakan prostat maka ada cara untuk memperlambat pembengkakan prostat.

Hematuria bukanlah penyakit namun sebuah pertanda adanya penyakit lain. Hematuria dapat terjadi pada usia berapapun pada anak anak remaja hingga dewasa. Ada beberapa faktor yang akan membuat risiko terkena hematuria semakin tinggi. Faktor faktor tersebut ialah

  1. Usia : Meskpin hematuria dapat menyerang siapapun, tapi pada orang yang berusia lebih dari 50 tahun maka akan memliki resiko yang lebih besar karena resiko orang ini terkena penyakit lain juga cukup besar.
  1. Jenis kelamin : Perempuan akan lebih berisiko mengalami infeksi saluran kemih.
  1. Keturunan : Beberapa penyakit ginjal dapat diturunkan dan keturunan mereka memiliki risiko yang tinggi untuk mewarisi penyakit tersebut.
  1. Latihan berat : Untuk para atlet yang melakukan kegiatan fisik yang patah akan sangat berisiko untuk terjadi pendarahan kemih.

Hematuria  dapat terjadi pada usia berapapun. Hematuria merupakan sebuah gejala adanya penyakit berbahaya lainnya didalam tubuh. Menjaga kesehatan ginjal akan mengurangi kesempatan terjadinya hematuria. Oleh sebab itu jaga makanan dan berat badan serta olahraga yang cukup namun tidak berlebih akan menyebabkan tubuh lebih sehat dan terjauh dari berbagai penyakit.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :