Sponsors Link

Ginjal Tapal Kuda – Proses, Gejala, Ciri, Anatomi, dan Penyembuhan

Sponsors Link

Ginjal tapal kuda adalah salah satu jenis penyakit yang paling umum dari fusi anomali ginjal, panyatuan kutub-kutub ginjal biasanya berada di bagian bawah, ginjal tapal kuda ini saling berhubungan antara istmus yang merupakan parenkim ginjal, atau bisa juga jaringan fibrous. Letaknya sendiri terdapat lebih rendah pada posisi yang normal dan untuk istmus itu sendiri letaknya berada setara dengan vertebra lumbal.

ads

Ginjal tapal kuda juga disebut sebagai kelainan kongenital dan dapat menyerang 1 dari 400 orang, pada pasien yang mengalami kelainan ginjal ini pada pasien berfusi dan bentuknya menyerupai tapal kuda, itu lah alasan mengapa penyakit ini diberi nama ginjal tapal kuda. Ginjal tapal kuda biasanya ditemukan secara tidak sengaja ketika pasien sedang melakukan rontgen atau juga USG, Ginjal tapal kuda juga biasanya ditemui pada pasien yang memiliki sindrom turner atau kelainan trisomy.

Proses pembentukan

Pada teori yang sudah dijelaskan diatas embrio yang berada pada infeksi ginjal tapal kuda berbentuk selama oranogenesis. Saat kutub inferior pada saat sentuhan ginjal awal digabungkan pada garis tengah yang lebih rendah.  Teori tersebut berlaku pada ginjal tapal kuda dengan isthmus berserat. Pada studi baru mengungkapkan pada ginjal tapal kuda terbentuk dari hasil peristiwa teratogenik yang melibatkan migrasi abnormal pada sel nephorgenic pasterior.Di dalam tubuh bersatu untuk membentuk  isthmus. Ginjal tapal kuda memang cukup sering dijumpai pada autopsi biasanya terdapat 1 pada 600 kasus, umumnya terjadi pole bawah, namun pada pole atas biasanya terjadi hingga 10 %.

Kasus ini biasanya lebih sering dijumpai pada pasien laki-laki dibandingkan pasien wanita. Ginjal tapal kuda terbentuk dari metanephors saat minggu kelima kehidupan embryonal. Hal ini terjadi dari penyatuan renal blastema (tunas ginjal) hidup di embrio pada minggu ke 8 sampai ke 10. Di dalam pertumbuhannya ginjal berjalan sampai ke cranial kemudian berputar hingga 90 derajat.  Namun saat terjadi penyatuan pada pole ginjal tidak akan sampai pada tempatnya secara normal. Dari keseluruhan ginjal berotasi hingga 90 derajat dengan demikian pelvis renalis mengahadap ke depan dan letak ureter menjadi di depan isthimus.

Pada ginjal normal cavum abdominis berada pada posisi berdiri antara vertebra lumbalis 1 dengan vertebra lumbalis N, biasanya ginjal kanan lebih rendah dari kiri. Pada penderita ginjal tapal kuda, bisa ditemukan pada bagian inferior dari mesenrika inferior karena dari bagian embriologik normal ascendan pada ginjal tertahan oleh bagian sentral fusi ginjal. Walau seseorang pada kondisi seperti ini sering merasakan mual dan rasa yang tidak nyaman pada abdomen, batu ginjal dan infeksi saluran kemih pada kasus yang lebih tinggi daripada mereka yang  tidak mengalami fusi ginjal.

Gejala yang dialami penderita :

Pada gejala infeksi ginjal secara  klinis yang terjadi pada ureter di bagian penghubung antara kedua ginjal menyebabkan terjadinya obstruksi aliran kemih, diantara gejalanya yaitu:

  • Bisa berupa haematuria dan kolik abdomen, penyebabnya adalah hidronephrose
  • Obstruksi pada ginjal. Hal ini disebabkan karena penempatan pada ureter yang abnormal bisa mengakibatkan pelebaran pada ginjal.
  • Penyakit infeksi ginjal. Infeksi ini berkaitan erat dengan refluks vesikouretral.
  • Penyakit batu ginjal. Pada orientasi yang menyimpang dari ginjal disatukan denga aliran urin yang secara perlahan pada obstruksi ginjal sehingga bisa mengakibatkan penyakit batu ginjal
  • Kanker ginjal. Terjadi peningkaan yang beresiko dari awalnya kanker ginjal pada tumor wilm’s karsinoma pada sel terkadang kala tumor karsinoid.
  • Nyeri pada pinggang saat melakukan kegiatan.
Sponsors Link

Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Tapal kuda

  1. Lidah berasa mengecap logam.

Pada pasien biasanya merasakan mulut seperti mengecap logam saat sedang makan, hal ini dikarenakan timbunan limbah dan kotoran yang ada pada tubuh, dapat membuat perasaan seperti mengecap logam.

  1. Infeksi saluran kemih

Pada penyakit ini  biasanya  akan menyebabkan rasa kesulitan ketika akan buang air kecil, hal ini dikarenakan adanya kristal urin yang terbentuk dan mengeras sehingga pasien mengalami gangguan pada saat akan mengeluarkan urin.

ads

  1. Pertumbuhan menjadi terganggu.

Penyakit ginjal tidak hanya bisa menyerang orang dewasa saja akan tetapi gangguan ginjal pada anak bisa saja menyerang pada anak-anak, salah satu ciri-ciri dari penyakit ini menyerang pada anak adalah ketika mengalami pada pertumbuhannya, hal ini dikarenakan perkembangan anak menjadi terganggu akibat dari kerusakan ginjal yang di deritanya.

  1. Mata sembab

Biasanya pada anak-anak yang menderita penyakit ini matanya akan terlihat sembab di pagi hari, namun akan menghilang dengan sendirinya saat siang hari. Kemudian akan timbul kembali di keesokan paginya.

  1. Urin berbau tidak sedap

Bau yang tidak sedap pada urin bisa saja menjadi salah satu pertanda gejala awal  penyakit ginjal, apabila bau urin berbeda dengan bau yang biasanya sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter, karena bisa jadi bau ini merupakan pertanda bahwa kondisi ginjal anda sedang mengalami masalah.

ANATOMI

Ginjal tapal kuda letaknya retropritoneal hal ini berarti letaknya berada di belakang peritoneal yang dilapisi rongga peritoneum, bentuknya sendiri mirip seperti kacang, pada penyakit ginjal tapal kuda biasanya tidak ditemukan keluhan yang terjadi pada pasien, adapun beberapa keluhan yang terjadi seperti rasa mual, untuk saat ini mendiagnosa ginjal tapal kuda dengan cara melihat isthmus pemeriksaan USG, Renogram dan MRI.  Merupakan modalitas yang non invasif, mudah dan juga relatif mudah.  Selain bentuk gambaran yang khas dan sangat jarang ditemukan  tujuan dai referat ini adalah untuk mengetahui kesulitan dan keterbatasan dalam mendiagnosis ginjal tapal kuda.

Proses Penyembuhan

Ada beberapa cara penyembuhan infeksi ginjal tapal kuda yang bisa dilakukan oleh pasien yaitu:

  • Pengobatan medis.

Untuk penyakit ginjal tapal kuda memang sangat rentan sekali pada penyakit ginjal medis. Biasanya perawatan secara metabolik harus rutin dilakukan karena untuk pasien ginjal tapal kuda ini penyebab metabolik untuk penyakit ginjal memang masih kurang umum. Pada evaluasi metabolik pada penyakit ini biasanya dilakukan penilaian terhadap kalsium, resiko dan serum, asam urat dan juga fosfor.

  • Terapi Bedah

Untuk pengobatan bedah ini tidak bisa dilakukan secara langsung harus melalui indikasi operasi standar. Dokter bedah harus melakukan perencanaan sebelum melakukan pembedahan. Saat dilakukan pembedahan umumnya perut tengah yang akan diiris harus dilakukan di kedua sisi ginjal tapal kuda dan juga pembuluh darah.

Sponsors Link

  • Hasil dan prognosis

Pada penyakit ginjal tapal kuda tidak akan menyulitkan untuk wanita dalam melakukan persalinan maupun rencana kehamilan. Yang harus diperhatikan adalah adanya ginjal tapal kuda tidak akan mempengaruhi kelangsungan hidup. Walau penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit akan tetapi untuk proses kelangsungan hidup itu sendiri bergantung pada proses penyakitnya yang memiliki kemungkinan untuk terus berkembang.

Hampir setengah dari pasien yang yang menderita ginjal tapal kuda tetap asimtomatik, penyakit ginjal tapal kuda ini sendiri merupakan temuan yang tidak disengaja saat pasien akan melakukan radiologi.  Untuk penderita anak-anak, ciri ciri penyakit ginjal biasanya gejala yang paling umum adalah infeksi saluran kencing, daripada rasa nyeri pada panggul, sakit perut dan gejela gastrointestinal misalnya mual, distensi perut. Kelainan yang terjadi pada pasien anak dikarenakan anomali kongenital tidak akan mempengaruhi proses kelangsungan hidup. Pada jenis penyakit ini dapat hidup bersama didalam sistem organ kardiovaskuler, gastrointestinal dan juga pada tulang hingga mencapai 85%.

Sponsors Link
>
, , , , , ,