Sponsors Link

Ginjal Sakit Saat Bangun Tidur – Penyebab – Gejala – Pencegahan

Sponsors Link

Ginjal adalah dua organ tubuh yang berfungsi menyaring darah. Ginjal berada di antara hati dan usus, di belakang lambung. Jika dilihat berdasarkan keberadaan tulang, maka ginjal berada di kedua sisi tulang belakang, tepatnya berada di atas pinggang.

ads

Ginjal sakit saat bangun tidur dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu kemungkinannya adalah adanya gangguan ginjal. Namun, ada juga beberapa penyebab lainnya, seperti adanya cedera pada otot, konstipasi atau kram usus, penyakit radang panggul, sindrom iritasi usus, dan beberapa penyebab lainnya.

Anda juga perlu membaca kelainan ginjal dan macam-macam penyakit ginjal.

Penyebab Ginjal Sakit Saat Bangun Tidur

Selain beberapa penyebab di atas, ginjal sakit saat bangun tidur juga berkaitan dengan penyakit ginjal. Beberapa penyakit ginjal itu antara lain:

  • Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Penyakit infeksi saluran kemih dapat menjadi salah satu penyebab munculnya rasa sakit di sekitar ginjal saat bangun tidur. Jika rasa sakit tersebut disebabkan oleh infeksi pada saluran kemih, maka gejala yang akan muncul antara lain: demam, terasa nyeri saat buang air kecil, sakit di bagian pinggang, merasa mual hingga muntah. Penyakit ini bisa diakibatkan oleh kebiasaan sering menahan buang air kecil dan tidak memperhatikan kebersihan kelamin.

  • Infeksi Ginjal atau Pyelonefritis

Infeksi ginjal juga dapat menyebabkan rasa sakit di bagian ginjal ketika bangun tidur. Gejala yang mencirikan penyakit ini adalah badan mengalami demam yang tinggi, terasa sakit di daerah pinggang/ perut bawah, menggigil, sering buang air kecil, rasa sakit/ tidak nyaman saat buang air kecil, merasa mual, muntah dan tubuh lemas.

Baca juga: sering buang air kecil jernih, sering kencing padahal jarang minum dan sering kencing dan sakit pinggang.

  • Batu Ginjal

Batu ginjal juga menjadi salah satu penyebab ginjal sakit saat bangun tidur. Batu ginjal yang berada di dalam saluran kemih dapat mengiritasi saluran kemih. Iritasi inilah yang menimbulkan rasa sakit. Adapun gejala batu ginjal antara lain: tubuh menggigil, demam, sakit pinggang, sakit perut bagian bawah sampai ke selangkangan, frekuensi kencing yang berkurang dan kadang disertai warna kemerahan atau kecoklatan karena darah tercampur ke dalam urin, rasa sakit di sekitar ginjal datang seperti gelombang dengan intensitas yang semakin meningkat, terasa sakit saat buang air kecil, air seni berbau dan sering ingin buang air kecil.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang bantu ginjal, Anda dapat membaca penyebab ginjal batuciri-ciri penyakit ginjalgejala batu ginjal pada pria, penanganan batu ginjal dan cara mengobati batu ginjal.

Sponsors Link

Gejala Penyakit Ginjal

Selain terasa sakit di bagian ginjal saat bangun tidur, beberapa gejala penyakit ginjal lain juga bisa terjadi saat bangun tidur. Beberapa gejala tersebut antara lain:

  • Kesulitan Bernapas

Ginjal berfungsi untuk membuang cairan sisa metabolisme tubuh dalam bentuk urine. Jika ginjal terganggu, maka air tersebut akan menumpuk dalam tubuh, salah satunya di paru-paru. Jika terjadi penumpukan air di paru-paru, maka kerja paru-paru pun akan terganggu. Hal ini terjadi karena paru-paru yang berfungsi sebagai tempat udara untuk bernapas terganggu oleh banyaknya air sehingga penderita dapat mengalami sesak napas akut.

ads

  • Hormon Terganggu

Selain berfungsi membuang cairan sisa metabolisme, ginjal juga berperan dalam pembentukan hormon. Jika ginjal terganggu, maka hormon pun terganggu. Terganggunya hormon ini dapat mengakibatkan hormon pembuat tekanan darah meningkat sedangkan hormon-hormon lainnya menurun.

  • Osteoporosis

Gangguan pada ginjal juga dapat menyebabkan gangguan pada tulang. Salah satu penyakit tulang yang sering terjadi karena sakit ginjal adalah osteoporosis. Hal ini terjadi karena penderita ginjal tidak bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan maupun dari sinar matahari yang mengubah provitamin D menjadi vitamin D. Kekurangan vitamin D inilah yang mengakibatkan penderita ginjal berpotensi terkena osteoporosis.

Pencegahan Penyakit Ginjal

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ginjal antara lain:

  • Mengurangi konsumsi garam

Mengonsumsi garam dapat meningkatkan kadar natrium dalam tubuh. Peningkatan kadar natrium dalam tubuh tidak hanya mengakibatkan tekanan darah tinggi, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

  • Mengonsumsi air putih yang cukup

Ginjal berfungsi menyaring darah. Semakin pekat darah, semakin sulit kerja ginjal. Oleh karena itu, mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu kinerja ginjal dalam menyaring darah.

  • Menghindari kebiasaan menahan buang air kecil

Ketika Anda menahan buang air kecil, maka otot yang menahan keluarnya urine menegang. Semakin sering otot tersebut menegang, semakin berkurang kekuatan otot tersebut. Jika sudah kendor, maka hal itu akan meyebabkan masalah lain dalam saluran kemih. Anda juga perlu membaca bahaya menahan kencing terlalu lama.

  • Istirahat yang Cukup

Beristirahat yang cukup juga berarti organ tubuh beristirahat. Hal ini juga berarti organ tubuh akan bekerja maksimal selama tubuh tidak melakukan aktivitas tambahan.

Ada juga beberapa pencegahan lain yang meliputi melakukan olahraga secara teratur untuk memelihara ginjal, beristirahat yang cukup dan menghindari konsumsi minuman beralkohol serta mengurangi hingga menghentikan kebiasaan merokok. Jika rasa sakit muncul, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

Jika rasa sakit semakin parah, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan tambahan seperti cek darah, cek urin, USG atau rontgen. Pengecekan tersebut dilakukan untuk mengetahui penyebab dasar dan menentukan metode pengobatan yang tepat.

Sponsors Link
>
, , ,