Sponsors Link

Ginjal Mengecil Sebelah – Gejala dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting untuk dijaga kesehatannya. Oleh karena itulah, tidak peduli apakah kita masih kanak-kanak atau sudah remaja, bahkan sampai orang tua sekalipun, menjaga kesehatan ginjal dari berbagai macam penyakit yang mungkin menyerangnya adalah suatu keharusan. Dari berbagai macam penyakit ginjal yang mungkin bisa menyerang ginjal, salah satu penyakit yang berbahaya adalah penyakit ginjal mengecil sebelah.

ads

Ginjal mengecil sebelah adalah suatu penyakit ginjal, yaitu ketika salah satu bagian ginjal kita, ginjal kiri atau kanan mengalami pengecilan ukuran sehingga membuat kinerja ginjal menjadi tidak optimal. Pada ginjal yang mengecil, tentunya fungsinya tidak akan bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya, sementara pada ginjal lain yang belum mengecil, akan terdapat beban kerja yang berat sehingga mau tidak mau bisa menyebabkan ginjal tersebut mengalami pengecilan ataupun mengalami kerusakan lainnya. Oleh karena itulah, kamu kita semua harus tahu informasi penting tentang ginjal yang mengecil sebelah.

Apa saja informasi penting yang perlu untuk kamu ketahui? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Displasia Ginjal

Salah satu penyebab dari ginjal yang mengalami pengecilan adalah displasia ginjal. Displasia ginjal adalah suatu kondisi terjadinya kesalahan dalam struktur internal ginjal yang disebabkan karena cacat bawaan sejak lahir, cedera ginjal, dan lain sebagainya yang menyebabkan ginjal memiliki struktur yang cacat. Displasia ginjal menjadi salah satu penyebab ginjal mengecil yang bisa terjadi sejak dalam masa kandungan. Oleh karena itulah, untuk mencegah agar tidak terjadi displasia ginjal pada sang buah hati, ibu dan ayah harus senantiasa memperhatikan kesehatan ibu selama masa kehamilan dan tentunya setelah anak mereka lahir.

2. Pielonefritis

Selain displasia ginjal, penyebab lain yang bisa membuat ginjal mengecil sebelah adalah terjadinya pelonefritis. Pielonefritis adalah suatu keadaan ketika ginjal terkena infeksi baik disebabkan oleh bakteri ataupun oleh virus tertentu sehingga dinding ginjal ataupun bagian-bagian ginjal yang lain mengalami kerusakan termasuk menjadi lebih kecil. Agar pielonefritis tidak membuat keadaan ginjal bertambah parah, maka pielonefritis harus segera ditangani secepat mungkin dan tentunya harus dihindari sejak kita masih muda. Hal ini bisa disebabkan karena batu ginjal.

3. Pola Makan dan Minum

Penyebab lain yang membuat ginjal menjadi lebih kecil pada salah satu bagiannya adalah karena pola makan dan minum yang tidak sehat atau tidak seimbang untuk kesehatan ginjal. Memakan terlalu banyak makanan dengan kadar garam tinggi, memakan terlalu banyak makanan yang mengandung minyak terlalu banyak, ataupun sering telat makan dan berbagai masalah lainnya bisa membuat ginjal bekerja dengan keras sehingga menyebabkan ginjal mengalami pengecilan. Oleh karena itulah, memiliki pola makan dan minum yang seimbang adalah suatu kebutuhan yang harus dimiliki oleh semua orang.

4. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu jenis penyebab penyakit ginjal mengecil yang juga bisa dihindari dengan memiliki pola konsumsi atau gaya hidup yang seimbang. Oleh karena itulah, sejak kita masih muda, kita harus memiliki gaya hidup yang baik sehingga bisa terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jangan lupa untuk mengatasi stres dengan cara yang baik agar hipertensi bisa dihindari, karena stres juga merupakan salah satu penyebab hipertensi yang cukup sering terjadi.

Sponsors Link

5. Penyakit Ginjal yang Bertambah Parah

Ginjal mengecil sebelah juga bisa diawali atau disebabkan karena adanya penyakit ginjal yang telah berkembang menjadi penyakit ginjal yang lebih parah. Misalnya, infeksi ginjal yang telah berkembang menjadi infeksi yang sangat parah sehingga membuat jaringan ginjal semakin rusak.

Ciri-ciri Ginjal Mengecil

Selain mengetahui penyebab ginjal mengecil terus ataupun penyebab-penyebab di atas, tentu saja kamu juga perlu mengetahui beberapa macam gejala ginjal mengecil pada salah satu sisinya, sehingga kamu bisa mengatasinya atau memeriksakan dirimu lebih cepat. Apa saja ciri-ciri ginjal mengecil? Berikut ini adalah beberapa gejala ginjal mengecil yang bisa kita ketahui.

  • Rasa nyeri yang muncul saat buang air kecil
  • Rasa sakit pada bagian sisi tubuh atau sekitar punggung
  • Meningkatnya kadar kreatinin dan nitrogen urea
  • Pembengkakan pada wajah
  • Pembengkakan pada kaki
  • Linglung dan kebingungan
  • Sulitnya produksi air kecil
  • Tekanan darah tinggi
  • Pembengkakan kepala
  • Pembengkakan jaringan longgar
  • dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Pengobatan Ginjal Mengecil

Mengetahui penyebab dan ciri-ciri penyakit ginjal yang mengalami pengecilan saja tidak akan cukup untuk membuat diri kita bisa mengatasi berbagai masalah penyakit ginjal mengecil Oleh karena itulah, kita juga perlu mengetahui beberapa cara untuk membantu mengatasi penyakit ginjal mengecil.

Beberapa cara singkat untuk mengatasi ginjal mengecil antara lain adalah sebagai berikut.

  • Meminum air rebusan daun sirsak
  • Meminum air rebusan daun sukun sebanyak kurang lebih tiga kali sehari
  • Meminum air rebusan buah mahkota dewa yang dicampur dengan madu
  • Melakukan cuci darah
  • Menghindari makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal
  • Melakukan pencangkokan ginjal

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi ginjal mengecil. Walaupun berbagai macam pengobatan di atas bisa kamu coba untuk mengatasi ginjal mengecil, tentunya kamu harus melakukannya di atas sepengetahuan dan seizin dokter ya. Hal itu perlu kamu lakukan untuk memastikan bahwa pengobatan yang dilakukan untuk ginjal mengecil tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh para penderita lebih lanjut.

Selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,