Sponsors Link

Ginjal Sakit Saat Lari – Penyebab – Pengobatan – Pencegahan

Sponsors Link

Apakah Anda adalah orang yang memilih lari sebagai salah satu olahraga Anda? Ataukah anda tipe orang yang suka dengan olahraga berat? Dan apakah Anda pernah mengalami sakit di sekitar perut Anda? Waspadalah, karena lari dan berolahraga berat dapat menjadi penyebab gagal ginjal. (Baca juga: macam-macam penyakit ginjal).

ads

Jika Anda pernah merasakan sakit di bagian pinggang, tepatnya di sekitar tempat ginjal berada, Anda perlu memastikan penyebabnya. Sakit di bagian pinggang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Jika rasa sakit tersebut dirasakan pada satu sisi dan juga terasa sakit saat ditekan pada saat selesai berolahraga, maka hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh masalah otot. Hal ini biasa terjadi ketika Anda melakukan aktivitas berlebih, mengangkat beban yang terlalu berat dan salah posisi saat duduk dan tidur.

Penyebab Ginjal Sakit Saat Lari

Penyebab lainnya bisa berkaitan dengan:

  • Terjepit Saraf (Hernia Nukleus Pulposus)

Jika rasa sakit disebabkan oleh terjepit saraf, maka hal ini ditandai dengan rasa sakit yang terjadi di sekitar pinggang dan menjalar hingga ke kaki.

  • Nyeri Rujuk

Rasa sakit atau nyeri di bagian pinggang juga bisa disebabkan oleh nyeri rujuk yang biasa terjadi karena penderita memiliki batu ginjal. (Baca juga: penyebab ginjal batu, ciri-ciri penyakit ginjalgejala batu ginjal pada pria, penanganan batu ginjal dan cara mengobati batu ginjal). Nyeri karena hal ini ditandai dengan rasa sakit amat sangat yang tiba-tiba pada pinggang belakang atau pada perut bagian bawah yang terasa seperti diremas-remas. Rasa sakit ini dapat meluas hingga ke daerah selangkangan dan bisa terjadi terus-menerus.

Adapun penyebab rasa sakit pada sekitar ginjal dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Penyebab Mekanik

Jika rasa sakit disebabkan oleh hal yang mekanis, maka rasa sakit tersebut berkaitan dengan struktur punggung. Penyakit yang berkaitan dengan penyebab ini, antara lain: HNP (Hernia Nukleus Pulposus/ saraf terjepit), patah tulang kompresi, pergeseran tulang belakang, otot kaku / muscle spasm atau terkilir / muscle strain atau sprain, spinal stenosis,  penyakit discus degeneration / penuaan.

2. Penyebab Sistemik

Jika rasa sakit disebabkan oleh faktor sistemik, maka rasa sakit tersebut berhubungan dengan kelainan pada sistem tubuh. Penyakit yang berkaitan dengan penyebab ini, antara lain: kelainan pada jaringan ikat / penyambung antar tulang; peradangan pada tulang belakang, keganasan.

3. Nyeri yang Berasal dari Organ Lain

Rasa sakit di sekitar pinggang juga bisa disebabkan oleh rasa sakit yang berasal dari organ lain yang menjalar hingga ke pinggang. Beberapa penyakit yang berkaitan dengan hal ini, antara lain: ulkus pada lambung, radang pankreas, radang ginjal, gangguan ginjal. Anda juga perlu tahu tentang penyakit radang ginjal bahaya atau tidak, radang ginjal bisa sembuh atau tidak dan penyebab radang ginjal.

Sponsors Link

Penanganan Awal Jika Ginjal Sakit Saat Lari

Jika terjadi rasa sakit di ginjal saat lari atau saat berolahraga, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah:

  1. Kompres bagian yang sakit dengan air dingin atau air panas. Pemilihan air dingin atau air panas tergantung pada hasil yang diberikan. Misalnya, jika rasa sakit menghilang dengan kompres air dingin, maka lakukan terus dengan air dingin.
  2. Tidur dengan posisi terlentang untuk mengembalikan struktur tulang ke bentuknya semula dan mengembalikan otot ke tempatnya semula.
  3. Konsumsi obat pereda nyeri yang tersedia di apotek, seperti paracetamol atau ibuprofen.
  4. Minum air putih lebih banyak. Baca juga: bahaya kurang minum air putih.

Pencegahan

Agar hal serupa tidak terjadi lagi, maka berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Lakukan pemanasan dengan baik setiap kali mengawali olahraga.
  2. Pertahankan posisi tubuh tegap saat duduk.
  3. Jika Anda duduk lama, lakukan peregangan otot setiap 15-20 menit sekali.
  4. Hindari mengonsumsi makanan yang berminyak, asam dan pedas.
  5. Lakukan olahraga renang atau bersepeda secara rutin untuk mengurangi nyeri. Kedua olahraga ini dapat mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.
  6. Lakukan latihan yang dapat memperkuat otot punggung, seperti bridge, plank atau side plank.
  7. Jika Anda akan mengangkat beban yang berat, pastikan posisi tubuh Anda tegap, bukan membungkuk. Posisi tubuh membungkuk saat mengangkat beban berat dapat menyebabkan penambahan beban dan regangan pada tulang punggung.
    Sponsors Link

Bila Anda sudah melakukan seluruh pencegahan dan penanganan, tetapi dalam waktu 2-3 hari rasa sakit tersebut masih ada, Anda perlu memeriksakannya ke dokter. Hal ini karena dikhawatirkan rasa sakit tersebut disebabkan oleh hal lain, seperti pecahnya otot rangka.

Pecah otot rangka disebabkan oleh aktivitas yang terlalu berlebihan. Pecah otot rangka dapat menyebabkan komponen otot masuk ke dalam aliran darah. Hal ini bisa menyebabkan gagal ginjal akut. (Baca juga: ciri-ciri gagal ginjal akut) Gagal ginjal akut adalah penyakit yang terjadi ketika ginjal tiba-tiba kehilangan kemampuan untuk menyaring darah. Jika ginjal tidak dapat menyaring darah, maka cairan, elektrolit, dan kotoran dapat tercampur dalam darah.

Gagal ginjal akut pada pelaku olahraga intensitas tinggi bisa disebabkan oleh rabdomiolisis dan kekurangan cairan. Rabdomiolisis adalah keadaan ketika otot sangat lelah dan jaringan mulai rusak. Hal ini kemudian mioglobin dan komponen dalam otot masuk ke dalam aliran darah. Penyakit ini biasanya ditandai dengan darah yang mengalir bersama urine yang keluar.

Apabila Anda menemukan beberapa gejala yang disebutkan di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara dini dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Sponsors Link
>
, , , ,