Sponsors Link

Ginjal Mengecil Pada Usia Lanjut – Gejala dan Pengobatannya

Sponsors Link

Ginjal mengecil adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang bisa menyerang siapa pun, termasuk orang yang sudah lanjut usia ataupun pada mereka yang masih muda. Risiko ginjal mengecil pada usia lanjut lebih besar karena pada umumnya kemampuan tubuh telah mengalami penurunan. Oleh karena itulah, idealnya mereka yang telah lanjut usia mulai berusaha untuk menjaga kesehatannya dengan sangat serius agar tidak sampai terkena masalah penyakit ginjal mengecil.

ads

Agar orang tua yang telah lanjut usia bisa mengatasi atau menghindari ginjal mengecil, ada beberapa hal tentang ginjal mengecil pada usia lanjut yang perlu diketahui. Dengan mengetahui beberapa hal di bawah ini, besar kemungkinan penyakit ginjal mengecil yang ditakutkan bisa dihindari dengan mudah dan tepat.

Apa saja hal yang perlu kita ketahui tentang ginjal mengecil pada usia yang telah lanjut? Berikut ini adalah beberapa hal di antaranya.

Penyebab Ginjal Mengecil

Untuk bisa menghindari penyakit ginjal mengecil, tentu saja kita perlu mengetahui apa saja hal yang menyebabkan penyakit ginjal mengecil pada usia lanjut itu bisa terjadi. Memangnya apa saja penyebab dari penyakit ginjal mengecil pada usia yang lanjut tersebut? Berikut ini adalah beberapa penyebab ginjal mengecil yang bisa menyebabkan ginjal mengecil pada orang yang telah lanjut usia.

1. Pielonefritis

Salah satu penyebab penyakit ginjal mengecil pada orang yang telah lanjut usia, dan juga pada penderita masalah ginjal mengecil pada umumnya adalah pielonefritis. Pielonefritis adalah salah satu jenis infeksi yang menyerang saluran kemih dan bisa berakibat pada terjadinya pengecilan pada ginjal apabila ditangani dengan cara yang salah ataupun terlambat untuk ditangani. Oleh karena itu, agar penyakit ini tidak terjadi, orang tua yang telah berusia lanjut harus tetap menjaga kesehatan ginjalnya dengan melakukan berbagai macam cara untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal ini bisa disebabkan karena batu ginjal.

2. Displasia Ginjal

Faktor penyebab penyakit ginjal mengecil berikutnya adalah displasia ginjal. Penyakit displasia ginjal erat kaitannya dengan cacat yang terjadi pada ginjal sehingga tidak bisa mengalami pertumbuhan yang normal sebagaimana ginjal pada umumnya. Orang yang menderita displasia ginjal biasanya telah mengalaminya sejak kecil pada waktu bayi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada saat sudah dewasa atau sudah tua. Agar displasia ginjal tidak terjadi, kita harus menjalani pola hidup sehat, termasuk pada ibu hamil agar bayi yang dilahirkannya tidak mengalami permasalahan ginjal yang serius ke depannya dan bisa tumbuh dengan baik.

3. Pola Makan dan Minum yang Buruk

Penyebab pengecilan ginjal berikutnya datang dari kebiasaan yang mungkin dilakukan oleh orang yang telah dewasa. Yap, pola makan dan minum adalah salah satu penyebab utama mengapa banyak penyakit berbahaya bisa menyerang dirimu. Oleh karena itulah, cara terbaik untuk mencegah agar tidak terjadi masalah ginjal ataupun masalah organ yang lain adalah dengan cara memiliki pola makan dan minum yang baik sejak kita masih remaja ataupun anak-anak.

4. Hipertensi

Penyebab ginjal mengecil berikutnya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi yang bisa menyerang para orang tua sejak mereka menginjak umur dewasa. Akan tetapi, hipertensi juga bisa meningkat risikonya ketika usia lanjut karena masalah stres dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, salah satu cara agar hipertensi bisa dicegah adalah memiliki pola hidup yang seimbang dan juga menghindari atau menghadapi stres dengan cara yang baik. Dengan demikian hipertensi tidak akan kamu alami.

Sponsors Link

5. Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab utama pengecilan ginjal pada orang dewasa ataupun mereka yang masih remaja. Semakin tinggi tingkat intensitas merokok, maka semakin tinggi pula risiko pengecilan ginjal akan dialami. Oleh karena itu, untuk mencegah ginjal mengecil pada usia lanjut, salah satu cara terbaik adalah dengan tidak merokok jenis rokok yang mengandung banyak zat yang buruk untuk kesehatan tubuh manusia. Infeksi ginjal juga bisa berkontribusi terhadap masalah ginjal mengecil.

Gejala-gejala Penyakit Ginjal Mengecil

Setelah kita mengetahui penyebab ginjal mengecil terus atau penyebab ginjal mengecil pada umumnya, apa lagi hal yang perlu kita ketahui? Tentu saja kamu perlu mengetahui apa saja ciri-ciri ginjal mengecil pada usia lanjut supaya kamu bisa mengidentifikasi dengan cepat apabila ginjal mengecil kemungkinan besar akan kamu alami.

Beberapa gejala ginjal mengecil pada usia lanjut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Rasa nyeri saat buang air kecil
  • Sakit pada bagian sisi tubuh atau sekitar punggung
  • Meningkatnya kadar kreatinin dan nitrogen urea dalam darah
  • Linglung dan kebingungan
  • Sulitnya produksi air kecil
  • Tekanan darah tinggi.
  • Pembengkakan wajah.
  • Pembengkakan kaki.
  • Pembengkakan kepala.
  • Pembengkakan jaringan longgar.
  • Mual dan muntah-muntah secara intens
  • dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Pengobatan Ginjal Mengecil

Mengetahui penyebab dan ciri-ciri penyakit ginjal mengecil saja tidak akan cukup untuk membuat kita bisa mengatasi masalah penyakit ginjal mengecil pada usia yang lanjut. Kita juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi ginjal mengecil pada orang yang telah berumur.

Ada beberapa cara untuk mengatasi ginjal mengecil pada pasien usia lanjut, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Meminum air rebusan daun sukun sebanyak kurang lebih tiga kali sehari
  • Meminum air rebusan buah mahkota dewa yang dicampur dengan madu
  • Meminum air rebusan daun sirsak
  • Menghindari makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal
  • Melakukan cuci darah
  • Melakukan pencangkokan ginjal

Itulah beberapa cara untuk mengobati ginjal mengecil, khususnya pada usia lanjut. Tentunya pengobatan terbaik harus selalu dikonsultasikan dengan dokter yang memahami dengan benar penyakit ginjal mengecil yang dialami oleh pasien, oleh karena itulah ada baiknya untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan berbagai macam pengobatan baik secara medis ataupun tradisional.

Sponsors Link
>
, ,